Pengertian Repeater dan Fungsinya

Pengertian Repeater dan Fungsinya - Bicara tentang repeater, tentu tidak akan jauh dari pokok bahasan jaringan. Repeater adalah salahsatu dari beberapa perangkat keras komputer untuk akses internet. Lalu apa yang dimaksud dengan repeater? Secara bahasa, Repeater berasal dari bahasa Inggris ‘repeat’ yang berarti pengulangan. Bila diartikan dari suku kata, maka repeater bisa diartikan sebagai pengulang kembali. Atau apabila disempurnakan dalam suatu bahasa, tentu repeater ialah alat yang berguna untuk mengulang dan menambahkan kembali signal ke daerah sekitar perangkat ini.

Apabila dikaji dengan cara bahasa teknis, maka pengertian repeater adalah perangkat yang berfungsi untuk menguatkan signal. Dengan repeater, signal yang lemah bisa dimaksimalkan daya jangkaunya sehingga bisa dipakai untuk wilayah atau daerah yang lebih luas.


fungsi repeater, pengertian repeater dan fungsinya

Fungsi Repeater

1. Memperluas daya jangkau sinyal server
Fungsi yang pertama dari media ini merupakan untuk menambah area daya jangkau sinyal. Apabila sinyal lemah, maka daya jangkaunya akan lebih sempit, sedangkan di saat sinyal kuat maka daya jangkaunya pun akan lebih luas.

2. Mengcover bermacam macam wilayah minim signal dari server
Dengan menggunakan repeater, maka daerah yang minim sinyal bisa dapat lebih mudah untuk memperoleh sinyal. Karena sinyal yang lemah di buat jadi lebih kuat oleh repeater ini.

3. Memudahkan akses sinyal Wifi
Dengan sinyal yang lebih kuat tentu kita yang membutuhkan sinyal akan bisa lebih mudah terhubung sinyal tersebut. Salah satu aplikasi dari alat ini adalah pada sinyal WiFi. Daftar wifi id gratis telkomsel

4. Menambahkan dan mengoptimalkan sinyal
Fungsi yang dari repeater adalah menambahkan dan mengoptimalkan sinyal. Dalam fungsi ini, repeater bekerja dengan cara menangkap dan menambahkan sinyal ke berbagai perangkat jaringan yang ada disekitar repeater.

5. Memudahkan proses pengiriman dan penerimaan data
Sinyal yang lebih kuat akan membuat proses pengiriman dan penerimaan data antar sesama pengguna perangkat jaringan maupun yang lewat jaringan bisa dilakukan dengan lebih cepat. Hal ini bisa diibaratkan seperti mobil yang sedang melaju di jalan tol (saat memakai repeater).

6. Meminimalisir pemakaian kabel jaringan
Sistem kerja dari repeater adalah melewati sinyal wireless. Dengan menggunakan perangkat keras ini, Maka pemakaian kabel yang sulit dan semrawut dapat dihindari.


Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf

Bagikan melalui Facebook / Twitter / Google Plus untuk melihat Link Download

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Pintar Komputer
Pintar Komputer Updated at: 07.14

Related : Pengertian Repeater dan Fungsinya

0 komentar:

Poskan Komentar