Cara Membuat Formulir Pendaftaran Dengan Google Docs

Cara Membuat Formulir Pendaftaran Dengan Google Docs - Google Docs, Google Spreadsheet dan Google Slide adalah aplikasi pengolah kata secara online,  semua dibagikan secara gratis oleh google, Google dosc masih satu paket dengan Google Drive yang  memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit dokumen online saat berkolaborasi dengan pengguna lain secara real-time.

Sekarang ini nyaris orang mempunyai email, dari kalangan Anak sekolahan sampai para pekerja kantoran. tidak bisa dipungkiri bahwa email merupakan salah satu sarana yg paling aman & gampang utk saling bertukar file data atau yang lain. Tentu tidak ada salahnya jika kita mengoptimalkan sarana yg telah ada tersebut salah satunya yaitu GOOGLE DOC. Google doc. merupakan salah satu fasilitas dari gmail.com.

Kali ini aku  memperkenalkan salah satu media dari google doc tersebut yaitu GOOGLE FORM.  google form ini mempunyai banyak fungsi antara lain :

a. Untuk membuat formulir pendaftaran.
b. Untuk membuat daftar ceklis.
c. Membuat daftar-daftar lain yg caranya dgn meminta seorang buat isikan daftar pertanyaan yg sudah kita tuliskan.

Form yg sudah ditulis nantinya akan kita bagikan, maka akan ada orang-orang yg setuju & megisi beberapa pertanyaan yg kita mengajukan, tidak hanya bisa dibagikan, namun formulir ini juga bisa langsung dikirimkan lewat email.

Saat telah ada yg mengisi form yg sudah kita buat, maka data harus dikirim kembali, maka kita akan memperoleh data jawaban dari pertanyaan yg sudah diajukan & seterusnya bisa digunakan juga sebagai acuan utk kegiatan yg diselenggarakan. Jadi, Google Form adalah alat yang memungkinkan mengumpulkan informasi dari pengguna melalui survey pribadi atau kuis.

Berikut ialah trick membuat form lewat Google.doc

1. Pastikan komputer Anda sudah terkoneksi dgn Internet,
2. Masuk ke google drive menggunakan alamat email anda. jika belum punya silahkan baca buat akun gmail. dan jangan lupa masukan email dan kata sandi.

3. Selanjutnya akan tampil laman seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Formulir Pendaftaran Dengan Google Docs


4. Pilih “Buat”, lalu pilihlah “Google Formulir”
5. Selanjutnya akan muncul Kotak dialog baru dgn perintah “ Choose Title and Theme. Dari Google Form sendiri mempunyai beberapa tema menarik yg bisa kita pilih cocok dgn tema program Anda.

Atau anda juga bisa mengakases langsung nya di https://docs.google.com/forms/ , Lalu klik tanda + berwarna merah untuk membuat formulir.

6. Selanjutnya mulailah dgn posting pertanyaan yg dapat diajukan pada "Title Question" (Judul Pertanyaan) dan beri sedikit keterangan pada “Help text” (Teks Bantuan) berisi ucapan yg membantu pembaca supaya mengerti mengenai pertanyaan yg anda ajukan.


Cara Membuat Formulir Pendaftaran Dengan Google Docs


7. Isikan Question Type pada pilihan “Multiple Choice” (Pilihan Ganda) pilih sesuai dgn bentuk pertanyaan Anda.
 Ada pilihan Text utk pertanyaan bentuk teks, Multiple Choice buat pertanyaan dgn ajukan beberapa pilihan pada pembaca , & bentuk – bentuk lain sesuai keinginan Anda.

8. Jika sudah  selesai kemudian klik Sent Form

9. Pada pilihan required question harus di ceklis supaya pembaca mengisikan seluruh pertanyaan yg diajukan & bila tak diisi maka file tak dapat dikirim kembali.
10. Sehingga akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini, Dan Anda akan diminta utk menuliskan alamat email yg dituju, selanjutnya klik “Done”

Cara Membuat Formulir Pendaftaran Dengan Google Docs


Selanjutnya akan muncul kotak dialog baru dgn perintah “ Choose response destination “ terdapat dua pilihan yaitu “New spreadsheet” yanng sudah di ceklis & New sheet in existing spreadsheet.. abaiakan saja & langsung klik “ Create”

Cara Membuat Formulir Pendaftaran Dengan Google Docs

Selamat Formulir pendaptaran dengan menggunakan google docs sudah jadi... selamat mencoba.....

0 Response to "Cara Membuat Formulir Pendaftaran Dengan Google Docs"

Poskan Komentar