Cara Membuat, Membuka dan Menyimpan Dokumen di Microsoft Word

Cara Membuat, Membuka dan Menyimpan Dokumen di Microsoft Word - Operasi dasar Microsoft Word 2007 yang dimaksud adalah meliputi pembuatan dokumen baru, menyimpan dokumen yang telah kita buat, membuat dokumen yang telah kita simpan sebelumnya, serta menutup dokumen yang telah kita buka. berikut adalah pembahasannya:

Cara membuat dokumen baru di Microsoft Word
Sebenarnya ketika kita mengaktifkan Microsoft Word, pada layar akan ditampilkan sebuah dokumen baru yang masih kosong, kita dapat langsung menggunakannya untuk membuat dokumen yang telah kita inginkan, namun perlu Anda ketahui kita dapat membuat dokumen baru Setelah berbuka dengan prosedur-prosedur seperti berikut ini.

a. Melalui Office Button
Melalui office button langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
-  Klik office button
- Selanjutnya pada kotak dialog dokumen yang muncul pilih dokumen yang diinginkan yaitu dokumen kosong atau blank dokumen
- Create untuk memunculkan dokumen baru yang masih kosong

b. Melalui Quick Access Toolbar 
Membuat dokumen baru melalui Quick Access Toolbar yaitu dengan cara mengklik tombol atau icon new.

c. Melalui keyboard shortcut
Untuk membuat dokumen baru adalah dengan menekan tombol control dan N atau ctrl + N

Prosedur menyimpan dokumen baru agar dokumen yang telah kita isi dengan naskah atau artikel, supaya tersebut tidak hilang maka kita perlu menyimpannya sebagai file. file ini bisa kita buka kembali jika suatu saat diperlukan.

Secara Default, setiap kita membuat dokumen baru, maka dokumen tersebut memberi nama dokumen 1 2 3 dan seterusnya. Sebagaimana pembuatan dokumen baru penyimpanan dokumen juga bisa dilakukan melalui 3 cara yaitu sebagai berikut.

a.  Melalui Office Button 
Langkah-langkah untuk menyimpan dokumen melalui office button adalah sebagai berikut klik office button.
b.  Melalui Quick Access Toolbar
Untuk menyimpan dokumen melalui Quick Access Toolbar yaitu dengan mengklik tombol icon save yang terdapat pada Quick Access Toolbar 
c. Melalui keyboard
Tekan kombinasi kontrol dan es atau Ctrl + S pada keyboard anda.

Setelah melakukan langkah tersebut, maka pada layar akan muncul sebuah kotak dialog bagaimana yang bisa anda lihat di bawah ini:

Cara Membuat, Membuka dan Menyimpan Dokumen di Microsoft Word

Keterangan dari kotak dialog diatas adalah sebagai berikut:
1. Pilihan save in digunakan untuk menentukan lokasi Penyimpanan file dokumen word akan diarahkan kepada lokasi folder my document Namun kita bisa membuat nama folder sendiri, misalnya folder dengan nama "data aku
2. Pilihan  file name digunakan untuk menentukan nama file yang kita simpan.
3. Pilihan save as type digunakan untuk menentukan jenis atau format file yang akan kita simpan. 

Biasanya Penyimpanan file akan diarahkan pada tipe dokumen, Namun kita bisa menentukan tipe lain misalnya jika kita ingin membuat file bisa dibuka dengan Microsoft Word versi 2007, maka tipe Penyimpanan file adalah word 97 2003 dokument.

Cara Menutup Dokumen
Setelah pengerjaan document dianggap sudah selesai, maka dokumen aktif harus ditutup. terdapat 2 cara yang bisa anda lakukan untuk menutup sebuah dokumen, yaitu melalui office button dan melalui shortcut tombol kombinasi keyboard, dengan cara sebagai berikut:

a. Klik office button kemudian tekan close 
b. Melalui shortcut tombol keyboard Yakni dengan menekan tombol alt + F4.

Kedua cara diatas akan memunculkan kotak dialog konfirmasi sebagai berikut:

Cara Membuat, Membuka dan Menyimpan Dokumen di Microsoft Word

Untuk menyetujui penyimpanan juga menutup dokumen Anda tinggal mengklik YES. jika keluar namun tidak ingin melakukan penyimpanan yang harus anda klik adalah NO. Adapun klik Cancel yang sering dilakukan jika tidak jadi menutup setelah melakukan penyimpanan dokumen.

Cara Membuka Dokumen
Dokumen word yang telah kita simpan di media penyimpanan bisa dibuka kembali, cara membukanya juga dapat melalui 3 cara yaitu melalui office button, kedua melalui Quick access dan ketiga melalui shortcut kombinasi tombol keyboard. langkah-langkahnya sebagai berikut:

a. Melalui Office Button selanjutnya klik Open
a. Melalui Quick Access Toolbar Yakni dengan cara Klik tombol atau icon Open. 
c. Melalui shortcut keyboard, Yakni dengan menentukan tombol kontrol dan O atau Ctrl + O.
 
Ketiga cara diatas akan membuka kotak dialog Open, sebagaimana gambar sebagai berikut.

Cara Membuat, Membuka dan Menyimpan Dokumen di Microsoft Word

Pada kotak dialog diatas klik nama file, kemudian klik tombol Open atau bisa juga dengan cara klik dua kali tombol kiri Mouse "double klik" pada nama file kedua cara tersebut akan membuka file Microsoft Word.  Yang bisa dibuka dengan Microsoft Word ditandai dengan adanya icon Microsoft Word di sebelah kiri nama file.

0 Response to "Cara Membuat, Membuka dan Menyimpan Dokumen di Microsoft Word"

Poskan Komentar