Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Tutotial Cara Menggunakan Google Docs

Artikel terkait : Tutotial Cara Menggunakan Google Docs

Tutotial Cara Menggunakan Google Docs - Google merupakan perusaan asal Amerika yang sangat terkenal. Bahkan Google juga di klaim sebagai raja nya internet. Salah satu program milik google adalah Google Docs dan Google Drive.
 
Dalam google drive tersebut kita dapat membuat bermacam-macam dokumen dalam berbagai bentuk. Seperti google calendar, google docs, spreedsheet, presentation, form dan map. Semua aplikasi tersebut dapat digunakan dan dimanfaatkan apabila komputer Anda terkoneksi dengan internet.
 
Nah pada artikel yang singkat ini saya akan membagikan tutorial tentang cara menggunakan google docs. Yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini.
 
Tutotial Cara Menggunakan Google Docs
Tutotial Cara Menggunakan Google Docs


1. Cara Membuat Dokumen di Google Docs
Membuat dokumen pada google docs benar-benar menguntungkan, karena file tersebut dapat tersimpan secara otomatis tanpa harus takut kehilangan file akibat komputer error atau data terhapus. Hal tersebut dapat disiasati dengan membuat file pada google drive. 
 
Baca;  
 
Karena file yang sudah dibuat pada google drive dapat tersimpan dan dapat di akses di mana juga kapan pun asal ada koneksi internet. Salah satu program aplikasi pada google drive yaitu google docs.

Ikuti langkah untuk membuat dokumen di Google Docs!
Pastikan bahwa Anda telah terkoneksi terlebih dulu ke Internet dan memiliki akun Google, sebab akun Google merupakan syarat penting untuk akan menggunakan Google Docs.

1. Buka browser Anda, lalu ketikan alamat ini https://docs.google.com/document/

2. Anda akan di alihkan ke laman log in google, masukan alamat email sekaligus kata sandinya.

3. Selanjutnya, Anda akan melihat halaman awal tersebut masih kosong, untuk membuat dokumen baru, Anda harus meng-klik menu Buat Dokumen Baru > Document.

- Anda juga dapat memilih jenis file presentasi seperti Power Point dan lain sebagainya tepat dengan kepentingan Anda.

- Saat Anda meng-klik salah satu pilihan, maka Browser akan mengakses tab baru untuk mempersiapkan tempat penulisan.

Tampilan Google Docs ini memang cukup sederhana jika di bandingkan aplikasi perangkat lunak pengolah kata lainnya seperti Microsoft Word. Namun meskipun terlihat sederhana, Google Docs menyediakan menu yang dirasa cukup untuk membuat dokument kantor atau pekerjaan.

2. Cara Mengganti Nama File di Google Docs
Standart nama dokumen yang dapat Anda untuk adalah "Untitled Document" (Dokumen Tanpa Nama). Anda dapat merubahnya dengan cara sebagai berikut:
 
Tutotial Cara Menggunakan Google Docs

 
Sorot judul dokumen tersebut, lalu klik sekali.

Akan tampil kotak dialog Rename Document, masukkan nama yang Anda inginkan dalam kolom "Enter a new document name".
 
3. Cara Menyimpan File Google Docs
Jika anda baru pertama kali menggunakan pelayanan Google Docs ini, Mungkin anda akan bingung dikarenakan tak ada menu untuk menyimpan file seperti menu Save atau Save As seperti pada Word. Tapi Anda tak perlu panik, sebab secara otomatis Google Docs akan meyimpan file Anda.

Ini terjadi setiap 5 Menit sekali sehingga secara otomatis Google Docs dapat menyimpannya ke dalam akun Anda. Buat periksa cobalah Anda kembali ke halaman awal Google Docs, maka seharusnya Anda telah mendapatkan File Anda di sana (jika koneksi Internet tidak terputus).

4. Cara Mendownload Dokumen Google Docs
Apabila Anda sudah selesai membuat file dokumen dan mau menyimpannya ke disk komputer atau notebook Anda, dapat di jalankan secara berikut :
 
Tutotial Cara Menggunakan Google Docs
Klik File - Unduh Sebagai - Microsoft Word


Klik menu File > Download As > Microsoft Word 97-2003 (untuk mendownload dalam format doc), Anda pun dapat memilih jenih file yang mau Anda download nantinya seperti rtf atau serta pdf yang biasa dibuka menggunakan reader.

Apabila Anda sudah meng-klik salah satu pilihan Anda, maka tunggulah beberapa saat hingga kotak dialog yang menyatakan bahwa Anda mau mengakses saja dokument tersebut atau menyimpannya ke disk Anda.

Selain itu, Anda juga dapat men-download nya langsung dari halaman muka Google Docs, disaat login maka Anda akan dihadapkan pada beberapa file yang sudah Anda buat sebelumnya. Klik kanan pada file yang mau Anda unduh > Download.

Setelah itu maka dapat keluar kotak dialog Convert Dialog and Convert. Pilih salah satu jenis format file yang Anda ingini di teruskan meng-klik Download.

5. Cara Mencetak Dokumen Google Docs
Apabila sewaktu-waktu Anda mau mencetak dokumen yang sudah Anda untuk, Anda dapat langsung melakukannya dari Google Docs. Sebelumnya pastikan dulu bahwa printer Anda telah mengakses dengan baik ke Komputer yang Anda pakai. untuk mencetak caranya yaitu sebagai berikut:
 
Klik menu File > Print (Ctrl+P)
 
Sehingga Anda dapat langsung di suguhi halaman Print Preview terlebih dulu. Atur lah tepat ukuran yang Anda inginkan. Sesudah itu klik Print untuk mulai mencetaknya.

Artikel Pintar Komputer Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2018 Pintar Komputer | Daftar Isi | About me | Disclaimer | Contact Us | Design by Bamz