Fitur Google Drive dan Fungsinya

Fitur Google Drive dan Fungsinya - Google Drive merupakan pelayanan daya simpan daring milik Google yg diluncurkan pada tanggal 24 April 2012. Pelayanan ini adalah ekstensi dari Google Docs dan dapat edit URL docs.google.com dgn drive.google.com jika sudah diaktifkan.

Google Drive memberikan pelayanan daya simpan free sebesar 5 GB dan akan ditambahkan dgn pembayaran tertentu. Dgn feature unggulan yg layaknya Dropbox, adalah sinkronisasi data lewat folder husus di dalam desktop atau lebih dikenal dgn Desktop Sync Clients. 


Feature yg dapat digaris bawahi dari Google Drive adalah API’s utk para Developer. Sampai saat ini Google Drive sudah terhubung dgn puluhan software pihak ke-3. 

Terdapat 5 pilihan dokumen yg bisa kita buat, Antara lain adalah:
a. Dokumen text seperti Microsoft Word.
b. Dokumen persentasi seperti Microsoft Powerpoint.
c. Dokumen spreadsheet seperti Microsoft Excel, 
d. Membuat gambar seperti memakai Paint, Photoshop, CorelDraw & sebagainya.
e. Membuat form kuesioner online dalam pilihan form. baca juga cara membuat dokumen di google docs

Di dalam Google Drive ini amat sangat sesuai utk siswa atau mahasiswa, pekerja kantor & professional yg suka kerja kelompok, dikarenakan ada feature dari Google Drive yg membuat suatu dokumen yg dibuat di Google Drive bisa di bagi ke beberapa orang pemilik akun Google dgn pilihan aksesibilitas, seperti read only (hanya bisa membaca) atau editable (bakal mengedit dokumen) dgn pilih can edit pada share settings dokumen.

Nah, dikarenakan feature yg biasa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari- hari (terutama mahasiswa) dokumen-dokumen text & presentasi, sehingga kali akan saya coba jabarkan cara-cara memanfaatkan Google Drive utk pemula.

1. Sebelum masuk ke dalam Google Drive, pastikan kalian telah mempunyai akun universal Google. Apa itu akun universal Google? Jadi saat ini Google telah mengintegrasikan akun Gmail buat seluruh layanan alat Google. Nah, jikalau udah punya Gmail, pakai akun itu utk seluruh fasilitas Google. Misalnya seperti gambar di bawah ini,

2. Bukan www.drive.google.com & masukan akun Google.com kepada bagian login. 

3. Sekarang kita sudah masuk ke Google Drive, nah ini adalah laman awal Google Drive, di bagian tengah yg paling jumbo sendiri itu nantinya dapat diisi oleh dokumen yg kita punyai di Google Drive, yg sempat diedit dgn Google Drive atau dokumen orang lain yg mengundang kita buat membaca / mengedit dokumen tersebut.

4. Untuk mengawali kerja kita dapat pilih tombol “BUAT” atau segera bekerja dgn terhubung file yg telah ada di kotak jumbo yg berisi daftar koleksi dokumen.

Nah, sesudah dapat masuk ke Google Drive, kita mampu mulai bekerja, tetapi sebelumnya ada sekian banyak pedoman utk memakai Google Drive.

1. Fasilitas Upload dokumen
Di Microsoft Office atau Open Office, kita biasa mengenal perintah open document tapi pada Google Drive ada 2 pilihan utk terhubung dokumen, yg pertama pilih dokumen di halaman awal Google Drive dan mengupload dokumen supaya menjadi bagian dari dokumen online di dalam daftar koleksi Google Drive. 

2. Fasilitas Download dokumen
Sama seperti yg di atas, kita dapat menyimpan dokumen kita di server Google, tapi kita pula dapat menyimpang file yg sudah kita olah di Google Drive dengan cara pilih opsi file > download as. di download as ini mempunyai banyak format daya simpan dokumen meskipun tak sekaya program office berbayar. 

Utk menyimpan dokumen dengan cara online, kita tak perlu mengklik save atau semacamnya sama seperti program Office yg biasa kita pakai, Google Drive dapat menyimpan secara otomatis semua yg kita kerjakan tanpa harus mengklik satu buah perintah kusus.

3. Fasilitas See Revision History

Fasilitas ini memang bagus, disaat kita salah dalam mengerjakan sesuatu atau kita tak setuju dgn tugas kawan kita yg sudah mereka ubah, kita bisa kembali ke editan sebelumnya dgn memakai See Revision History. 

4. Sharing and Privacy
Kita dapat mengelola aksesibilitas dokumen kita dgn menggunakan share and privacy, umumya waktu kita membuat dokumen baru dokumen dapat terbatas hanya utk kita saja.

Nah, apabila kita mau mendistribusikan file kita ke orang rekan atau kawan kerja kita, kita dapat menambahkan alamat email teman kita supaya mereka dapat membuka dokumen ini dengan cara mengklik tulisan Private to only me di sebelah gambar gembok.

Masukan nama akun google, alamat email atau groups yg kita inginkan buat menggunakan dokumenkita, pada bagiankanankita bisa memilih apakah mereka bisa mengrubah dokumen (can edit) atau hanya dapat membaca (can read). Pada diwaktu mengundang kawan, kita bisa juga memasukan pesan kusus saat mengundang teman kita.

5. Print
Yap, Dgn Google Drive kita dapat langsung mencetak dokumen & mengatur halaman seperti sama seperti “page setup” di aplikasi office yang lain.

6. Translate Document
Yang menarik di bandingkan dgn aplikasi Office yang lain, Google Docs mempunyai kapabilitas utk menerjemahkan dokumen sebab sudah built in dgn layanan Google Translate. Walaupun akhirnya tak mungkin 100% benar sebab menggunakan algoritma computer seperti sebagaimana Google Translate.

Caranya enteng, memilih tools > translate document, lalu ketik nama file baru dgn hasil terjemahan & pilih bahasanya. Nantinya dokumen terjemahan bakal jadi dokumen baru yg terpisah dari dokumen awal dgn bahasa aslinya.

7. Bisa diakses di mana saja
Nggak perlu lagi bawa flashdisk & semacamnya, dgn Google Drive ini anda dapat mengakses dokumen yg anda buat di mana saja asalkan ada koneksi internet. tidak hanya itu, dgn Google Drive kita nggak perlu repot-repot mengirim dokumen melalui email agar teman kita dapat membaca dokumen yg kita untuk, lumayan memberi akses terhadap mereka melalui sharing settings, lalu mereka akan membaca & mendownload dokumen kita tanpa harus membuka email. Canggih bukan?

0 Response to "Fitur Google Drive dan Fungsinya"

Poskan Komentar