Jenis Jenis Perangkat Lunak Aplikasi Dan Fungsinya

Jenis-jenis perangkat lunak perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membantu aplikasi kebutuhan sehari-hari untuk pengguna komputer karena kebutuhan manusia yang banyak program aplikasi yang diciptakan manusia juga banyak hal ini tentu bertujuan untuk mempermudah segala kebutuhan manusia berikut ini beberapa contoh perangkat lunak aplikasi.

1 Pengolah Kata 
Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengolah kata. Sebagian orang menggunakan aplikasi ini untuk semua kebutuhan yang berkaitan dengan tulis menulis, beberapa program aplikasi pengolah kata antara lain: Microsoft Word, Wordstar, Chiwriter,Notepad, dll.

2. Pengolah Angka
Aplikasi pengolah angka digunakan untuk menyelesaikan segala sesuatu yang berhubungan dengan perhitungan. Aplikasi ini mampu menemukan jawaban atas penjumlahan pengurangan perkalian dan pembagian dari beberapa data. Selain itu Anda dapat menyajikan data dalam bentuk tabel. Beberapa contoh aplikasi pengolah kata antara lain adalah Lotus 123, Microsoft Excel.

3. Presentasi 
Program aplikasi ini berguna untuk membantu orang saat melakukan presentasi. Dalam program ini disediakan berbagai macam bentuk tampilan untuk presentasi. Salah satu contoh aplikasi Microsoft PowerPoint. baca juga pengertian presentasi video, fungsi dan jenisnya

jenis perangkat lunak untuk akses internet,  jenis perangkat lunak pengolah angka,  jenis perangkat lunak pengolah kata,  sebutkan jenis jenis perangkat lunak,  contoh perangkat lunak,  macam-macam perangkat lunak,  fungsi perangkat lunak

Image by:  http://www.freepik.com
4. Pengolah Grafis
Aplikasi yang membantu anda dalam pengolahan gambar. Mulai dari melihat gambar mengedit gambar atau langsung menggambar dengan komputer. contoh aplikasi pengolah grafis adalah Adobe Photoshop dan CorelDraw 

5. Video Editing
Tidak banyak orang yang menggunakan aplikasi ini. Video editing biasa digunakan untuk mengedit hasil gambar video. Kebanyakan orang tergendut di dunia media rekam menggunakan program ini contoh aplikasi video editing adalah  Flash Effect Maker, Pinneacle Studio.

6. Pengolah Data
Program pengolah data sangat dibutuhkan dalam mengolah data yang banyak jumlahnya. Misalnya menyimpan data murid-murid di sekolah, karyawan di suatu kantor atau perusahaan yang sangat besar dan lain sebagainya. program-program ini diantaranya adalah Visual Poxro, SPSS, Microsoft Access.

8. Aplikasi Internet
Setiap sistem operasi pada komputer yang Anda gunakan biasanya telah menyediakan program aplikasi untuk mengakses internet. Contohnya pada sistem operasi Windows XP terdapat program Internet Explorer. Selain itu terdapat program aplikasi lain yang dapat digunakan untuk mempercepat akses internet program aplikasi tersebut diantaranya Google Chrome Mozilla Firefox dan berbagai jenis aplikasi lainnya.

Saat berhubungan dengan sahabat di luar negeri dapat menggunakan surat elektronik yang dinamakan dengan emai, baca juga cara buat akun gmail. Dengan memanfaatkan fasilitas kamera atau melihat wajah teman Anda aplikasi ini dapat anda gunakan diantaranya adalah Yahoo Messenger masih banyak lagi aplikasi aplikasi lain yang termasuk dalam perangkat lunak aplikasi.

Jenis jenis perangkat lunak aplikasi dan fungsinya - Jenis-jenis perangkat lunak dapat dibedakan menjadi :

1. Perangkat Lunak Berpemilik
Perangkat lunak berpemilik hanya dimiliki oleh pembuat atau pemilik hak ciptanya. Adapun yang dimaksud dengan hak ciptanya adalah hak yang dimiliki pembuat perangkat lunak. Seseorang dapat menggunakan perangkat tersebut setelah mendapatkan izin atau melakukan pembayaran lisensi kepada pemilik hak cipta.

Jika tidak orang tersebut akan menyatakan telah melakukan pelanggaran hukum dan undang-undang hak cipta. Berikut adalah perangkat lunak berpemilik: Adobe Photoshop micromedia Dreamweaver microsoft window.

2. Perangkat Lunak Domain Publik
Perangkat lunak domain publik tidak disertai hak cipta, sehingga memungkinkan siapa saja melakukan tindakan apapun terhadap program tersebut, termasuk membuang nama penciptanya dan melakukannya. Perangkat lunak seperti ini umumnya berupa kode sumber dan banyak dijumpai pada internet 

3. Free Software
Free Software Disertai dengan kode sumber yang memungkinkan siapa saja dapat menggunakan program tersebut dan bahkan ikut mengembangkannya. Kebanyakan yang diberikan perangkat lunak bebas dijamin oleh copyleft, suatu cara dijamin oleh hukum untuk melindungi kebebasan pada pengguna perangkat lunak bebas. 

Dengan adanya copyleft, maka suatu perangkat lunak bebas beserta hasil perubahan dari kode sumber akan selalu menjadi perangkat lunak bebas. Kebebasan yang diberikan melalui perlindungan copyleft inilah yang menjadi suatu program dapat menjadi perangkat lunak bebas.

4. Open Source Software 
Perangkat lunak sumber terbuka memiliki kode sumber dan disebarluaskan dengan menganut kaidah dan etika tertentu. Pengembangan yang dilakukan oleh suatu komunitas tertentu dan mereka akan saling bertukar informasi untuk mengembangkan perangkat lunak tersebut agar menjadi lebih baik.

5. Shareware
Shareware tersedia tanpa kode sumber dan bisa digunakan selama batas waktu tertentu tanpa harus membayar. JIka waktu tersebut sudah berlalu dan pemakaian bermaksud untuk menggunakannya makan perlu membayar kepada pembuat perangkat lunak tersebut.

6. FreeWare
FreeWare dapat digunakan tanpa perlu membayar sama sekali namun kode sumbernya tidak dapat dilihat maupun diubah.

7. RentalWare
RentalWare perangkat lunak yang bisa digunakan oleh seseorang atau institusi dengan cara membayar sewa sewa biasanya dilakukan per tahun.

0 Response to "Jenis Jenis Perangkat Lunak Aplikasi Dan Fungsinya"

Poskan Komentar