Pengertian Attachment dan Fungsinya

Pengertian Attachment dan Fungsinya - Pengertian attachment merupakan media yang disediakan pada sebuah web atau email untuk dapat mengirimkan dokumen baik berupa gambar, data, musik, dan dokumen yang lain kemudian akan diunggah (Upload) ke internet. 

Dengan adanya attachment akan sangat membantu dalam bertukar informasi atau mengirim dokumen penting, karena kita cukup mengunduh file dokumen tersebut ke server, sehingga orang lain sudah dapat mendownloadnya dari lokasi lain.

Fungsi Attachment ialah perintah mengirim file lewat email. Attachment juga membuat surat yang di kirimkan lebih lengkap karena disertakan dengan lampiran. Dalam lampiran attachment surat ini, ada sekian banyak dokumen yang dapat kita lampirkan. Contohnya : document word maupun power point. 

Singkatnya, fungsi Attachment File dalam suatu email adalah untuk mengirimkan sebuah file (baik berupa video, gambar, animasi dan lain-lain) melalui email ke alamat email tujuan, dikarenakan attachment file itu sendiri yaitu perintah – perintah utk mengirimkan satu buah file lewat email. baca juga jenis-jenis email dan pengertiannya

Bagaimana Cara Membuat File Attachment?
Sedangkan cara membuat Attachment File yaitu dengan cara sebagai berikut:
a.  Klik compose pada pilihan yg ada pada email kamu.
b. Klik attachment file 
c. Klik Browse.
d. Pilih file yang akan dikirim.
e. Klik Attach File - Pilih Done - Klik Send 

Cara Mengirimkan File Attachment
1. Disini saya menggunakan email layanan dari google yaitu GMail.
Untuk masuk ke GMail, silahkan kunjungi http://www.mail.google.com. Selanjutnya anda akan diarahkan kelaman login.
Login lah seperti biasa dengan cara memasukan alamat Email dan Password.

2. Jika email dan password sudah dimkasukan dengan benar, kemudian Klik MASUK, maka akan tampil halaman dalam Email anda seperti gambar dibawah ini : MELAMPIRKAN FILE DATA (ATTACHMENT)

3. Klik “TULIS” dikarenakan akan mengirim email , kemudian akan muncul kotak dialog pada pojok kanan bawah lalu tuliskan alamat email tujuan, Langkah berikutnya MELAMPIRKAN FILE (ATTACHMENT FILE) yg dapat dikirim . Dgn cara Klik "Lampirkan File" bertanda lingkaran. 

 Klik untuk memperbesar gambar
fungsi attachment file


4. Apabila telah diklik lingkaran diatas, sehingga dapat tampil kotak dialog untuk mencari FILE yang dapat dilampirkan untuk dimasukkan sebagai lampiran Email. Seperti gambar di bawah ini. Sesudah file data ketemu, Klik OPEN dan tunggu hingga uploading file selesai. 

5. Klik “KIRIM” untuk mengirim email.

Jangan lupa : Pengertian Email dan Fungsinya

Cara Menyimpan File Attachment di Gmail ke Google Drive.
Google dikenal sebagai web pencari paling besar di dunia. Selain itu, Google juga memberi bermacam macam jenis pelayanan.

Dari berbagi video lewat Youtube, pelayanan email gratis dgn Gmail dan lain-lain. Selain itu, Google juga sediakan pelayanan daya simpan awan dengan Google Drive. Google Drive ini juga memberikan Kamu kapasitas daya simpan awan sebesar 5GB dengan cara gratis. Cara untuk mendapatkan layanan awan ini juga sangat mudah.

Tidak Cuma itu, pelayanan awan ini pun sediakan kapasitas daya simpan yg lebih besar dgn tarif tertentu. Sbg contoh, kapasitas daya simpan 25GB bisa diperoleh bersama biaya $2.49 USD per bln, 100 GB seharga $4.99 USD per bln serta 1TB yg dipatok seharga $49.99 USD per bln. Selain memberikan pelayanan daya simpan awan dengan kapasitas yang besar. Google Drive bisa anda gunakan cara terintegrasi dengan Google lain. Salah satunya ialah dgn Gmail

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf

Bagikan melalui Facebook / Twitter / Google Plus untuk melihat Link Download


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Pintar Komputer
Pintar Komputer Updated at: 01.58
Tags :

Related : Pengertian Attachment dan Fungsinya

1 komentar: