Pengertian dan Fungsi Motherboard, Processor, Hardisk, VGA, Sound Card

Pengertian dan Fungsi Motherboard, Processor, Hardisk, VGA, Sound Card - Perangkat proses device alat pemrosesan yaitu alat dimana instruksi instruksi program diproses untuk mengelola data yang sudah dimasukkan melalui alat input dan hasilnya dapat ditampilkan pada alat output. Secara umum perangkat proses terangkum dalam Central Processing Unit atau CPU. Namun, di dalam CPU alat proses dapat diurai sebagai berikut:

1. Motherboard
Pengertian Motherboard adalah sebuah alat berupa papan elektronik yang didalamnya terdapat banyak sekali transistor, konduktor, resistor dan alat-alat elektronik lainnya. Tentu saja dengan ukuran yang kecil-kecil. Alat ini menjadi penghubung dan penerjemahan alat-alat komputer yang ada dari perangkat input proses sampai dengan output.

Motherboard merupakan tempat berlalu Lalang data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer bisa berjalan dengan lancar.

Fungsi Motherboard, fungsi processor, fungsi memory, fungsi memory cache, fungsi hardisk, fungsi bus, fungsi vga, fungsi sound card


Motherboard atau papan induk merupakan perangkat yang paling utama terdapat pada susunan komputer, ini menyebabkan Motherboard merupakan tempat bergantungnya semua komponen dalam perangkat komputer. Komponen-komponen yang ada di dalamnya seperti mikroprosesor memori basic input dan output system atau disingkat dengan BIOS, harddisk, CD room, video card, dan lain sebagainya terkoneksi di dalam motherboard ini.

2. Processor
Pengertian Processor merupakan alat yang paling penting. Letaknya di dalam casing yang menempel di atas motherboard. Processor sering dikatakan sebagai otaknya komputer. Fungsi Processor adalah memproses data yang dimasukkan sesuai dengan instruksi yang telah di minta.

Processor disebut juga dengan Central Processing Unit atau CPU. Alat inilah yang akan menjalankan perintah. Keberadaan processor ini menentukan tingkat kecepatan sebuah komputer dalam mengolah data. baca juga pengertian CPU dan fungsinya

Processor dibuat dengan teknologi silikon, isi dari prosesor adalah chip transistor dan komponen elektronik lainnya yang jumlahnya mencapai jutaan. Fungsi prosesor yaitu mengontrol sistem, menentukan saat pengiriman data terjadi, menjalankan operasi aritmatika dan melakukan operasi logika.

Processor yang beredar di pasaran dalam perkembangannya ada tiga jenis, yaitu prosesor 16 bit, 12 bit, sampai dengan prosesor 64-bit yang terbaru.  Komponen processor yang beredar di pasaran saat ini tersusun dari 32-bit, seperti Intel Pentium dan 42 bit, seperti Intel Xeon dan kecepatan prosesor komputer ditunjukkan oleh seberapa cepat prosesor dalam menjalankan instruksi-instruksi yang diterimanya.

3. Memory
Pengertian Memory adalah ruang simpan sementara dalam chip komputer. Ukuran memori ditunjukkan oleh kilo byte atau KB megabyte atau MB Gigabyte atau GB dan tertinggi adalah terrabyte TB.

Memory terbagi atas main memori (penyimpanan memori utama) dan backing storage (penyimpanan cadangan).

a. Main Memory
Main Memory adalah komponen berfungsi sebagai pengingat. Dalam hal ini yang disimpan memori dapat berupa data atau berupa program, diantaranya adalah sebagai berikut:

1) Penyimpanan data yang berasal dari alat masukan atau input sampai dikirim ke ALU atau CPU untuk  diproses.
2) Data hasil dari pemrosesan Alu sebelum dikirim ke alat keluaran atau output.
3) Menampung program atau instruksi yang berasal dari alat masukan atau dari alat pengingat sekunder.

Main memory dibedakan menjadi dua jenis yaitu ROM dan RAM.

1) RAM atau Random Access memory
Pengertian RAM merupakan salah satu memori yang dapat diakses oleh programmer untuk diambil isinya dan dapat diisi kembali. Memory ini bersifat sementara, sehingga akan hilang jika aliran listrik mati. RAM dibagi menjadi 4 bagian berikut:

a. Input storage berfungsi untuk menampung data yang dimasukkan melalui alat masukan.
b. Program Storage berfungsi untuk menyimpan semua instruksi program yang akan diproses.
c. Working storage berfungsi untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
d. Output storage berfungsi untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan.

Fungsi Motherboard, fungsi processor, fungsi memory, fungsi memory cache, fungsi hardisk, fungsi bus, fungsi vga, fungsi sound card


2) ROM Only Memory
Perbedaan ROM adalah dapat diambil dari dan isi dan diisi kembali ROM hanya dapat di baca oleh programmer. ROM bersifat permanen sehingga tidak akan hilang jika listrik mati. ROM atau lebih dikenal dengan sebutan basic input output system (BIOS).

b. Backing Storage
Backing storage juga disebut dengan penyimpanan cadangan. Alat ini merupakan penyimpanan semua informasi non aktif dalam komputer. Dibedakan atas serial akses contohnya tape drive dan direct access, contohnya magnetic atau hardisk Floppy disk atau DVD.

4. Cache Memory
Cache memori merupakan perangkat untuk memindahkan instruksi program dan data antara penyimpanan primer dan processor dengan kecepatan tinggi. Cache memori merupakan dalam Merupakan RAM khusus yang kinerja nya sangat cepat sekali dan harganya pun mahal. Biasanya Chache memori ditempatkan di antara RAM biasa dan processor 

5. Hardisk
Pengertian Harddisk merupakan media penyimpanan yang ada didalam CPU. Kapasitasn hardisk sangat bervariasi, di pasaran sekarang ini kapasitas berkisar antara 4 Gigabyte hingga 200 GB. Kapasitas yang lebih kecil dari 4 Gigabyte sudah sangat sulit ditemukan.

Fungsi Motherboard, fungsi processor, fungsi memory, fungsi memory cache, fungsi hardisk, fungsi bus, fungsi vga, fungsi sound card

Selain hardisk media penyimpanan dapat berupa tempat dapat berupa flopy disk dan flashdisk, semua media penyimpanan itu berada di luar CPU atau eksternal.

6. BUS
BUS dapat diartikan sebagai tempat lintasan data dari suatu komponen-komponen yang lain. Sistem bus yang menghubungkan CPU dengan memori utama dan digunakan untuk menghubungkan dengan komputer lainnya di dalam komputer yang diberi istilah FSB atau front side bus.

7. VGA card atau kartu grafis 
VGA pada komputer generasi kelima pemrosesan gambar ke layar hanya mengandalkan kerja prosesor. Seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi sekarang telah tersedia VGA Card atau video grafik array atau kartu grafis yang didesain untuk melakukan rendering 3D secara secara penuh, efisien tanpa perlu menggunakan prosesor lagi.

Kartu grafis yang ada saat ini telah menggunakan prosesor sendiri yang disebut dengan GPU atau grafik processor unit. Sehingga beban yang di alami prosesor utama berkurang. Untuk memasang Kartu grafis di Motherboard harus disesuaikan antara jenis kartu grafis dengan selot yang ada di Motherboard. baca juga fungsi motherboard

Saat ini telah ada kartu grafis dengan basis yang berbeda-beda. Seperti, kartu grafis berbasis Isa dan berbasis AGP dan yang terbaru PCI express.

8. Kartu Suara
Kartu suara digunakan untuk memproses data berupa suara. Secara fisik dapat dibedakan menjadi tiga jenis meliputi sound card onboard, sound card internal dan sound card external.

Saat ini umumnya Motherboard telah menyedian sound card yang sudah terpasang di dalamnya. Jika ingin menambah sound card lagi, pasangkan sound card tambahan di slot ekspansi yang telah disediakan untuk menghilangkan benturan kinerja yang terjadi.

1 Response to "Pengertian dan Fungsi Motherboard, Processor, Hardisk, VGA, Sound Card"

  1. Jika anda mengalami masalah HDD dan Data yang hilang kunjungi web kami di Ainun HDD http://ainundiskrecovery.blogspot.com/

    BalasHapus