Pengertian dan Fungsi UPS

Pengertian, Fungsi dan Harga UPS - UPS adalah singkatan dari "Uninterruptible Power Supply" atau dalam bahasa Indonesia adalah suplai daya bebas gangguan. UPS juga merupakan salahsatu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memberikan suplai listrik ketika listrik megalami gangguan atau ketidak stabilan. (terhambat, pemadaman listrik). UPS bisa dijadikan cadangan ketika listrik mati.

Listik mati ? aktifitas pun terhenti ! seiring perkembangan jaman, kehidupan sehari-hari aktifitas yang kita lakukan masyarakat tidak terlepas dari penggunaan listrik. Lalu adakah solusi untuk mengatasi hal tersebut?
pengertian UPS, Fungsi UPS, Harga UPS, Cara Kerja UPS

Sebagai pengguna komputer, ada salahsatu cara yang dapat dilakukakan untuk mengatasi hal masalah tersebut, yaitu dengan menggunakan UPS.

Lalu apa perbedaan UPS dan Power Supply??? untuk mengetahuinya, silahkan anda baca dan bandingkan perbedaan dari keduanya di artikel "Pengertian Power Supply"

Pentingkah UPS untuk pengguna komputer? 

Tentu penting, karena bila listrik mati secara mendadak maka komputer yang sedang menyala akan langsung mati. Inilah yang menyebabkan komponen komputer rusak. Jika hal ini terus-terusan terjadi, maka tidak menutup kemungkinan anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mengganti perangkat komputer.

Dengan adanya UPS, maka kita bisa mematikan komputer secara normal ketika listrik mati. Setidaknya UPS dapat memberikan suplai listrik beberapa menit, tentu ini akan memberikan banyak keuntungan, salahsatunya adalah kita mempunyai kesempatan untuk meyimpan file yang sedang dikerjakan sebelum komputer mati.

Selain itu, didalam UPS terdapat stabilizer yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik yang masuk kedalam komputer. Hal ini dapat membuat CPU lebih tahan terhadap kerusakan, karena tegangan listrik yang tidak stabil tentu akan berdampak butuk pada CPU.

Berapakah Harga UPS ???
Harga UPS sangat bervarisi tergantung kualitas dan tenaga yang dimilikinya, dari mulai RP. 500.000 sampai RP. 120.000.000. Dan anda beruntung membaca artikel ini karena saya akan memberikan  secara mendalam tentang UPS di artikel  saya yang berjudul "Jenis UPS berdasarkan cara kerjanya".

Mungkin sekian dari saya megenai pengertian UPS dan fungsinya, semoga bermanfaat.