Peranan TIK dalam Kehidupan Sehari-hari

Peranan TIK dalam Kehidupan Sehari-hari - Peranan teknologi informasi komunikasi dalam bidang sosial Indonesia merupakan negara kepulauan yang penduduknya terbesar dan hidup di pedesaan. Menurut data yang dikeluarkan oleh majalah the economist, 38 juta penduduk Indonesia berada dalam garis kemiskinan dan 70 persen di antaranya hidup di daerah pedesaan. sedangkan sisanya berada di daerah perkotaan. 

Dari sudut pandang ICT4PR information and communication technology for property reduction, kemiskinan di daerah pedesaan disebabkan oleh beberapa hal: pendidikan yang rendah, tingkat kualitas kesehatan yang rendah, ekonomi yang lemah, kepemilikan alat-alat produktif yang terbatas, penguasaan teknologi yang kurang dan rendahnya keterampilan masyarakat.

Untuk menanggulangi kemiskinan di pedesaan pemerintah melalui Bapenas  dan bekerjasama dengan UNDP membuat sebuah program yang disebut dengan ICTR4PR teknologi informasi dan komunikasi untuk mengurangi kemiskinan.

UNDP melalui programnya ICTR4PR teknologi informasi dan komunikasi atau disebut juga telenter di 6 provinsi Indonesia yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo dan Papua sebagai proyek percontohan telecenter yang dibangun di desa-desa yang dipilih menjadi sarana komunikasi dan sumber informasi untuk masyarakat setempat.

Telecenter tersebut memberikan beberapa manfaat bagi masyarakat antara lain sebagai berikut :
a. Sebagai sumber informasi dan sarana belajar bagi masyarakat, masyarakat bisa mendapatkan informasi tentang perkembangan daerah lain dan belajar untuk mengembangkan potensi daerah sendiri.

b. Sebagai sarana melihat pasar yang lebih luas dari produk setempat masyarakat dapat melihat kebutuhan-kebutuhan daerah lain dan kemungkinan memasarkan produk lain daerah mereka ke daerah lain.

c. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan masyarakat.
d. Meningkatkan informasi kesehatan mengembangkan perdagangan melalui e-commerce.

Masyarakat yang menjalankan proyek ini tersebut merasakan manfaat dari presenter yang dibangun di desa mereka, berapa masyarakat sukses manfaatkan telecenter untuk mendapatkan informasi dan berhasil membangun usaha bisnis. 

Telecenter berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar, meski dianggap sukses namun masih ada beberapa kendala yang dihadapi, sehingga belum mendapatkan hasil yang maksimal salah satu tantangan dari program ini adalah menyediakan sumber-sumber pembelajaran bagi masyarakat dan informasi yang relevan Sehingga kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi.

0 Response to "Peranan TIK dalam Kehidupan Sehari-hari"

Poskan Komentar