Cara Menggunakan Aplikasi Google Earth Terbaru

Cara Menggunakan Aplikasi Google Earth Di Laptop - Google Earth (GE) yaitu Atlas Digital Dunia, sekaligus sebagai aplikasi buatan Google yg dapat memberikan gambar-gambar dari satelit jadi salah satu Applikasi GIS (Geographic Information Sistem) free yg paling gampang utk dipakai.

Sama Seperti suatu applikasi GIS, maka data yg tersimpan di GE mengunakan konsep Overlay. Dengan demikian, kita sebagai pengguna bisa menambahkan suatu layer utk memperoleh informasi raster yg lebih menarik.

Pada kesempatan ini, kita akan sama-sama membahas cara menggunakan fungsi overlay yg ada di aplikasi Goggle Earth dgn memasukan suatu file gambar yg diletakkan pada terrain yg ada. Setidaknya, ada beberapa format file gambar yg dapat ditampilkan di Google Earth seperti jpg, bmp, gif, tiff, tga, png, dan beberapa kategori yang lain. 

Artinya disini kita bisa memasukan USGS topografi quadrangles, meninggikan areal photografi atau menjalankan remote sense image, histori peta, export file raster image dari MapInfo atau software GIS lainya. 

Cara Download Google Earth , Anda bisa kunjungi link ini: https://www.google.com/earth
1. Buka file yang tadi didownload, lalu klik kanan >> Run.
2. Tunggu beberapa saat sampai proses intalasi selesai.
3. Jika sudah selesai, maka akan muncul tampilan laman seperti dibawah ini.


Pastikan juga bahwa kita memakai Google Earth version paling baru. Dimulai :

Buka Google Earth dan cari area peta yg akan di overlay dalam contoh ini ketikkan Plaza Asia, Jalan K. H. Z. Mustofa, Tugujaya, Jawa Barat, seterusnya perbesar lokasi tersebut. Apabila menggunakna file AbajoPeak.tiff ketikkan Monticello, UT. Klik tombol “Add Image Overlay”. Setelah Itu akan ditampilkan kotak dialog Image Overlay.


Pada Kotak dialog di atas kita melihat ada sekian banyak item tab seperti View, Altitude, & Refresh. Kita tak membahas detil item Tab View, Altitude, & Refresh sbg suatu nilai default. Juga Sebagai gambaran akan dijelaskan disini bahwa Refresh tab dipakai utk memastikan overlay gambar dengan cara automatic berdasarkan tampilan gambar terakhir. 

Tools ini dipakai utk gambar yg dilakukan updating secara frekuentitatif, tetapi dalam contoh ini gambar yaitu statis & kita tak membutuhkan refresh images. Refresh dengan cara fungsional difungsikan waktu ada kesepakatan pemakaian data seperti pada images radar cuaca yg diupdate dengan cara terus menerus. 

Refresh ini akan dimunculkan berdasarkan interval diwaktu. Tab altitude difungsikan buat menampilkan gambar yang merupakan jarak di atas satu buah permukaan buat situasi di mana kita menginginkan suatu gambar tampil di permukaan. Tap View digunakna utk memastikan property camera utk memperoleh penampilan 3D.

Saat Ini kita sudah tentukan posisi gambar yg dimiliki & dapat memperoleh tampilan pada Googgle Earth seperti di bawah ini :


Ada banyak hal yg dapat kita lakukan utk mengubah tampilan. Pertama kita dapat menentukan nilai transparansi dari image yg dipakai maka kita bisa melihat dgn terang underlying antara terrain dgn data vector.
Image yg dipakai sekarang ini telah di set transparan. Kita harus sering mencoba tombol setting transparansinya hingga kita menemukan setingan penampilan yg paling baik. Sbg catatan saat kita menggerakkan tombol setting transparannya maka underlaying terrain jadi visible.

Sekarang aktifkan Terrain layer pada Layer Panel utk meletakan image berada di atas underlying terrain.

Hasilnya cobalah tampilanya utk mendapatkan orientasi penampilan yg tambah baik. Gunakan Tools Navigasi yg diberikan oleh Google Earth utk memperoleh tampilan yg tambah baik.

0 Response to "Cara Menggunakan Aplikasi Google Earth Terbaru"

Poskan Komentar