Pengertian Kabel UTP dan Fungsinya

Pengertian Kabel UTP dan Fungsinya - Kabel UTP tidak hanya digunakan untuk jaringan, tetapi juga untuk telepon tradisional (UTP Cat 1). Ada tujuh jenis kategori UTP, tergantung kebutuhan anda. UTP-CAT5e adalah kabel UTP yang paling populer yang datang untuk menggantikan kabel koaksial tua yang tidak mampu menjaga dengan meningkatnya kebutuhan konstan untuk jaringan yang lebih cepat dan lebih dapat diandalkan.

Karakteristik UTP sangat baik dan membuatnya mudah untuk bekerja, menginstal, memperluas dan memecahkan masalah dan kita akan melihat skema kabel yang berbeda tersedia untuk UTP. Kabel UTP bekerja dengan baik karena digunakan dengan pemancar yang bekerja pada "transmisi seimbang" seperti yang ditunjukkan di bawah ini. 

Kabel UTP mengirimkan sinyal yang sama tetapi berlawanan pada masing-masing kawat dari pasangan sehingga setiap kawat hanya memiliki setengah amplitudo sinyal akhir. Medan listrik dan magnetik masing-masing kawat yang berlawanan dan membatalkan eachother, menghasilkan emisi elektromagnetik rendah.

Pengertian Kabel UTP dan Fungsinya

Kabel UTP ditemukan di banyak Ethernet jaringan dan sistem telepon. Untuk aplikasi telepon dalam ruangan, UTP sering dikelompokkan ke dalam set 25 pasang sesuai dengan standar kode warna 25-pair awalnya dikembangkan oleh AT & T Corporation. Sebuah subset khas warna-warna ini (putih / biru, biru / putih, putih / orange, orange / putih) muncul di sebagian besar kabel UTP. Kabel biasanya dibuat dengan tembaga kawat diukur pada 22 atau 24 American Wire Gauge (AWG), [3] dengan isolasi berwarna biasanya terbuat dari isolator seperti polietilena atau FEP dan total paket tertutup polyethylene jaket. baca juga harga paket indihome

Untuk kabel telepon luar kota berisi ratusan atau ribuan pasang kabel dibagi menjadi bundel kecil tetapi identik. Setiap bundel terdiri dari pasang twisted yang memiliki tingkat sentuhan yang berbeda. Bundel yang pada gilirannya memutar bersama-sama untuk membuat kabel. Pasangan yang memiliki tingkat sentuhan yang sama dalam kabel masih dapat mengalami beberapa derajat crosstalk. pasangan kawat dipilih secara cermat untuk mengurangi crosstalk dalam kabel besar.

Kabel UTP adalah kabel yang paling umum digunakan dalam jaringan komputer. Yang modern Ethernet, standar jaringan data yang paling umum, dapat menggunakan kabel UTP. Twisted pair sering digunakan dalam jaringan data untuk koneksi panjang, pendek dan menengah karena biaya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan serat optik dan kabel koaksial .

UTP juga menemukan meningkatnya penggunaan di Video aplikasi, terutama dalam kamera keamanan . Banyak kamera termasuk output UTP dengan terminal sekrup ; Kabel UTP bandwidth yang telah ditingkatkan untuk mencocokkan baseband dari televisi sinyal. Sebagai UTP adalah saluran transmisi yang seimbang, sebuah balun diperlukan untuk menghubungkan ke peralatan yang tidak seimbang, misalnya setiap menggunakan konektor BNC dan dirancang untuk kabel koaksial.