Pengertian Topologi Ad Hoc dan Infrastructure

Pengertian Topologi Ad Hoc dan Infrastructure – Definisi ad hoc network yaitu desentraliasi dari jaringan wireless, dinamakan ad hoc network karena tidak bergantung kepada infrastruktur yang telah ada, seperti router dalam jaringan kabel maupun Access Point terhadap jaringan nirkabel.

Dalam Ad hoc network, tiap-tiap node bertugas dalam me-routing data pada node lain, jadi penentuan node mana yang mengirimkan data dibuat dengan cara dinamis berdasarkan konektivitas dari jaringan itu sendiri.

Pengertian Topologi Ad Hoc dan Infrastructure

Topologi Ad hoc merupakan istilah dari bahasa Latin yg terkenal digunakan dalam bidang keorganisasian atau penelitian. Istilah ini mempunyai arti "dibentuk atau dimaksudkan untuk salah satu tujuan saja" atau sesuatu yg "diimprovisasi". Pengertian topologi jaringan komputer beserta gambarnya


Dalam jaringan wireless terdapat dua topologi, antaralain adalah topologi adhoc dan juga topologi infrastructure.  Topologi tersebut mempunyai kelebihan dan juga kekurangan. Maka dari itu silahkan simak perbedaan di antara keduanya.

1. Topologi AdHoc
Topologi AdHoc ini dapat terbentuk jika antara komputer (yang dilengkapi dengan wifi adapter) saling mengakses tanpa harus ada access point. Jadi, aliran data yang dikirim akan lebih cepat di terima oleh komputer tujuan tanpa harus melalui pelantara.

Kelebihan
Topologi ad hoc ini mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya adalah hemat biaya. Kenapa begitu? Ya, agar terkoneksi kita tidak harus menyambung perangkat apapun, seperti contohnya access point yang sering diperlukan dalam jaringan wireless.

Kekurangan
a. Masalah yang sering ditimbulkan oleh koneksi AdHoc yaitu kapasitas bandwith yang sangat terbatas, maka aspek ini sangat memungkinkan lambatnya proses transfer data.

b. Tidak cuma bandwith, jangkauan sinyal yang dipancarkan oleh perangkat wifi adapter pada komputer klien serta tidak mampu terlalu jauh. Baca juga : Pengertian wifi dan fungsinya

c. Untuk keamanan, koneksi AdHoc ini bisa di bilang sangat kurang. Sangat berbeda apabila di bandingkan ddengan access point yg telah support WPA & WPA2.

2. Topologi Infrastructure
Topologi infrastructure ini yakni satu buah topologi di mana hubungan tiap-tiap wifi klien terpusat pada suatu piranti access point. Jadi, seluruh koneksi antara wifi klien haruslah melalui access point.

Kelebihan
a. Kapasitas bandwith lebih besar, karena koneksi tiap-tiap wifi klien hanya mengarah pada access point saja.

b. Jangkauan perangkat Access point biasanya sudah dibuat besar, ditambah lagi kita dapat memperbesar sendiri daya jangkau dari access point.

c. Keamanan tak diragukan lagi, karena access point sudah di lengkapi dengan system autentifikasi WPA & WPA2

Kekurangan
Kita harus menambah budget untuk pengadaan perangkat access point. Sebab perangkat inilah yg jadi pusat dari seluruhnya koneksi yang ada terhadap topologi infrastructure.

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf

Bagikan melalui Facebook / Twitter / Google Plus untuk melihat Link Download


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Pintar Komputer
Pintar Komputer Updated at: 18.14
Tags :

Related : Pengertian Topologi Ad Hoc dan Infrastructure

1 komentar:

  1. you can find more information about a wireless ad hoc network on the website http://wlan-wifi.com/wireless-ad-hoc-network-wanet

    BalasHapus