Pengertian Wifi dan Fungsinya

Pengertian Wifi dan Fungsinya - Wifi adalah teknologi nirkabel dengan 2.4GHz frekuensi radio untuk transmisi data. Hal ini dapat digunakan di berbagai perangkat nirkabel seperti komputer notebook, personal digital assistant (PDA), ponsel dan ponsel pintar, untuk mengakses Internet. Semua diakui teknologi LAN nirkabel dengan Wifi harus disetujui melalui Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), dan sekarang, IEEE 802.11b dan IEEE 802.11g adalah dua standar yang tersedia.



Apa keuntungan dari teknologi wifi nirkabel?
Dalam jangkauan, pengguna dapat cepat internet akses melalui perangkat elektronik mereka sendiri yang tertanam dengan teknologi Wifi. Dibandingkan dengan teknologi nirkabel lainnya, diakui produk WiFi dapat meningkatkan kompatibilitas antara pengguna terminal atau titik akses yang memungkinkan layanan nirkabel yang mudah dan stabil.

Apa jenis produk elektronik mendukung teknologi WiFi?
Layanan Wifi sekarang lebih populer dengan bertumbuhnya cakupan dan ketersediaan, produsen banyak komputer dan elektronik konsumen telah dimasukkan fungsi WiFi ke dalam produk mereka. komputer notebook, ponsel pintar, PDA dan perangkat permainan elektronik genggam, adalah contoh yang memiliki fungsi Wifi. Selain itu, beberapa kamera digital dan bingkai foto juga mencakup fungsi ini.

Seberapa cepat jaringan nirkabel Wifi?
Menurut IEEE 802.11b dan IEEE 802.11g, kecepatan transmisi yang optimal wifi nirkabel adalah 11Mbps dan 54Mbps. Sementara itu, di generasi berikutnya dari standar 802.11n, kecepatan yang optimal bisa mencapai 248Mbps. Untuk standar lainnya, seperti SuperG, Afterburner, Draft N 2,0, kecepatan maksimum mereka 108Mbps, 125Mbps dan 450Mbps. Namun, karena mereka belum disetujui oleh IEEE, jaringan nirkabel Wifi akan tidak menawarkan standar komunikasi ini.

Seberapa jauh Wi-Fi dapat menutupi di daerah luar ruangan?
Sinyal Wifi bisa mencapai 100m di daerah luar ruangan. Namun, itu tergantung pada jarak antara lokasi geografis pengguna dan Wireless Access Point. Hambatan di antara dua titik akan melemahkan sinyal dan menurunkan kecepatan transmisi.

Apakah jaringan nirkabel Wi-Fi akan mengganggu?
Jika ada beberapa kendala di antara Wireless Access Point dan pengguna, sinyal akan diblokir yang pada gilirannya mempengaruhi kecepatan transmisi. Efeknya dapat bervariasi dengan bahan yang berbeda dan daerah permukaan hambatan. Selanjutnya, jaringan WiFi juga akan ikut campur bila ada jaringan nirkabel lain dengan frekuensi yang sama atau perangkat elektronik yang menggunakan pita frekuensi 2.4GHz dalam cakupan.

Apa aplikasi yang WiFi penawaran jaringan nirkabel?
Pengguna dapat mengakses Internet melalui jaringan WiFi untuk browsing halaman Web, mengelola email, melakukan video conference, chatting atau pemijat instan. baca juga wifi id gratis

Apa pengertian SSID (Service Set Identifier)?
SSID adalah kode identitas jaringan nirkabel yang juga dianggap sebagai nama LAN nirkabel, memungkinkan tidak lebih dari 32 karakter atau simbol. Ketika pengguna harus terhubung untuk menetapkan-Wi Fi LAN, baik SSID harus sama. Oleh karena itu, fungsi utama dari SSID adalah untuk membedakan LAN nirkabel yang berbeda. Dalam jaringan nirkabel WiFi, SSID merupakan nama network Wireless Access Point selama siaran.

Apakah dua mode komunikasi utama WiFi?
Dua mode komunikasi utama WiFi adalah mode ad-hoc dan mode infrastruktur. Modus ad-hoc merupakan komunikasi antara terminal pengguna yang berbeda. Sementara mode infrastruktur adalah komunikasi antara terminal pengguna dan Wireless Access Point, dan biasanya digunakan dalam akses Internet nirkabel WiFi.

Apa yang di maksud Frekuensi Radio?
Frekuensi radio mengacu pada gelombang listrik yang dapat menyebar ke ruang tertentu, setiap suara, gambar dan data dapat mengubah dan mengirimkan ke atmosfer melalui frekuensi radio. Menurut Pasal 2 Peraturan Radio, frekuensi radio adalah jenis komunikasi nirkabel dengan frekuensi yang lebih rendah daripada 3,000GHz.

Apa yang dimaksud frekuensi jaringan nirkabel WiFi?
IEEE menyetujui standar - IEEE 802.11b dan IEEE 802.11g keduanya menggunakan 2.4GHz, sementara IEEE 802.11a menggunakan 5GHz. Selain itu, generasi berikutnya LAN nirkabel standar 802.11n juga menggunakan 2.4GHz.

Akankah WiFi secara otomatis beralih ke jaringan nirkabel komersial lainnya?
Beberapa perangkat mobile akan mengganti layanan akses internet antara GPRS / 3G dan jasa lain Wifi secara otomatis, tergantung pada kekuatan sinyal. Jika ada lebih dari satu layanan nirkabel atau ponsel yang tersedia, satu dengan sinyal terkuat dapat dihubungkan.

Bagaimana menghindari perangkat mobile secara otomatis beralih dari WiFi ke jaringan nirkabel komersial lainnya?
Untuk menghindari sengketa atas tuduhan layanan koneksi, pengguna harus menyadari layanan data yang menggunakan dan karakteristik perangkat mobile. Untuk menghindari menghubungkan ke GPRS dikenakan biaya / layanan 3G atau Wifi tidak sengaja, pengguna harus mematikan fitur akses internet GPRS, 3G dan WiFi, serta menonaktifkan fitur koneksi otomatis ke jaringan ini. baca juga jenis-jenis jaringan komputer

Apakah aman jika menggunakan Smartphone sebagai hotspot?
Hal ini aman untuk digunakan hanya jika Anda menggunakan produsen didukung Smartphone Sistem Operasi dan mengkonfigurasi hotspot dengan password yang baik dilindungi WPA2-PSK.