Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sabtu, 30 April 2016

Pengertian VPN, Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengertian VPN dan Fungsinya - VPN adalah singkatan  dari Virtual Private Network yang memungkinkan kamu buat jalankan koneksi ke dalam suatu jaringan dengan cara aman lewat jaringan internet. VPN juga biasa dimanfaatkan utk mengakses atau membypass situs dan content yang diblokir di suatu negara. VPN juga berfungsi untuk melindungi aktifitas browsing kamu dari ancaman pencurian data terhadap jaringan wifi dll.

Bagaimana Prinsip atau Cara Kerja VPN ???

Cara kerja VPN sebetulnya sangat sederhana, cara kerjan VPN adalah memforward seluruh lalu lintas data dalam jaringan kamu. jadi dengan memanfaatkan VPN kamu seperti menggunakan jaringan lokal milik sendiri. Dengan begitu, kamu dapat mem-bypass website-website yang di blokir di negara atau kantor kamu.

pengertian VPN, Fungsi VPN, Cara kerja VPN, Manfaat VPN

Di saat kamu menghubungkan perangkat kamu (PC, Tablet, Smartphone dll.) ke dalam jaringan VPN, maka komputer kamu akan bertindak seakan-akan berada didalam satu jaringan yg sama dengan si VPN. Seluruh traffic atau lalu lintas data kamu dalam internet disuplai oleh si VPN yg mempunyai koneksi yg aman dan bersih.

Di saat kamu "berselancar" di internet dengan menggunakan VPN, maka  secara tidak langsung perangkat yang kamu gunakan melaksanakan kontak dgn situs menggunakan koneksi VPN yg terenkripsi, sehingga data-data kamu akan aman dan tidak mungkin ditembus oleh beberapa orang yg tak bertanggung jawab.

Baca juga :
10 VPN GRATIS Terbaik dan Tercepat 2017
Cara Menggunakan VPN 

Fungsi VPN 

Setelah mengetahui pengertian VPN, sekarang kita akan membahas beberapa fungsi VPN. Sebetulnya VPN mempunyai fungsi yang sangat banyak diantaranya adalah sebagai berikut:

Fungsi VPN dapat digunakan untuk Internet untuk keperluan bisnis online "jual beli online". Mengapa kamu membutuhkan VPN? yup lantaran kamu nggak akan sempat tahu apakah jaringan internet yg kamu pakai ditempat tersebut aman dari segala macam spyware. maka dari itu saya sarankan kamu menggunakan VPN supaya transaksi online kamu aman.

Fungsi VPN dapat digunakan untuk Mengakses Home Network ketika dalam perjalanan. Ketika kamu dalam perjalanan, kamu bisa terus membuka jaringan Home kamu. Kamu juga dapat meremote pc yang ada dirumah dengan menggunakan VPN.

Menyembunyikan kegiatan browsing kamu. Naaah... ini adalah salahsatu fungsi VPN yang saya sukai. Dengan browsing menggunakan VPN kamu dapat menyembunyikan aktivitas browsing kamu, maka data-data yg kamu input saat browsing akan aman dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Membuka Web yang di blokir. Jika kamu pernah membuka suatu situs namun di blokir. Naaah VPN ini lah jagonya, kamu bisa menggunakan VPN untuk membuka apa semua situs yang diblokir menggunakan system geo blocked atau web yang di blokir berdasarkan wilayah atau kebijakan sebuah negera. Seperti china, jika kamu jalan-jalan ke china maka jangan harap kamu bisa facebookan disana, karena FB di negara china di larang lho .... 

Oke, mungkin itu dulu dari saya mengenai pengertian VPN dan Fungsinya, semoga bermanfaat !!!


Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian VPN, Fungsi dan Cara Kerjanya

0 komentar:

Posting Komentar