Apa Itu ICloud ??? & Bagaimana Cara Daftar Icloud??? ...

Apa Itu ICloud ??? Pernah mendengar komputer awan ?? pasti pernah donk, nah ICloud adalah layanan komputasi awan paling baru yg dipublikasikan oleh perusaah multinasional Apple Inc. dalam sebuah acara yang dinamakan Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) yg diselenggarakan pada tanggal 6 Juni 2011 di San Fransisco, California Amerika Serikat.

ICloud mengizinkan para pelanggannya utk mensinkronisasi data seperti dokumen, musik dan poto ke dalam Ipad, IPhone, IPod Touch, Mac dan Komputer secara bersamaan. Maka para pengguna dapat  mengaksesnya file mereka dimana saja mereka berada, kapan saja mereka mau tanpa harus mem-back up data dengan cara manual.
apa itu Icloud

ICloud adalah bentuk pengembangan dari gaya tehnologi paling baru dibidang jaringan ialah komputasi awan atau cloud computing (baca juga pengertian cloud computing) ICloud bekerja pada sistem operasi Mac OS X, IOS & Microsoft Windows seperti Windows Vista & Windows 7.

Sejarah Singkat Icloud

ICloud adalah pengembangan dari layanan komputasi awan yg sudah disediakan Apple sebelumnya adalah ITools di th 2000, . Mac pada th 2002 dan MobileMe di thn 2008. Sementara itu pendiri Apple Steve Jobs, acara dalam Apple Worldwide Developers Conference 2011 sudah menyebutkan bahwa ICloud bakal menggantikan posisi MobileMe yg sudah dikeluarkan Apple sebelumnya.

Dalam acara tersebut Steve Jobs juga membertikahukan bahwa Apple sudah membangun pusat data senilai US$ 1 miliar di North Carolina yg mengijinkan para pengguna menyimpan konten, data atau file mereka di komputer awan milik Apple.

Fitur Icloud

Fitur-fitur yg sedia dalam ICloud antara lain :

1. ITunes dalam ICloud
ICloud akan mensinkronisasi secara otomasti semua musik yang sudah dibeli pelanggan di ITunes di semua perangkat Apple yang terakses dengan akun ICloud.

2. Berkas Foto
iCloud akan mensinkronkan secara otomatis photo yang diambil dari satu perangkat ke dalam perangkat lain tanpa adanya proses sinkronisasi manual atau pun proses pengiriman foto tersebut.

iCloud juga mampu menyimpan lebih dari 1000 photo terakhir yang diambil oleh pelanggan dari perangkat Apple dalam kurun waktu 30 hari dan kemudian dapat diakses dengan perangkat Apple lainnya dalam kurun waktu tersebut.
 
3. Aplikasi, Buku dan Back Up Data
a. Aplikasi, dengan adanya ICloud, aplikasi yang terpasang pada perangkat Apple seperti IPhone, IPad dan IPod touch dapat di perbarui dengan cara otomatis saat pengguna mengunduh aplikasi dgn memakai salah satu perangkat.

b. Buku, ICloud dapat menaruh buku-buku yg sudah didownload oleh salah satu perangkat & dapat mensinkronkan dengan otomastis ke seluruh perangkat yang lain. Demikian pula dgn petunjuk, sorot teks, maupun catatan yg dibuat dapat disimpan oleh IClouds lalu disinkronisasi ke perangkat yang lain. Maka semua perangkat selalu diperbarui.

c. Back Up, ICloud dapat membackup tiap-tiap perubahan yg ada di IOS setiap hari menggunakan sambungan Wi-Fi. (Baca juga wifi id gratis). Dgn kata lain, para pengguna dapat mempunyai cadangan data personal (seperti musik, aplikasi & buku dari ITunes) di ICloud sekaligus akan dgn mudah mengembalikannya lagi ke perangkat piranti IOS yg baru diperbaharui system operasinya hanya dgn menghubungkan dgn sambungan Wi-Fi & memasukkan akun Apple & kata sandi.