Pengertian FTP dan Fungsinya Beserta Cara Kerjanya

Pengertian FTP dan Fungsinya - FTP adalah singkatan dari "File Transper Protocol". yang berfungsi untuk menyalin atau menukar file antara dua komputer yang berada di jaringan lokal yang sama. Jika Anda ingin menyalin file dari satu komputer ke komputer lain di seluruh dunia, Pasti Anda akan menggunakan koneksi Internet. Namun, untuk alasan keamanan, sangat jarang untuk berbagi folder melalui Internet. Transfer file melalui Internet menggunakan teknik khusus, yang salah satu yang tertua dan paling banyak digunakan adalah FTP. 

FTP, singkatan dari "File Transfer Protocol," dapat mentransfer file antara setiap komputer yang memiliki koneksi internet, dan juga bekerja antara komputer menggunakan sistem operasi yang sama sekali berbeda.

Mentransfer file dari komputer client ke komputer server disebut "upload" dan mentransfer dari server ke klien adalah "download".


Pengertian FTP, cara kerja FTP, Fungsi FTP, Kepanjangan FTP, Arti FTP


Lalu Apa Saja Syarat-syarat Untuk Menggunakan FTP ???

FTP client seperti Auto FTP Manajer diinstal pada komputer Anda
Informasi tertentu tentang server FTP Anda ingin terhubung ke:
a. Sebuah Alamat server FTP. Ini terlihat banyak seperti alamat yang Anda ketik untuk menelusuri situs web. Contoh: Alamat server adalah "ftp.videodesk.net". Kadang-kadang alamat server akan diberikan sebagai alamat numerik, seperti "64.185.225.87".
b. Sebuah nama pengguna dan password. Beberapa server FTP memungkinkan Anda terhubung dengan mereka secara anonim. Untuk koneksi anonim, Anda tidak perlu nama pengguna dan password.

Untuk mentransfer file, anda harus meyiapkan perangkat lunak klien (Auto FTP Manager) dengan alamat server, nama pengguna, dan sandi. Setelah terhubung ke server FTP, Anda dapat menggunakan File Manager Auto FTP Manager untuk meng-upload, download dan menghapus file. Menggunakan File Manager adalah banyak seperti bekerja dengan Windows Explorer.

FTP dan Koneksi Internet

FTP menggunakan satu koneksi untuk perintah dan lainnya untuk mengirim dan menerima data. FTP memiliki nomor port standar di mana FTP server "mendengarkan" untuk koneksi. Sebuah port adalah "sambungan jalur logis" untuk berkomunikasi menggunakan Internet Protocol (IP). Nomor port standar yang digunakan oleh server FTP adalah 21 dan hanya digunakan untuk mengirim perintah. Sejak port 21 digunakan secara eksklusif untuk mengirimkan perintah, port ini disebut sebagai port perintah. Misalnya, untuk mendapatkan daftar folder dan file hadir pada server FTP, FTP Client mengeluarkan "LIST" perintah.

Baca Juga Pengertian Internet dan Manfaatnya

Server FTP kemudian mengirimkan daftar semua folder dan file kembali ke FTP Client. Jadi bagaimana dengan koneksi internet yang digunakan untuk mengirim dan menerima data? Port yang digunakan untuk mentransfer data disebut sebagai port data. Jumlah port data yang akan bervariasi tergantung pada "mode" dari koneksi. (Lihat di bawah untuk mode aktif dan pasif.)
Aktif dan Pasif Mode Koneksi

FTP server mungkin mendukung koneksi aktif atau pasif, atau keduanya. Dalam koneksi FTP aktif, klien membuka port dan mendengarkan dan server aktif terhubung ke itu. Dalam koneksi FTP pasif, server membuka port dan mendengarkan (pasif) dan klien terhubung untuk itu. Anda harus memberikan Auto FTP akses manajer ke Internet dan untuk memilih jenis yang tepat dari FTP Connection Mode.

Kebanyakan program klien FTP memilih modus sambungan pasif secara default karena administrator server lebih suka sebagai ukuran keamanan. Firewall umumnya memblokir koneksi yang "dimulai" dari luar. Menggunakan mode pasif, FTP client (seperti Auto FTP Manager) adalah "menjangkau" ke server untuk membuat sambungan. firewall akan memungkinkan ini koneksi keluar, yang berarti bahwa tidak ada penyesuaian khusus untuk pengaturan firewall diperlukan.

Jika Anda terhubung ke server FTP menggunakan mode Active koneksi, maka Anda harus mengatur firewall untuk menerima koneksi ke port yang FTP client Anda akan terbuka. Namun, banyak penyedia layanan internet memblokir koneksi masuk ke semua port di atas 1024. server FTP Aktif umumnya menggunakan port 20 sebagai port data.

Setelah FTP Client berhasil membuka koneksi internet, satu untuk komando dan satu untuk data, itu mulai berkomunikasi dengan server FTP. Anda sekarang siap untuk mentransfer file dan folder antara dua komputer yang terhubung dengan Auto FTP Manajer .