Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Online

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Online - PDF adalah singkatan dari Portable Document Format. Kelebihan PDF adalah mampu merangkum keterangan lengkap dari dokumen, tata letak tetap, termasuk teks, font, grafis, dan informasi lain secara utuh akan ditampilkan. Dan file PDF akan terlihat lebih bagus jika isinya berwarna dan dilengkapi dengan gambar dll. Maka jangan heran jika File PDF ukurannya lumayan besar.

Pada postingan ini, kita akan sama-sama membahas bagaimana cara memperkecil ukuran file PDF ??? Yuk kita lanjut ... Banyak sekali cara untuk memperkecil ukuran file pdf, secara global saya simpulkan menjadi dua cara; yaitu mengecilkan file PDF secara online dan mengecilkan file PDF secara Offline. 

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Secara Online

1. Dalam hal ini saya akan menggunakan situs unggulan saya yaitu https://smallpdf.com/compress-pdf. Masih ingatkan dengan situs ini??? Jika Anda pernah membaca postingan saya tentang "Cara Merubah File PDF ke Word Secara Online Tanpa Software" tentu Anda masih ingat.

Kenapa harus SmallPDF???  Karena smallpdf saya anggap yang terbaik dan memiliki kelebihan dari pada situs lainnya seperti Neevia’s PDFCompress. Ya... Smallpdf mampu mengecilkan file pdf dengan cepat, dan tidak dibatasi dengan ukuran berkas. Sedangkan untuk Neevia’s PDFCompress  mampu mengecilkan file dengan ukuran berkas maksimal 5MB.

2. Setelah smallpdf terbuka, silahkan Klik Drop atau Choose file pdf yang akan dikecilkan ukurannya. Lihat gambar dibawah ini.

cara mengecilkan ukuran file PDF
Note: Selain bisa mengupload file dari komputer, Small PDF ini memungkinkan anda untuk mengupload file dari Google Drive dan Dropbox.

3. Pilihlah file PDF yang akan di kecilkan ukurannya dari komputer anda.
4. Setelah file PDF berhasil di Upload, maka secara otomatis Smallpdf akan menjalankan proses pengecilan file PDF tersebut. Perhatikan gambar dibawah ini.

cara mengecilkan ukuran file PDF


5. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Dan ini tergantung pada kecepatan internet anda serta ukuran file yang di Upload. Namun jangan khawatir Smallpdf akan dengan cepat memprosesnya.
6. Setelah file pdf berhasil di kecilkan, Selanjutnya untuk mendownload file tersebut, Klik pada ikon panah, seperti yang tertera pada gambar di atas.
7. Selesai.

Gimana ??? mudah bukan ??? itulah cara memperkecil ukuran pdf yang bisa saya paparkan. Semoga bermanfaat.