Pengertian Blender dan Fungsinya

Pengertian Blender dan Fungsinya  - Blender adalah aplikasi grafis 3D yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas (open source) di bawah naungan GNU General Public License. Blender bisa digunakan untuk modeling, texturing, UV unwrapping, rigging, water simulations, animating, skinning, rendering, particle, dan simulations, non-linear editing, compositing, dan membuat interactive 3D applications, termasuk games.

Pengertian Blender dan Fungsinya
Blender tersedia untuk sejumlah sistem operasi Linux, Mac OS X, dan Windows. Fitur yang termasuk dalam software Blender ini di antaranya Photorealistic Rendering, Modelling, Realistic Materials, Rigging, Anmation, Sculpting, UV Unwrapping, Compositor, Simulations, Game Creation, Camera and Object Tracking, Library of Extensions, Flexible Interface, File  Formats (dapat dilihat dari link http://www.blender.org/features/).

Contoh video animasi yang dihasilkan oleh Blender, terdapat pada  CD buku pendukung

Sejarah Blender
Blender tercipta dari komunitas pecinta animasi dari berbagai latar belakang. Mereka beraliansi membuat sebuah sebuah perangkat lunak yang bisa di kembangkan (opensource) dan bebas gratis. Blender di gagas oleh seorang berkebangsaan Belanda yakni Ton Roosendaal. Pada awalnya dia mendirikan studio animasi di tahun 1988 kemudian Blender menjadi software share ware animation. Ditahun yang sama dia juga mendirikan Blender institute. 

Sejak periode 2002 sampai sekarang ini, Blender tak berhenti update fitur, interface dan selalu meningkatkan performanya, sehingga kemampuan Blender untuk digunakan produksi animasi tidak bisa dibantahkan lagi, terbukti dengan hasil openmovie beberapa film keluaran sintel (Blender Institute).

Instalasi Aplikasi Blender
Dalam instalasi Blender, terlebih dahulu memilih jenis sistem komputer. Jika menggunakan sistem operasi Windows dapat 32 bit dan 64 bit, maka dalam proses instalasi kita harus menggunakan aplikasi yang sesuai. Untuk mengetahui jenis Sistem operasi Windows 32 bit atau 64 bit, Anda bisa melakukan langkah dibawah ini:

1. Klik start pilih Computer
2. Klik  pada Computer dan pilih Properties.

Selain bisa di instal di Sistem operasi Windows, Blender juga menyediakan aplikasi untuk Mac OS dan Linux. Pengguna diminta untuk menggunakan aplikasi instalasi Blender sesuai dengan OS yang digunakan di komputer.
Untuk mendownload Blender, silahkan kunjungi situs resminya di http://www.blenderindonesia.org