Pengertian Server dan Client

Pengertian Server dan Client - Sedikit yang mengetahui arti dari sebuah server, karena istilah tersebut kebanyakan dipakai di bidang IT. Untuk itu kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang Pengertian Server dan Client dalam sebuah jaringan.  

Pengertian Server dan Client

Pengertian Server

Server adalah sebuah sistem yang menyediakan layanan untuk di gunakan oleh client dalam sebuah jaringan. Server dan Client tidak bisa di pisahkan karena keguanaan dan fungsi dari keduanya saling berkaitan ketiaka server ada maka layanan yang disediakan server tidak akan berguna tanpa adanya client yaitu sebagai penguna dari layanan yang diberikan oleh server.  Baca juga Pengertian Jaringan Komputer Lengkap

Biasanya sebuah Komputer server harus memiliki sepesifikasi yang cukup tinggi, karena sebuah server adalah penyedia layanan sumber daya sekaligus pengontrol akses sumber daya tersebut. Server harus didukung dengan Peosessor yang bersifat scalable dan Juga RAM yang tinggi, serta memiliki sistem operasi khusus untuk server dan juga sistem operasi jaringan komputer. 

Server juga harus menjalankan beberapa program administratif yang akan mengontrol akser untuk jaringan komputer dan sumber daya yang ada di dalamnya, seperti file atau dokumen, pencetakan, dan memberikan sebuah layanan akses kepada pengguna atau client yang terhubung dengan jaringan tersebut.

Pengertian Client

Client adalah sbuah komputer yang di program sebagai pengguna dari layanan yang diberikan oleh server. kebanyakan client tidak bisa mengakses suber daya sepenuhnya karena akses sumber daya sudah ditentukan oleh sebuah server. sepesifikasi dari sebuah client mungkin agak lebih kecil dari serverr atau di bawah serverr karena tugas dari client tidak seberat server, yaitu hanya sebagai penguna layanan yang diberikan oleh server saja. 

Kesimpulan dari pembahasan mengenai Pengertian Server dan Client yaitu Server merupakan sebuah pernagkat penyedia sekaligus pengontrol masuk dan keluarnya sumber daya (file, dokument, Program dll) dari sebuah jaringan, sedangkan client adalah sebuah perangkat komputer yang bertugas sebagai pengguna atau peminta sebuah layanan kepada server dalam sebuah jaringa. Baca juga Perangkat Komputer Jaringan

Sekian penjelasan mengenai pengertian Server dan Client kali ini semoga dengan artikel ini anda dapat sedikit mengerti mengenai Pengertian dari Server dan Client. Mohon maaf bila ada salah-salah kata atau penulisan, semoga bermanfaat Terimakasih!!!


0 Response to "Pengertian Server dan Client"

Poskan Komentar