Generasi Komputer Pertama dan Sekarang 1-5

Generasi Komputer Pertama dan Sekarang 1-5 - Perkembangan komputer memiliki beberapa generasi. Berdasarkan Generasinya, komputer dapat kita kelompokkan menjadi beberapa generasi, yaitu generasi pertama sampai dengan generasi kelima /sekarang 1-5. Jika kemarin kita membahas tentang perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, maka pada kesempatan ini kita akan membuka kembali generasi komputer pertama sampai sekarang.

Generasi Komputer Pertama dan Sekarang 1-5

Generasi Komputer Pertama dan Sekarang

a. Generasi Komputer Pertama (1946-1959)
Tabung hampa udara adalah ciri khas dari komputer generasi pertama. Tabung hampa itu berfungsi sebagai penguat sinyal. Pada awalnya, tabung hampa udara atau vacum-tube berfungsi sebagai komponen penguat sinyal. Bahan utamanya terdiri dari kaca, sehingga kelemahannya mudah pecah, serta mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralkan oleh komponen-komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin.

Baca juga : Sejarah Komputer
 
Komputer ENIAC adalah komputer elektronik pertama di dunia yang memiliki berat 30 ton, dengan panjang 30 M dan tinggi 2,4 M dan memerlukan daya listrik sekitar 174 kilowatts yang tersusun sekitar 18.000 tabung hampa. Mesin ini bisa menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 15 detik jika dikerjakan dengan tangan manusia dapat menghabiskan waktu sekitar 10 jam.

b. Generasi Komputer  Kedua (1959-1964)
Komputer generasi kedua ditandai dengan penggunaan transistor sebagai perangkat elektroniknya. Dengan adanya transistor membuat ukuran komputer menjadi lebih kecil, cepat, dan lebih hemat biayanya. Penggunaan transistor pada komputer dimulai sejak tahun 1956.

Pada tahun 1960-an, sebuah perusahaan Amerika (IBM) yang memproduksi perangkat keras memperkenalkan komputer komersial yang menggunakan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar dipasaran. Komputer IBM-7090 buatan Amerika adalah salah satu komputer komersial yang menggunakan transistor.

c. Generasi Komputer Ketiga (1964-1970)
Ciri khusus komputer generasi ketiga adalah komputer ini menggunakan IC (Integrated Circuit) atau IC Chip. IC (Integrated Circuit) adalah ribuan transistor yang mempunyai ukuran beberapa milimeter (silicium) yang digabungkan. Komputer pertama yang sudah menggunakan teknologi IC adalah IBM S-360 sekitar tahun 1964.

d. Generasi Komputer Keempat (1979-sekarang)
Ciri khusus dari Komputer generasi keempat adalah dilengkapi dengan Microprocessor yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip. Oleh karena itu, bentuk komputer menjadi lebih kecil dan kemampuan yang semakin bagus dan harga yang ditawarkan juga semakin murah. Microprocessor adalah awal kelahiran komputer personal atau PC. Di tahun 1971, Intel Corp. kemudian mengembangkan microprocessor pertama seri 4004. Contoh dari generasi ini adalah Intel Pentium 4.

e.  Generasi Komputer Kelima
Komputer generasi ini adalah komputer masa depan, pada generasi kelima, komputer memiliki lebih banyak unit pemrosesan yang berfungsi sangat cepat untuk menyelesaikan lebih dari satu instruksi. Komputer ini seakan-akan mampu berfikir sendiri mengenai cara-cara untuk menyelesaikan suatu masalah tanpa memerlukan banyak bantuan manusia. Generasi Komputer Kelima Lebih praktis, lebih ringan, lebih canggih dari segi teknologinya, serta akan membuat harganya semakin murah.

Baca juga : Sejarah Internet

Itulah Generasi Komputer Pertama dan Sekarang 1-5 yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga dengan mempelajari Generasi Komputer Pertama dan Sekarang 1-5 kalian bisa lebih memahami tentang Sejarah komputer.

0 Response to "Generasi Komputer Pertama dan Sekarang 1-5"

Poskan Komentar