Pengertian TIK Teknik Informasi dan Komunikasi

Pengertian TIK Teknik Informasi dan Komunikasi - Apa sebenarnya yang dimaksud TIK? Apakah TIK itu berkaitan erat dengan komputer? Apakah telepon seluler (ponsel) termasuk bagian dari TIK? Pertanyaan-pertanyaan ini acapkali dilontarkan oleh banyak orang. Untuk menemukan jawabannya, kalainperlu tahu pengertian teknologi informasi itu sendiri.

Pengertian TIK Teknik Informasi dan Komunikasi

Pengertian TIK Teknik Informasi dan Komunikasi

TIK mempunyai dua pengertian, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi memiliki arti yg sangat luas, mencakup segala hal yg berkaitan dengan proses, penggunaan menjadi alat bantu, manipulasi, serta pengelolaan informasi. Adapun Teknologi Komunikasi berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses serta mentransfer data berasal perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya. Dengan itu, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah segala hal yang berkaitan dengan proses, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antarmedia menggunakan memakai teknologi tertentu.


Alat yang termasuk pada kategori TIK ialah komputer, termasuk perangkat yang berafiliasi dengan komputer, contoh pembaca sidik jari dan  CD-ROM. TIK tidak harus secara spesifik berupa komputer yang terhubung ke komputer lain melalui alat telekomunikasi, tetapi juga dapat berupa perangkat seperti ponsel ataupun alat-alat elektronik lain yang berafiliasi dengan penyajian informasi (misalnya televisi).

Peranan dan Manfaat TIK

Peranan TIK di masa sekarang tidak hanya diperuntukkan bagi organisasi, melainkan pula bisa digunakan untuk kebutuhan perseorangan. Bagi organisasi, TIK dapat dimanfaatkan untuk mencapai keunggulan kompetitif. Adapun bagi perseorangan maka TIK bisa dimanfaatkan untuk mencapai keunggulan pribadi, termasuk buat mencari pekerjaan.
 
TIK bisa dikatakan telah merasuki ke segala bidang serta lapisan rakyat. Pada masa kini, ponsel dengan kemampuan mengambil isu berasal internet telah menjadi barang yang biasa digunakan orang buat berkomunikasi, yg membuahkan waktu bukan sebuah kendala. Orang menjadi terbiasa menggunakan menggunakan surat elektronik e-mail serta mulai menjauhi penggunaan surat konvensional yg memakai kertas. Orang lebih senang memakai program pengolah kata untuk membuat dokumen daripada memakai mesin ketik biasa.


Tujuan TIK Teknik Informasi dan Komunikasi

Secara awam, tujuan TIK ialah supaya klaian tahu alat TIK secara awam, termasuk personal komputer  (computer literate) serta memahami informasi information literate. Artinya, Kalian mengenal istilah yang dipergunakan pada TIK, dan  istilah di komputer yg umum dipergunakan. Kalian pula akan menyadari keunggulan serta keterbatasan berasal komputer, dan  bisa menggunakan komputer secara optimal. Selain itu, klaian juga akan memahami bagaimana dan di mana informasi bisa diperoleh, bagaimana cara mengemas atau mengolah informasi, dan  bagaimana cara mengomunikasikannya.

Secara khusus, tujuan TIK, di antaranya adalah sebagai berikut.
- Menyadarkan kalian akan potensi perkembangan TIK yg terus berubah sebagai akibatnya termotivasi buat mengevaluasi serta menelaah TIK sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat
- TIK memiliki peran krusial dalam dunia usaha pada era modern ini.
- Pembelajaran dan penguasaan TIK merupakan salahsatu upaya agar terus menyesuaikan diri terhadap perkembangan TIK.
- Memotivasi kemampuan kalian untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan TIK sehingga kalian mampu melaksanakan serta menjalani aktivitas kehidupan sehari-hari secara berdikari dan  lebih percaya diri.
- Mengembangkan kompetensi kalian dalam penggunaan TIK buat mendukung aktivitas belajar, bekerja, serta berbagai kegiatan pada aspek kehidupan sehari-hari.

Itulah Pengertian TIK Teknik Informasi dan Komunikasi, Manfaat TIK Teknik Informasi dan Komunikasi, dan Tujuan TIK Teknik Informasi dan Komunikasi. Semoga dapat membantu.

0 Response to "Pengertian TIK Teknik Informasi dan Komunikasi"

Poskan Komentar