Sejarah Blogger Di Indonesia

Sejarah Blogger Di Indonesia - Blog adalah kependekan dari “Web Log” merupakan situs Web yang dilengkapi dengan berbagai menu tulisan, komentar, termasuk material grafik atau video yang biasanya dijalankan oleh individu. Entri pada blog biasanya tersusun menurut urutan waktu. Sedangkan Blogging atau nge-blog adalah kata kerja yang artinya menambah isi sebuah blog. Adapun blogger adalah orang yang menjalankan blog tersebut.

Blogging

Fungsi Blog

Blog memiliki beberapa fungsi dan manfaat, salahsatu nya adalah sebagai buku harian online. Kebanyakan Blog berisikan tulisan, image/gambar, video, audio dan link yang mengarah blog lain, atau halaman Web, berbagai media lain yang satu topik yang sedang dibahas. Keterbukaan pengunjung blog untuk memberikan komentar dalam bentuk yang sangat interaktif menjadi bagian yang sangat penting dari banyak blog. Desember tahun 2007, mesin pencari blog Technorati http://technorati.com/ mendeteksi adanya 112 juta blog yang ada di dunia.

Blog menjadi saran dan media pilihan selain koran, majalah, televisi, radio. Postingan seorang blogger banyak yang tidak kalian dapatkan media massa biasa. Banyak orang percaya bahwa sebuah blog akan menjadi alternatif media di massa yang akan datang. Bahkan Google sebagai raja internet membuat mesin pencarian khusus untuk blog pada alamat http://www.google.co.id/blogsearch?hl=id.

Aktivitas menulis para blogger di Indonesia tidak jauh tertinggal dengan aktivitas blogger-blogger lain yang ada di seluruh Dunia. Menurut penelitian, ada lebih sekitar 300.000 blogger di Indonesia. Salah satu bapak blogger Indonesia adalah Enda Nasution http://enda.goblogmedia.com/. Enda adalah penulis yang rajin dan kerap disebut “Bapak Blogger Indonesia”. Dia sering muncul di media konvensional untuk promosi penggunaan blog.

Menurut Enda, blogger di Indonesia bisa dibagi dalam tiga generasi, yaitu: Generasi pertama, generasi kedua dan Generasi ketiga.

Baca juga : Sejarah Komputer

Blogger generasi pertama, tahun 1998-2001
Blogger biasanya berkumpul di mesin  msn.or.id namun sekarang sudah tidak ada. Directory sempat dibuat di http://www.coolnetters.com/indoblog.html (laman ini juga sudah tidak ada) Tulisan blog masih berupa jurnal pribadi. Platform yang pakai adalah livejournal dan blogger.com miliknya google.

Blogger Generasi kedua, tahun 2001-2002
Enda masuk dalam generasi ini. Tulisan blog masih bersifat pribadi. Pada blogger generasi kedua mulai banyak komunitas blogger, seperti, blogbugs (Indonesia), bbv.or.id (Bandung), angkringan (Jogja), tukanglenong (Jakarta). Jumlah blogger semakin banyak, sempat juga mengadakan kopdar atau kopi darat.. blogbugs.com sampai saat ini masih menjadi satu-satunya direktori blogger Indonesia. Platform yang digunakan adalah blogger.com, MT, dan pMachine. Namun entah kenapa pada saat ini (10/4/2016) blogbugs.com tidak bisa di buka ???

Blogger generasi ke tiga, dari tahun 2004
Pada blogger generasi ketiga ini mulai bermunculan blog-blog dengan membahas topik yang lebih khusus dan tidak bersifat pribadi. Bisanya blog seperti  adalah blog kedua atau ketiga dari blogger yg sebelumnya sudah memiliki blog jurnal. Platfoem yang digunakan adalah wordpress, MT.

Opini saya !
Generasi blogger masih panjang. Dan akan ada lagi blogger-blogger muda Indonesia yang akan memulai tulisannya. Meskipun sosial media sudah memaksa anak muda untuk berpaling, namun saya yakin akan tetap ada blogger profesional Indonesia.

3 Responses to "Sejarah Blogger Di Indonesia"

  1. www.musimediateknologi.ga

    tolong ditolong untuk memperbaiki blog saya mas hhee wajar masih junior

    BalasHapus
  2. http://www.musimediateknologi.ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. suah lumayan kok mas. namun sayang domain nya .ga . saya cuma bisa kasih saran mending kumpulin uang untuk beli domain TLD ...

      Hapus