Buat Akun Gmail | Membuat Email | Internet | Sistem Operasi | Perangkat Lunak | Daftar Wifi Gratis | Komputer | Sejarah Internet | Sejarah Komputer | Wifi id | Aplikasi edit foto | Modul TKJ | Harga Paket Indihome | Perangkat Keras | Daftar Gmail | Buat Email Gmail

Pengertian Task Manager dan Fungsinya

Pengertian Task Manager dan Fungsinya - Apa itu Task Manager? Windows Task Manager adalah aplikasi yang ada sistem operasi (OS) keluarga Microsoft Windows N. Windows Task manager dapat memudahkan pengguna untuk melihat semua tugas yang sedang berjalan di komputer.
Fungsi task manager secara umum adalah untuk memudahkan pengguna mengelola aplikasi yang sedang dijalankan atau menghentikan proses yang tidak diperlukan, proses ini akan sangat berguna pada saat komputer mengalami masalah seperti program tidak merespon dan lain-lain.

Baca juga : Cara Membuka Task Manager
Selain itu, fungsi Task Manager adalah untuk Mengecek kinerja komputer Physical Memory dan untuk menjalankan sebuah program, Melihat Performa Networking Untuk melihat user yang sedang aktif.

Informasi yang diberikan oleh Task Manager antara lain adalah

Tentang kinerja komputer,
Menjalankan aplikasi,
Proses
Penggunaan CPU, Baca juga : Cara mengatasi CPU 100% Usage
Informasi muatan dan memori,
Aktivitas jaringan dan statistik,
Log-in User,  dan  sistem pelayanan.

Selain itu, Task Manager juga bisa digunakan untuk menetapkan prioritas proses, afinitas prosesor, menghentikan proses, dan mematikan, mengaktifkan Ulang,   hibernasi atau log off.

Windows Task Manager pertama kali diperkenalkan pada Windows NT 4.0. Versi sebelumnya dari Windows N termasuk aplikasi Task List, yang memiliki fitur jauh lebih sedikit. Daftar tugas mampu mencatat proses yang sedang berjalan dan mematikannya atau bisa juga membuat proses baru. Pada Windows X menu Shutdown juga hadir yang dapat membuat akses ke Siaga, Hibernate (Hibernation), Menonaktifkan (Shut Down), mengatifkan ulang (Restart), Log Off dan Beralih Pengguna (Switch User).
Task Manager Windows 8

Berbagai Tab yang Ada Pada Task Manager dan Penjelasannya

1. Tab Apps; Tab aplikasi sudah tersedia di semua versi Windows kecuali Windows 8. Tab Apps menunjukkan semua program yang terbuka yang berjalan pada komputer. Bagi kebanyakan pengguna, tab aplikasi adalah tab yang paling sering mereka buka.

2. Tab Processes; Tab Proses sudah tersedua di semua versi Windows termasuk Windows 8. Tab Processes menunjukkan semua jendela proses yang sedang berjalan di komputer. Di Windows 8, Microsoft menggabungkan Tab Aplikasi dan Proses kedalam tab Processes.

3. Tab Service; Tab Service telah disertakan dengan semua versi Windows, Tab ini yang menunjukkan semua Windows Services yang sedang berjalan di komputer.
Tab Performa; Tab Performa hadir disemua versi Windows. Tab ini menampilkan sistem komputer yang tersedia termasuk berapa banyak CPU, Memory, Disk Drive, Wi-Fi , dan Jaringan yang sedang digunakan.

4. Tab jaringan; Tab jaringan tersedia di semua versi windows terkecuali di windows 8. Tab ini menunjukan semua lalu lintas jaringan yang terjadi pada komputer termasuk jaringan LAN atau lalu lintas Wireless.

5. Tab User; Tab User hadir di semua versi Windows tanpa terkecuali. Tab User menunjukkan semua pengguna yang login ke komputer. Di Windows 8, tab user juga menunjukkan proses yang setiap pengguna sedang berjalan.

6. History App; Tab ini diperkenalkan di windows 8 yang menunjukkan sejarah keseluruhan dari masing-masing Windows 8 Apps yang telah berjalan di komputer.
7. Tab Start Up; Tab ini juga diperkenalkan di Windows 8 yang menunjukkan masing-masing program yang startup setiap kali komputer dijalankan. Dari tab Startup Anda juga dapat menonaktifkan program startup dari bagian Task Manager.
8. Tab Details; Sebuah tab diperkenalkan di Windows 8 yang memberikan rincian lengkap dari masing-masing proses yang berjalan pada komputer
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Task Manager dan Fungsinya

0 komentar:

Poskan Komentar