5 Cara Membuat Tabel di Microsoft Word

5 Cara Membuat Tabel di Microsoft Word - Microsoft sekarang memberikan lima metode yang berbeda untuk membuat tabel: Grafis Grid, Insert Table, Draw Table, Tabel Cepat, ditambah opsi untuk mengubah teks yang ada ke dalam tabel. Lalu bagaimana cara mambuat table di Microsoft Word? Nah pada artikel singkat ini saya akan mencoba memaparkan kepada anda 5 cara membuat tabel di microsoft word dengan mudah dan cepat.

1. Cara pertama (Metode Grafis Grid / Memilih Tabel dari Grafik)
a. Buka Microsoft Word
b. Klik pada tab Insert, dan klik pada Table.
c. Selanjutnya kotak dialog Insert Table akan terbuka dan akan menunjukkan pola grid dasar serta berbagai pilihan menu di bawahnya.
d. Tempatkan kursor pada sel pertama di grid dan geser ke bawah ; (misalnya empat kolom dan lima baris, kemudian klik sekali.
e. Tabel yang anda buat sekarang sudah jadi. Namun perhatikan juga pada Tab Desain dan Layout. Pada tab tersebut anda bisa mendesain tabel yang tadi telah dibuat. Seperti Mengganti warna tabel.

5 Cara Membuat Tabel di Microsoft Word
Cara Membuat Tabel
2. Cara Kedua Membuat Tabel di Microsoft Word (metode Insert Table)
a. Buka Microsoft Word
b. Klik pada tab Insert, kemudaian klik Tabel, lalu pilih Insert Table dari menu dropdown.
c. Pada kotak dialog Insert Table, masukkan jumlah kolom dan baris yang Anda inginkan. Misalnya anda ingin membuat jumlah kolom lima dan jumlah baris 2. Berarti isikan pada kolom isian Number of Coloum : 5 dan Number of rows : 2

Pada panel Perilaku AutoFit, pilih Auto, atau klik panah bawah untuk memilih ukuran tertentu.
Anda juga dapat memilih AutoFit to Content untuk menghasilkan kolom sempit yang memperluas ketika Anda menambahkan data atau AutoFit to Window untuk mengembang tabel agar sesuai dengan ukuran kertas. Baca juga : Cara Mengatur Ukuran Kertas

Centang juga pada Remember dimensions for new table yang berfungsi untuk mengingatkan anda ketika ingin membuat tabel yang sama di kemudian hari.

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word
Cara Membuat Tabel di Microsoft Word
3. Cara ke tiga membuat tabel di Microsoft Word (Draw Tabel)
Caranya adalah Klik Insert ➔ Tabel ➔ Draw Table.
Maka kursor akan berubah menjadi gambar pensil. Sekarang anda tinggal menarik ke bawah untuk membuat sebuah tabel. Setelah kotak dibuat, posisi kursor di dalam kotak dan menggambar garis atas dan bawah untuk kolom dan baris (satu per satu). Jangan khawatir tentang garis bengkok, karena Ms.Word meluruskannya.

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word
Cara Membuat Tabel di Microsoft Word

Untuk menambah atau menghapus kolom atau baris, klik mana saja di dalam tabel tersebut, kemudian pilih tab Desain, lalu pilih border dan selanjutnya klik pada pilihan Draw Table untuk menambah baris dan klik tombol Eraser untuk menghapus baris dengan kursor penghapus.

4. Cara Ke Empat Membuat Tabel di Microsoft Word (Metode Quick Tabel)
Quick Tabel adalah tabel template word. Pada Quick tabel di sediakan sembilan template . Namun, anda dapat membuat desain sendiri dan menyimpannya ke Galeri Quick Tabel untuk digunakan kapan saja.
Bagaiman cara membuatnya;
Klik Insert ➔Tabel➔ Quick Tabel. Pilih template tabel dari menu Quick Tabel, kemudian memodifikasinya agar sesuai proyek Anda.
Baca juga : Cara Mengatur Margin di Word

5. Mengkonversi Teks ke Tabel
Metode pembuatan tabel seperti ini bisa anda andalkan, karena alat ini bisa membuat daftar jauh lebih mudah cepat. Sebagai contoh, kita akan mengubah daftar kontak klasik ke dalam tabel.
Caranya adalah
a. Blok tulisan yang ingin dibuat tabel

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word
Cara Membuat Tabel di Microsoft Word

b. Klik Tab Insert dan pilih tabel.
c. Selanjutnya  klik Convert text to tabel.

Itulah 5 Cara membuat tabel di microsoft word. Semoga bermanfaat...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Pintar Komputer
Pintar Komputer Updated at: 20.57
Tags :

Related : 5 Cara Membuat Tabel di Microsoft Word

0 komentar:

Poskan Komentar