Pengertian dan Fungsi Kabel Serat Fiber Optik

Pengertian dan Fungsi Kabel Serat Fiber Optik - Kabel Serat Optik  adalah jenis kabel jaringan yang jarang digunakan pada instalasi jaringan tingkat menengah ke atas. Biasanya, kabel jenis fiber optik digunakan pada instalasi jaringan yang besar seperti perusahaan multinasional dan juga digunakan untuk antar lantai atau antar gedung. Kabel jenis ini adalah media jaringan medium yang digunakan untuk transmisi-transmisi modulasi.

Fiber Optic harganya lebih mahal di bandingkan kabel jenis lain. Fiber Optic mempunyai dua mode transmisi, yaitu single mode dan multi mode. Single mode menggunakan sinar laser sebagai media transmisi data sehingga mempunyai jangkauan yang lebih jauh. Sedangkanmulti mode menggunakan  LED sebagai media transmisi.

Karakteristik kabel fiber optik :
Beroperasi pada kecepatan tinggi (gigabit/second)
Mampu mengirim paket data dengan kapasitas besar
Biaya pernode cukup mahal
Media dan ukuran konektor kecil
Kebal trhadap interferensi elektromagnetik
Jarak transmisi yang lebih jauh ( 2 sampai 60 kilometer)

Teknologi fiber optic atau serat cahaya bisa menjangkau jarak yang besar dan menyediakan perlindungan total terhadap gangguan elektrik. Kecepatan transfer data fiber optic dapat mencapai 1000 mbps (mega bit per second) serta jarak dalam satu segment mampu mencapai 3.5 km bahkan lebih. kabel serat cahaya tidak terganggu oleh cuaca buruk.
Fiber optic merupakan media transmisi terbaru untuk standard Ethernet dalam kabel Lan. Perbedaan yang menonjol dari fungsi antara kabel fiber optic dan kabel electric adalah sebagia berikut:
- Jarak lebih jauh
- Harga jauh lebih mahal
- Kurang interferensi magnetic, membuatnya lebih aman
- Dapat mencapai kecepatan sampai 10 Gigabits

Ada dua macam kabel jaringan Lan dalam perangkat optic ini:
Multimode (MM), menggunakan ukuran diameter fiber optic lebih luas.
Single mode (SM), menggunakan diameter fiber optic sangat kecil.

Jenis single mode sangat mahal dikarenakan proses fabrikasinya lebih teliti. Kabel serat fiber optic ini bisa mencapai jarak yang lebih panjang dari pada kabel jenis optic MM. Baca juga : Pengertian Kabel UTP dan Fungsinya
Konektor optic
Untuk mentransmisikan data melalui kabel jaringan Lan optic ini , anda harus menyediakan sebuah strand optic tunggal untuk satu arah. Anda juga memerlukan dua strand optic untuk kedua arah masing-masing untuk mengirim data dan menerima data.  Konektor untuk masing-masing ujung dari fiber optic ini biasanya seperti pada gambar berikut:

kabel serat fiber optic

Kelebihan kabel serat fiber optic

a. Kemampuan sangat baik
kabel serat fiber optic  memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mentransfer data dengan kapasitas yang jauh lebih besar serta jarak tranmisi data yang jauh.

b. Kecepatan transmisi tinggi
kabel serat fiber optic memiliki kecepatan yang sangat tinggi bahkan mencapai ukuran gigabits, serta tingkat kemungkinan hilangnya data yang sangat rendah.

c. Tingkat keamanan tinggi
Fiber optic memiliki tingkat keamanan yang tinggi, karena kabel serat fiber optic aman dari pengaruh interferensi sinyal radio, motor, maupun kabel-kabel yang berada di sekitarnya, membuat fiber optic lebih banyak digunakan dalam infrastruktur perbankan atau perusahaan yang membutuhkan jaringan dengan tingkat keamanan yang tinggi.

d. Aman digunakan dalam lingkungan yang mudah terbakar dan panas.
Fiber optic juga jauh lebih kecil dibandingkan dengan kabel tembaga, sehingga lebih menghemat tempat dalam ruangan network data center di mana pun

Kekurangan kabel serat fiber optic
Harga Mahal
kabel serat fiber optic memiliki harga yang cukup mahal apabila dibandingkan dengan teknologi kabel lainnya. Hal ini disebabkan fiber optic dapat mengantarkan data dengan daya tampung yang lebih besar dan jarak transmisi data yang lebih jauh
Memerlukan Investasi yang Besar
Kekurangan lainnya dari kabel serat fiber optic adalah investasi yang besar karena diperlukan untuk pengadaan sumber daya manusia yang andal, karena tingkat kesulitan penerapan dan deployment fiber optic yang cukup tinggi.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Pintar Komputer
Pintar Komputer Updated at: 03.08
Tags :

Related : Pengertian dan Fungsi Kabel Serat Fiber Optik

0 komentar:

Poskan Komentar