Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Rabu, 22 Februari 2017

Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Contohnya

Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Contohnya - Dalam sistem komputer sistem operasi komputer merupakan salah satu komponen perangkat lunak komputer. Sistem Operasi komputer merupakan perangkat lunak lapisan pertama yang diletakkan pada alat penyimpan (harddisk) di komputer.  Sistem Operasi komputer akan melakukan layanan inti umum untuk perangkat lunak aplikasi.

Sistem operasi akan mengelola semua aktifitas komputer yang berkaitan dengan pengaksesan perangkat keras, pengelolaan proses seperti penjadwalan proses, dan pengelolaan aplikasi. Sistem operasi mempunyai peranan yang sangat penting. Secanggih apapun perangkat keras komputer jika tidak didukung sistem operasi komputer maka sistem komputer tersebut tidak akan ada manfaatnya.

Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Contohnya
Sistem Operasi
Sistem Operasi komputer adalah sekumpulan perangkat lunak yang berada diantara program aplikasi dan perangkat keras. Sistem operasi merupakan penghubung antara pengguna komputer dengan perangkat keras komputer. Ruang lingkup mata pelajaran sistem operasi ini merupakan pengenalan sistem operasi bukan open source keluarga windows.

Pengantar
Materi sistem operasi komputer akan membahas berbagai topik seperti; perkembangan sistem operasi windows, arsitektur sistem operasi windows, struktur sistem operasi windows, instalasi sistem operasi windows, administrasi sistem operasi windows.

Jadi saya harap anda jangan pergi meninggalkan blog ini sampai anda membaca semua topic yang di bahas disini. Karena saya yakin blog ini adalah satu-satu nya blog yang membahas secara KHUSUS tentang sistem operasi!

Topik perkembangan sistem operasi menjelaskan beberapa hal yaitu, definisi atau pengertian sistem operasi, jenis-jenis sistem operasi,perkembangan sistem operasi secara dan perkembangan sistem  operasi dari keluarga windows.

Pada artikel selanjutnya kita juga akan membahas tentang arsitektur sistem operasi komputer, mempelajari tentang peranan sistem operasi komputer dalam struktur sistem komputer dan jenis-jenis arsitektur sistem operasi.

Pada pembahasan Struktur sistem operasi windows akan menjelaskan berbagai arsitektur dasar sistem operasi windows. Arsitektur dasar tersebut adalah arsitektur dasar MS DOS, arsitektur dasar windows NT dan arsitektur dasar windows vista, windows 7 dan windows 8.

Topik struktur sistem operasi windows akan menjelaskan tentang konsep dan percobaan dan praktek tentang pengelolaan proses, penjadwalan proses, manajemen memori, manajemen Input / Output (I/O) dan manajemen file.

Selain topik-topik di atas, kita juga akan mempelajari cara menginstal sistem operasi komputer dan langkah-langkahnya dari berbagai metode instalasi seperti clean instal, instalasi sistem mesin virtual, upgrade instalation, instalasi multibooting dan mekanisme proses booting sistem operasi.

1. Definisi atau Pengertian Sistem Operasi dan Fungsi Sistem Operasi Komputer
Sistem operasi atau operating system atau OS adalah perangkat lunak yang di beri tugas untuk mengatur, mengendalikan perangkat keras (hardware) serta memberikan kemudahan kepada anda pada saat menggunakan komputer. Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk perangkat lunak aplikasi.

Layanan inti umum sistem operasi seperti akses ke disk, manajemen memori, tugas penjadwalan dan interface user. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas ini dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.

2. Macam-macam sistem operasi komputer
Sistem operasi yang digunakan untuk sistem komputer umum termasuk PC bisa kita menjadi 3 kelompok.

a. Keluarga Microsoft Windows
Sistem operasi Windows meliputi Windows Desktop Environment berbasis MS-DOS (versi 1.x hingga versi 3.x), berbasis GUI Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME). Sistem operasi berbasis Windows NT seperti Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, windows server 2008, windows server 2008 R2, Windows Home Server Windows Vista, Windows 7 yang dirilis pada tahun 2009, Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012 Windows 10 dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014.  Keluarga Windows CE seperti windows  CE 1.0-CE 6.0 dan Windows Mobile. Baca juga : Perkembangan sistem operasi windows

b. Keluarga Unix.
Sistem operasi Unix menggunakan interface sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, debian, red hat, SUSE, Ubuntu, Zeath OS (berbasis kernel linux yang dimodifikasi). MacOS/X (berbasis  kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/ Hurd.

Sistem  operasi  keluarga  unix  lainnya   seperti   AIX,   Amiga OS, DragonFly BSD, Free BSD, GNU, HP-UX, IRIX,Linux, LynxOS, MINIX, NetBSD, OpenBSD, OS X, Plan 9, QNX, Research UNIX, SCO OpenServer, Solaris, UNIX System V, Tru64 UNIX, UnixWare.

c. Keluarga Mac OS
Sistem operasi Mac OS dikeluarkan oleh industri komputer Apple yang disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi ini antara lain ialah Public Beta (Kodiak), Mac OS X 10.0 (Cheetah), Mac  OS X 10.1 (Puma), Mac OS X 10.2 (Jaguar), Mac OS X 10.3 (Panther), Mac OS X 10.4 (Tiger), Mac OS X 10.5 (Leopard), Mac OS X 10.6 (Snow Leopard), Mac OS X 10.7 (Lion), Mac OS X 10.8 (Mountain Lion).

Berbasis Server : OpenStep, Raphsody, Mac OS X Server 1.0, berbasis Mobile: iOS. Awal tahun 2007 dikeluarkan versi 10.5 (Leopard). Tahun 2011 diluncurkan versi 10.7 (lion). Sistem tersebut menggunakan antarmuka TEXT (DOS, POSIX, LINUX), dan GUI (Graphical User Interface) seperti MS Windows dan LINUX (berbasis TEXT dan berbasis GUI).


3. Perkembangan Sistem operasi
Menurut Tanebaum, Sistem Operasi mengalami perkembangan yang dapat dibagi ke dalam lima generasi. Perkembangan sistem komputer secara umum di kelompokkan dalam lima generasi yaitu generasi pertama (1945 sampai 1955), generasi kedua (1955 sampai 1965), generasi ketiga (1965 sampai 1980), generasi keempat (1980 sampai 2000an ) dan generai selanjutnya.

a) Generasi Awal (1945-1955)
Generasi awal sistem operasi adalah awal dari perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk  membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi awal belum ada sistem operasi, oleh karena itu sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung oleh pengguna.

b) Generasi Kedua (1955-1965)
Generasi kedua Batch Processing System diperkenalkan, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan. Generasi kedua sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah tersedia, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.

c) Generasi Ketiga (1965-1980)
Sistem operasi pada generasi ini dikembangkan untuk melayani banyak pengguna, dimana para pengguna berkomunikasi menggunakan terminal secara online ke komputer. Sistem operasi bisa digunakan oleh banyak pengguna sekaligus, multi-programming bisa melayani banyak program sekaligus dan multi tasking bisa melayani banyak tugas dan pekerjaan /  Batch Processing System.

d) Generasi Keempat (1980 – 2000-an)
Pada masa ke empat sistem operasi sudah menggunakan Graphical User Interface (GUI) yaitu interface komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman dan mudah digunakan. Pada masa generasi ini juga dimulai nya era komputasi tersebar (distributed computer) dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat pada satu titik, tetapi di pecah di banyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.

e) Generasi Selanjutnya
Pada generasi ini diperkenalkan Sistem Operasi yang berada dalam sebuah Sistem Operasi dan Sistem Operasi bergerak (Mobile) pada perangkat bergerak seperti: PDA, Poket PC, Laptop, Notebook dan NetBook. Sistem Operasi jaringan virtual juga berkembang, sehingga dalam satu jaringan hanya diinstal satu buah Sistem Operasi pada perangkat Server.

Pada masa ini,  diperkenalkan virtualization sistem yaitu satu komputer dapat diclonning secara virtual menjadi lebih dari satu komputer (sistem operasi) yang dapat bekerja bersama-sama, Cross Platform Operating System (multiboot system) yang dapat menggabungkan dua atau lebih Sistem Operasi berbeda seperti : Linux dan Windows.

Generasi ini merupakan awal tren Mobile Computing, yang perangkatnya didominasi oleh Android, iOS, Blackberry OS, Windows mobile, Windows Phone dan Symbian. Pada masa ini dikenalkan sistem iClaud (layanan komputasi awan) yaitu sistem layanan jaringan yang dipublikasikan oleh Apple Inc pada tanggal 6 Juni 2011 di San Fransisco.

iCloud memungkinkan para penggunanya untuk mensinkronisasi data seperti foto, musik, dan dokumen dari perangkat satu ke perangkat lain seperti ke dalam iPhone, iPad, iPod Touch, Mac dan komputer secara otomatis pada waktu yang bersamaan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Contohnya

0 komentar:

Posting Komentar