Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Rabu, 22 Maret 2017

Konsep Sistem Virtualisasi dengan VMware

Konsep Sistem Virtualisasi dengan VMware - Mesin virtual atau mesin maya (Inggris: virtual machine, disingkat vm) dalam ilmu komputer adalah implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin komputer yang mampu menjalankan program sama seperti layaknya sebuah komputer asli.

Mesin virtual terdiri dari dua kategori besar, dipisahkan menurut cara dan tingkat keterhubungannya dengan mesin-mesin aslinya. Sebuah mesin virtual sistem adalah perangkat berupa platform sistem yang lengkap dan mampu menjalankan sebuah sistem operasi komputer yang lengkap pula. Baca juga : Pengertian Sistem Operasi

Sebaliknya, mesin virtual proses didesain untuk menjalankan sebuah program komputer tertentu (tunggal), yang berarti mesin virtual ini mendukung proses tertentu juga. 

Karakter mendasar dari sebuah mesin virtual adalah batasan-batasan bagi software yang berjalan di dalam mesin tersebut, sumber daya yang dibatasi, dan tidak mampu mengakses ke luar tembok batasan dunia maya itu.
Konsep Sistem Virtualisasi dengan VMware
Konsep Sistem Virtualisasi dengan VMware

Virtual machine monitor (VMM) atau hypervisor merupakan bagian dari perangkat lunak yang membuat atau mensimulasikan virtual machine. Abstraksi mesin yang dibuat oleh VMM disebut virtual machine (VM). Mesin virtual dibedakan menjadi dua yaitu VM type I dan VM type II. Type I VMM tidak memakai host operating system, sedangkan type II VMM memakai host operating system. Type II disebut juga dengan paravirtual machine. Karena type II VMM memakai host operating sistem maka kinerjanya lebih buruk dibandingkan type I VMM.

Keuntungan memakai mesin virtual adalah :
1) Menyediakan Multiple operating systems.
2) menyediakan Individual applications.
3) meningkatkan sumber daya kompter.
4) Meningkatkan ketersediaan hardware.
5) Menyediakan Perangkat Keras Komputer independence.
6) Sangat mudah untuk melakukan pengelolaan (Easy administration).
7) Meningkatkan keamanan dekstop (Improve desktop security)

Baca juga: Fungsi Sistem Operasi

Aplikasi yang menyediakan sistem mesin virtual antara lain ialah VM ware, Virtual Box, Virtual komputer dan lain-lain.

Aplikasi VMware vSphere memberikan sistem virtual, sumber daya komputer, aplikasi, server yang mampu diakses dimana dan kapan saja oleh anda. Pelanggan VMware biasanya menghemat 50-70 % biaya total TI keseluruhan dengan mengkonsolidasikan sumber daya mereka dan memberikan mesin yang sangat tersedia dengan VMware vSphere.

Keunggulan dari sistem ini antara lain adalah
• Mampu menjalankan beberapa sistem operasi komputer pada satu komputer termasuk Windows , Linux dan sistem operasi komputer lainnya

• Sistem operasi komputer Mac mampu menjalankan Windows dengan menciptakan lingkungan virtual PC untuk semua aplikasi Windows .

• Mengurangi biaya modal dengan meningkatkan efisiensi energi dan kebutuhan hardware.

• Meningkatkan kinerja dan ketersediaan aplikasi.

• Membangun kelangsungan bisnis melalui solusi pemulihan masalah dan memberikan ketersediaan tinggi di seluruh datacenter.

• Meningkatkan dekstop enterprise manajemen dan kontrol dengan penyebaran lebih cepat dari desktop dan mengurangi konflik aplikasi.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Konsep Sistem Virtualisasi dengan VMware

0 komentar:

Posting Komentar