Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sabtu, 04 Maret 2017

Pengertian Virtual Memori pada Sistem Operasi

Pengertian Virtual Memori pada Sistem Operasi - Virtual memori adalah teknik manajemen memori yang dikembangkan untuk kernel multi guna. Teknik ini divirtualisasikan dalam berbagai bentuk arsitektur kompute dari komputer penyimpanan dat (seperti memori akses aca dan cakram penyimpana), yang memungkinkan sebuah progra harus dirancang seolah-olah hanya ada satu jenis memori dan bertindak secara langsung (RAM).

Umumnya, sistem operasi modern yang mendukung memori virtual menjalankan setiap proses di ruang alamat khusus. Setiap program  memiliki akses tunggal ke memori virtual. Namun, beberapa sistem operasi yang lebih tua (seperti OS/VS dan OS/VS2 SV) dan bahkan yang modern yang (seperti IBM) memiliki ruang alamat tungga yang terdiri dari virtual memori untuk menjalankan semua proses.

Virtual Memori membuat pemrograman aplikasi lebih mudah untuk fragmentas persembunyian dari memori fisik. Dengan mendelegasikan ke  kernel beban dalam mengelola hierarki memori. Sehingga menghilangkan keharusan program dalam mengatasi permasalahan secara eksplisit.

Setiap proses berjalan dalam ruang alamat khususnya, dengan menghindarkan kebutuhan untuk merelokasi kode program atau untuk mengakses memori dengan pengalamatan relatif. Virtualisasi memori adalah generalisasi dari konsep memori virtual.
Pengertian Virtual Memori pada Sistem Operasi
Pengertian Virtual Memori pada Sistem Operasi

Melalui virtual memori sistem operasi menyimpan bagian-bagian proses yang sedang digunakan di memori utama (RAM) dan sisanya di disk (memory virtual) Virtual memori dapat diimplementasikan dengan tiga cara, yaitu: Paging Segmentasi Kombinasi paging dan segmentasi. Sistem paging mengimplementasikan ruang alamat besar pada memori kecil menggunakan index register, base register, segment register, dll. Baca juga : Pengertian Sistem Operasi

Dalam Segmentasi Alamat virtual dibagi menjadi dua bagian: Nomer Page (bit-bit awal) Offset (bit-bit akhir) Secara metematis: tabel page merupakan fungsi dgn nomer page sebagai argumen dan nomer frame sebagai hasil.

Dalam Kombinasi paging dan segmentasi komputer dilengkapi dengan komponen hardware kecil untuk pemetaan alamat virtual ke alamat fisik tanpa menelusuri seluruh tabel page. Komponen ini disebut memori asosiatif atau translation lookaside buffer, yang biasanya berada di dalam MMU, dan berisi beberapa entri.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Virtual Memori pada Sistem Operasi

0 komentar:

Posting Komentar