Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Jumat, 10 Maret 2017

Pengertian Windows Explorer

Pengertian Windows Explorer - Apa itu windows explorer? Windows Explorer adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari beberapa versi sistem operas Microsoft Window. Aplikasi ini menyediakan antarmuka grafi kepada pengguna untuk mengakses sistem berka (baik itu sistem berkas cakra ataupun sistem berkas jaringan dan mengizinkannya untuk mengontrol komputer. 

Windows Explorer merupakan istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan aspek manajemen berkas komputer, dijalankan oleh proses dengan nama EXPLORER.EXE. Proses tersebut juga menangani beberapa fungsionalitas lainnya, seperti pencarian (searching), asosiasi jenis ekstensi berkas, dan bertanggung jawab dalam menampilkan desktop, iko, wallpaper, Start Men, taskbar, dan Control Panel Windows itu sendiri sebagai pusat kontrol dan manajemen sistem operasi Windows. Maka, tidak salah Windows Explorer juga disebut sebagai Windows Shell. 

Dengan Windows Explorer, pengguna dapat melakukan hal-hal berikut:

Membuat Folder, memindahkan Folder, menyalin folder, membuka folder, mengedit, atau menghapus berkas dan folder di dalam komputer. Baca juga : Cara mengembalikan file yang terhapus

Mencari berkas-berkas dengan menggunakan query yang kompleks

Memetakan sebuah direktori yang terdapat di dalam sebuah host di jaringan ke sebuah drive lokal dan memutuskan pemetaan tersebut.

Melihat dan memanipulasi "properties" atau metadata untuk beberapa berkas dan beberapa objek sistem berkas lainnya.

Mampu menjadikan sebuah direktori dan alat penceta dapat digunakan secara bersama-sama melalui jaringan.

Dalam sistem operasi Windows NT 4., Windows 200, Windows X, Windows Vist, serta Windows Server 200, Windows Explorer juga mengizinkan pengguna untuk mengatur izin akses sistem berkas (khusus NTF), pengauditan, dan kepemilikkan berkas. Baca juga : Pengertian Sistem Operasi

Windows Explorer juga dapat menampilkan struktur direktori semua sistem berkas yang terpasang dalam sebuah komputer secara hierarkis, dimulai dari Desktop yang merupakan hierarki tertinggi, sebelum dilanjutkan oleh anak-anak folder miliknya (kandar lokal, kandar jaringan yang telah dipetakan ke dalam kandar lokal, printer, dan komputer-komputer yang berdekatan di jaringan).

Cara Membuka Windows Explorer
Untuk menjalankan windows eksplorer dapat dilakukan dengan beberapa cara:

Tekan tombol logo windows + E maka jendela windows ekplorer akan ditampilkan dengan komputer secara default terpilih pada navigation panel.

Pengertian Windows Explorer
Jendela aplikasi windows explorer pada windows

Tekan start menu kemudian klik computer maka windows explorer akan ditampilkan langkah sebelumnya.

Klik tombol windows eksplorer pada task bar untuk membuka windows eksplorer dengan libraries terpilih pada navigation pane dengan menampilkan semua library yang tersedia (default dan custom) tergantung konfigurasi logon user.

Klik start menu kemudian tekan nama pengguna maka jendela windows ekplorer ditampilkan dengan folder profile pengguna yang sedang logon.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Windows Explorer

0 komentar:

Posting Komentar