Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Jumat, 21 April 2017

Pengertian EEPROM dan Fungsinya

Pengertian EEPROM dan Fungsinya - EEPROM adalah singkatan dari Electrically Erasable Programmable Read Only Memory dan merupakan chip memori tidak-terhapus yang digunakan dalam komputer dan peralatan elektronik lainnya untuk menyimpan sejumlah konfigurasi atau pengaturan data pada komputer dan alat elektronik tersebut yang tetap harus terjaga meskipun listrik dimatikan.

Sementara Random Access Memory (RAM) akan kehilangan datanya setiap kali Anda mematikan komputer Anda, EEPROM tidak memerlukan sumber daya untuk mempertahankan datanya. Dengan demikian, EEPROM biasanya digunakan oleh banyak chip BIOS untuk menyimpan pengaturan sistem. Baca juga: Pengertian BIOS dan Fungsinya
Pengertian EEPROM dan Fungsinya
EEPROM

BIOS adalah singkatan dari Basic Input / Output System. Saat komputer dinyalakan, chip BIOS menjalankan program yang disebut CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) yang menyimpan pengaturan yang memungkinkan komputer mengenali perangkat kerasnya.

Pengguna bisa masuk ke program CMOS saat boot-up untuk memodifikasi setting BIOS.  Pengguna mungkin perlu melakukan settingan ini pada saat mendapatkan hard drive baru. Setelah memodifikasi pengaturan, BIOS akan menyimpan salinan instruksi baru di EEPROM.

Pengembangan EEPROM selanjutnya telah menghasilkan bentuk EEPROM yang lebih spesifik, seperti flash memory. Flash memory lebih ekonomis daripada perangkat EEPROM tradisional, sehingga banyak dipakai dalam perangkat keras yang mampu menyimpan data statik yang lebih banyak (seperti USB flash drive atau flashdisk).

Kelebihan utama dari EEPROM dibandingkan dengan EPROM adalah EEPROM dapat dihapus per blok data tergantung alamat yang diinginkan untuk dihapus secara elektrik. sementara EPROM tidak bisa dihapus per blok data tetapi harus di hapus keseluruhannya dengan sinar menggunakan ultraviolet.

Kekurangan EEPROM adalah lebih lambat dari RAM, namun sangat baik untuk aplikasi seperti menyimpan pengaturan BIOS yang tersimpan. Apabila RAM tidak memiliki batasan dalam hal baca-tulis memori, maka EEPROM sebaliknya. Beberapa jenis EEPROM keluaran pertama hanya dapat dihapus dan ditulis ulang (erase-rewrite) sebanyak 100 kali sedangkan model terbaru bisa sampai 100.000 kali.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian EEPROM dan Fungsinya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar