Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Rabu, 12 April 2017

Pengertian Operator Komputer dan Tugasnya

Pengertian Operator Komputer dan Tugasnya - Seorang operator komputer bertanggung jawab untuk menjaga sistem komputer dan memastikan bahwa semua peralatan beroperasi dengan baik dan lancar. Berbagai tugas yang terkait dengan bidang ini tergantung pada jenis sistem komputer yang digunakan oleh sebuah perusahaan atau organisasi. 

Tugas operator komputer termasuk bekerja dengan sistem mainframe, dengan jaringan komputer pribadi, mengelola database dan memberikan dukungan teknologi. Terkadang operator komputer membantu menganalis sistem atau programmer.

Pengertian Operator Komputer dan Tugasnya
Pengertian Operator Komputer dan Tugasnya
Operator komputer tradisional bekerja di kedua sistem komputer mainframe besar atau jaringan komputer pribadi. Dalam sistem mainframe, komputer pusat rumah semua perangkat lunak dan memori. Sebaliknya, memori, perangkat lunak dan kekuatan pemrosesan berada dalam setiap komputer pribadi individu.

Sistem mainframe yang lebih tua memanfaatkan panel kontrol yang memberitahu operator komputer dari kesalahan. Jika kesalahan diterima, operator melacak dan memecahkan masalah. Di bawah sistem ini, juga tugas operator untuk merekam semua gangguan dalam sistem.

Banyak perusahaan sudah pindah dari menggunakan sistem mainframe untuk menggunakan komputer pribadi. Kemajuan teknologi ikut bertanggung jawab untuk gerakan ini. Program perangkat lunak sekarang dapat melakukan beberapa tugas yang digunakan untuk dicapai oleh operator komputer.

Tugas operator komputer yang berkaitan dengan jaringan komputer pribadi termasuk membantu administrator jaringan. Secara khusus, operator komputer dapat membantu administrator jaringan dalam menghubungkan semua jaringan. Operator komputer juga dapat membantu memastikan bahwa jaringan dan server berjalan dengan benar.

Baca juga: Manfaat Jaringan Komputer
Pengertian Computer Engineering dan Tugasnya
Pengertian Programmer Komputer dan Tugasnya
Jenis lain dari tugas operator komputer adalah me-manajemen database, dukungan jaringan dan dukungan pengguna. Dalam sebuah organisasi kecil dengan beberapa komputer, ketiga tugas ini mungkin diwakili oleh satu posisi. organisasi yang lebih besar cenderung memiliki beberapa orang melakukan tugas operator komputer.

Sebagai manajer database, operator komputer merancang atau membuat perubahan pada database komputer. Operator juga bertanggung jawab untuk merencanakan atau melaksanakan keamanan untuk melindungi sistem komputer. Melestarikan dan mem back up data merupakan bagian penting dari tugas ini.

Seorang operator komputer melakukan dukungan tugas jaringan dan membantu administrator jaringan. Seperti memastikan semua koneksi jaringan berada pada tempat yang benar. Hal ini juga penting untuk memastikan bahwa jaringan dan semua server berjalan dengan lancar.

Sebagai spesialis dukungan pengguna, operator komputer sering bekerja secara langsung dengan karyawan. Seperti membantu untuk menghubungkan komputer pribadi untuk scanner atau printer. Membantu karyawan baru mengatur komputer juga merupakan tugas bersama. Seperti pengaturan komputer dan membantu karyawan baru dengan password secara fisik.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Operator Komputer dan Tugasnya

0 komentar:

Posting Komentar