Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kamis, 26 Oktober 2017

10 Fungsi Physical Layer Jaringan Komputer

10 Fungsi Physical Layer Jaringan Komputer - Physical layer merupakan salah satu bagian dari model referensi OSI, yang terdiri dari 7 lapisan atau. Physical layer, seperti namanya adalah lapisan yang terkait dengan perangkat fisik di jaringan komputer.

Physical layer jaringan komputer itu sendiri memiliki beberapa fungsi yang tentu saja dibutuhkan dalam proses transmisi data di jaringan komputer, berikut beberapa fungsi Physical layer:

10 Fungsi Physical Layer Jaringan Komputer
10 Fungsi Physical Layer Jaringan Komputer


1. Physical layer akan berhadapan langsung dengan perangkat keras jaringan
Fungsi pertama Physical layer adalah lapisan atau lapisan penghubung yang terhubung langsung ke jaringan komputer dengan perangkat keras jaringan komputer.

Dengan berfungsi sebagai link ini, Physical layer adalah lapisan yang membantu menghubungkan semua sistem jaringan yang telah melewati lapisan sebelumnya ke perangkat keras jaringan komputer.

Berikut adalah beberapa jenis perangkat jaringan komputer yang akan terhubung ke Physical layer:

Switch (Pengertian Switch dan Fungsinya)
Hub (Pengertian Hub dan Fungsinya)
Repeater (Pengertian Repeater dan Fungsinya)
Kabel Jaringan (jenis kabel jaringan)
Kartu NIC

2. Physical layer membantu menentukan media transmisi jaringan
Fungsi berikutnya dari Physical layer adalah menentukan media transmisi jaringan. Ya, dalam jaringan atau jaringan, dibutuhkan media menengah yang harus di definisikan terlebih dahulu, sehingga nanti informasi yang mengalir di jaringan bisa diterima di komputer pengguna, dan ditampilkan, sehingga pengguna bisa mengerti isi informasinya.

Tanpa Physical layer, transmisi jaringna tidak akan bekerja dengan baik, karena media yang ditransmisikan tidak dapat didefinisikan, dan pemrogram pengguna tidak dapat memberikan informasi tentang media yang ditransmisikan.

3. Physical layer mendefinisikan metode pensinyalan yang akan digunakan dalam proses transmisi
Selain proses definisi media yang digunakan dalam proses transmisi jaringan, Physical layer juga memiliki fungsi lain, yaitu untuk membantu menentukan metode pensinyalan yang akan digunakan dalam proses transmisi data dalam jaringan.

Dengan begitu, Physical layer akan membantu menentukan bagaimana data dan informasi akan dikirim ke dan melalui jaringan komputer.

Dengan begitu, setiap data dan nantinya informasi akan mudah ditransmisikan, karena sudah ditentukan dulu, baik media, maupun metode yang digunakan untuk mentransmisikan data.

4. Sinkronkan bit data
Fungsi berikutnya dari Physical layer adalah menyinkronkan bit data. Ini berarti bahwa Physical layer akan menyinkronkan data yang ditransmisikan serta data yang diterima, entah itu dari pengirim yang sama, dan juga memiliki isi yang sesuai dari apa yang telah dikirim sebelumnya.

Ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk memastikan bahwa data yang akan diterima atau dikirim sesuai, dari konten, format, ke bagian bit yang telah dikirim dalam jaringan.

5. Lakukan aplikasi topologi jaringan komputer yang digunakan
Fungsi selanjutnya dari Physical layer adalah dengan menerapkan topologi jaringan yang digunakan pada jaringan.

Seperti kita ketahui, jaringan komputer harus memiliki topologi yang membantu proses transmisi data agar berjalan lancar dan juga normal. Dengan Physical layer, proses transmisi data akan berjalan dengan baik, dan penerapan topologi jaringan komputer akan menjadi lebih optimal.

Artikel terkait:

Bintang topologi
Topologi ring
Pohon topologi
Topologi bus
Topologi mesh

6. Mendefinisikan Kartu LAN
Physical layer juga memiliki tugas yang tak kalah pentingnya, yaitu membantu mendefinisikan Kartu LAN yang digunakan dalam jaringan komputer. Karena itu adalah lapisan atau lapisan yang berhubungan dengan perangkat keras jaringan komputer, maka tentunya NIC atau LAN Card juga terkait dengan physical layer.

7. Physical layer ini mampu berkomunikasi secara langsung dengan berbagai jenis media transmisi
Fungsi lain dari Physical layer adalah berkomunikasi secara langsung dengan berbagai jenis media transmisi. Setiap media transmisi terhubung ke jaringan, semuanya akan melewati Physical layer.

8. Physical layer menentukan persyaratan listrik, prosedural dan fungsional dari jaringan komputer
Physical layer, selai yang terkait dengan berbagai jenis perangkat keras jaringan komputer, juga memiliki fungsi lain untuk mengetahui kebutuhan jaringan, seperti kebutuhan akan listrik di jaringan, kebutuhan prosedural dan juga persyaratan fungsional jaringan komputer sebuha yang diterapkan.

9. Dapat melakukan proses melumpuhkan hubungan fisik antar sistem
Bila kita akan menghubungkan komputer dengan jaringan, maka kita membutuhkan sebuah proses untuk mengaktifkan dan juga mematikan hubungan fisik. Untuk melakukan proses melumpuhkan hubungan fisik antar sistem ini, maka di gunakan suatu proses yang melibatkan kemampuan Physical layer.

10. Lakukan proses transfer bit antar perangkat atau alat
Physical layer juga berfungsi untuk melakukan proses transfer bit yang berada atau ditransmisikan melalui jaringan, antar perangkat atau antar alat yang ada. Dengan demikian, setiap bit transfer dalam jaringan, ia melewati semua lapisan yang kita kenal dengan nama Physical layer ini.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Fungsi Physical Layer Jaringan Komputer

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar