Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Rabu, 25 Oktober 2017

10 Kelebihan dan Kekurangan Email Berbasis Web

10 Kelebihan dan Kekurangan Email Berbasis Web - Email awalnya mulai digunakan pada 1970-an dan ditemukan oleh Ray Tomlinson pada akhir 1971. Ray Tomlinson yang pada saat itu bekerja untuk Bolt Beranek dan Newman atau disingkat "BBN" milik badan pertahanan Amerika Serikat.

Sebagai sesuatu yang kita pakai setiap hari, email pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan email:

Kelebihan Email

10 Kelebihan dan Kekurangan Email Berbasis Web
email

1. Cepat
Pesan yang dikirim via email bisa sampai hitungan menit atau bahkan detik tergantung kecepatan koneksi internet. Penerima bisa langsung membaca pesan yang dikirim melalui email meski lokasinya terpisah ribuan kilometer dari pengirim.

Hal ini dimungkinkan karena pesan email dikirim menggunakan jaringan internet. Jaringan internet di dunia saat ini terhubung satu sama lain dengan koneksi serat yang sangat cepat.

2. Murah
Buddy IT dosen yang pernah mengirim surat melalui pos, harus tahu betul biaya yang dikeluarkan untuk mengirim pesan melalui media pos. Begitu pengiriman melalui pos, uangnya harus dikeluarkan minimal 5000 rupiah tergantung jarak dan juga kecepatan pengiriman pos yang diinginkan.

Ini sangat berbeda jika kita mengirim pesan menggunakan email. Pengguna yang ingin memiliki email pribadi memiliki akses akses modal yang cukup dengan internet.

Banyak sekali penyedia email gratis yang bisa memberikan kemampuan untuk mengirim, membaca, dan menyimpan email dengan kapasitas sangat besar sekitar 15GB untuk Gmail. Semua layanan mulai dari mengirim email, menerima email, dan menyimpan email bisa didapatkan secara gratis.

Baca juga:
Cara Membuat Email
Pengertian Email dan Fungsinya
Penyedia Layanan Email Gratis
Jenis Jenis Email
Cara Mengirim File Lewat Email


3. Praktis
Bagi yang telah mengirim surat lamaran kerja melalui media email harus merasakan perbedaan yang sangat signifikan dalam penggunaan email. ya benar, sangat praktis Kita bisa memasukkan foto, kartu identitas, CV, diploma, dll tanpa harus mencetak dokumen.

Kami juga tidak membutuhkan antrian panjang di kantor pos untuk mengirim surat lamaran. dan yang terpenting data yang kami kirim, tersimpan rapi di halaman direktori email kami. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan lagi, dokumen tersebut dapat dengan mudah dimasukkan kembali untuk pengiriman email ke alamat lain.

4. Aman
Khawatir surat Anda dicuri dan dibaca oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab? tenang saja, email bisa diamankan dengan menggunakan password kita sendiri.

teknologi pengiriman email saat ini juga memastikan bahwa email kami dienkripsi dan hanya dapat dibaca oleh penerima email yang kami urus. Pengiriman surat pos biasa berisiko terkena surat curian di kotak pos atau saat melahirkan. Hal ini tentu bukan apa yang kita inginkan terjadi.

5. Rapi
Email yang kami kirim akan tersimpan dengan aman di media penyimpanan yang disediakan oleh penyedia layanan email. Kita juga bisa mengurutkan email sesuai tanggal masuk, pengirim, dan juga parameter lainnya.

Bahkan email yang masuk ke inbox kami bertahun-tahun yang lalu kita bisa mencari dengan kata atau isi di email, atau tanggal kepercayaan. Sangat rapi bila dibandingkan dengan menggunakan postingan yang belum tentu hurufnya bisa utuh setelah bertahun-tahun.

Kekurangan email

1. Bergantung pada koneksi internet
Bila tidak memiliki akses koneksi internet. seseorang tidak bisa mengirim, atau membaca email Ini adalah batasan bagi seseorang yang tinggal di daerah dengan koneksi internet minimal.

Jika kita memiliki koneksi internet yang lambat maka ada kemungkinan pesan yang kita kirim akan lama diupload ke server dan menyebabkan lamanya proses pengiriman email. Bahkan jika koneksi internet kita sangat lambat.

Akan ada kemungkinan email kita gagal dikirim ke penerima. Hal ini juga berlaku untuk pemberitahuan penerimaan email. Jika koneksi kita sangat lambat. kita akan terlambat untuk menerima email email baru sehungga email yang telah kita capai sudah lama tunda.

2. Bergantung pada perangkat keras untuk mengakses surat
Jika sewaktu-waktu hardaware kita menjadi tablet, komputer, atau laptop bermasalah. Kita tentu tidak bisa menggunakan email. Ini akan sangat sulit bagi kita, jika pada saat kita membutuhkan email, kita tidak bisa menggunakannya. Saat itu kita akan merasa bahwa menggunakan postingan akan lebih baik.

3. Tidak semua orang bisa menggunakan email
Bagi mereka yang pernah bertemu orang yang sama sekali tidak tahu tentang email apa, baik itu orang tua, bos, atau teman kita. Kita harus sadar, masih ada beberapa orang yang masih belum tahu email apa dan bagaimana cara menggunakannya.

Hal ini membuat kita tidak dapat bergantung pada email kapan saja. misalnya masih ada perusahaan yang ingin calon pekerja menyerahkan dokumen lamaran kerja menggunakan surat biasa dan tidak memberikan pilihan alternatif untuk mengirimkan lamaran kerja menggunakan email.

Itulah pembahasan saya tentang kelebihan dan kekurangan email. Sebagai catatan, kelebihan dan kekurangan email ini saya tulis berdasarkan pengalaman dan pendapat saya sendiri.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Kelebihan dan Kekurangan Email Berbasis Web

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar