Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Senin, 23 Oktober 2017

12 Penyebab Printer Macet dan Cara Mengatasinya

12 Penyebab Printer Macet dan Cara Mengatasinya - Printer adalah salah satu perangkat keras komputer yang memiliki fungsi mencetak dokumen dari komputer ke kertas media atau sejenisnya. Dengan menggunakan printer kita bisa mencetak berbagai laporan, gambar, sampai foto.

Jenis printer yang paling banyak digunakan akhir-akhir ini adalah printer inkjet (baca: keunggulan printer laser daripada inkjet). Printer inkjet dicetak dengan menyemprotkan tinta dari kartrid ke kertas atau media cetak lainnya.

Anda tidak boleh langsung menyentuh hasil cetak, karena mencetak menggunakan printer inkjet memerlukan beberapa saat sebelum tinta mengering.

Di bagian kepala catridge, ada lubang kecil berdiameter kurang dari 0,1 milimeter. Melalui lubang ini tinta disemprotkan. Lubang ini sangat kecil, sehingga seringkali ada penyumbatan.

Biasanya penyumbatan disebabkan oleh tumpukan tinta kering. Penyumbatan ini menyebabkan tinta yang keluar tidak stabil, sehingga percetakan akan putus atau bahkan tidak bisa alias tidak bisa cetak (baca juga: cara mengatasi kesalahan printer).

Selain masalah yang dijelaskan di atas, masih banyak masalah lain yang membuat printer tidak bisa mencetak atau macet. Pada artikel ini saya akan membahas tentang penyebab kemacetan printer dan cara mengatasinya untuk membantu Anda yang sedang mengalami masalah pada printer, atau sebagai rujukan untuk meningkatkan pengetahuan Anda.

Baca juga:
Tips Memilih Printer yang Bagus dan Murah
Cara Mengatasi Printer Bergaris-garis Saat Mencetak

12 Penyebab Printer Macet dan Cara Mengatasinya
12 Penyebab Printer Macet dan Cara Mengatasinya

1. Printer Masih Dalam Dead State
Penyebab pertama yang perlu Anda periksa saat komputer Anda macet dan tidak bisa mencetak adalah printernya masih mati. Jika printer memang mati, tentu saja printer tidak akan bisa mencetak.

Periksa catu daya di rumah, apakah itu on atau off, lalu periksa stopkontak apakah kondisinya baik (arus listrik) atau tidak. Periksa juga kabel daya yang terhubung ke printer, dan pastikan tombol daya printer aktif (Aktif).

2. Sambungan Printer ke Komputer Terputus
Lepaskan sambungan printer dapat disebabkan oleh printer kabel USB yang menghubungkan printer dengan masalah komputer (kabel data). Periksa kabel USB yang menghubungkan printer ke komputer, apakah kabel data dalam keadaan baik atau tidak.

Periksa kembali kabel data, pastikan sudah terpasang dengan benar. Anda bisa mencoba menggunakan kabel data lain untuk melihat apakah kabel data bermasalah atau tidak.

3. Masalah driver printer
Driver printer yang bermasalah dapat menyebabkan masalah dalam proses pengiriman data dari komputer ke printer, sampai terputusnya koneksi printer. Pastikan dulu driver printer terpasang, karena jika penyelam tidak terpasang, printer tidak akan dapat digunakan.

Setelah itu cek kondisi driver, dengan mencoba menjalankan software. Anda bisa mencoba menginstall ulang driver untuk memastikan driver driver yang terpasang tidak bermasalah (lihat juga cara mengatasi printer not responding).

4. Tinta keluar
Jika tinta habis, printer tidak dapat mencetak dokumen. Printer masih akan berjalan, tapi bukan nada tulisan atau gambar yang tercetak di atas kertas. Ingat saat terakhir Anda mengisi tinta, isi ulang jika Anda merasa tinta hilang.

Untuk lebih pasti anda bisa mengecek tinta catrige, jika head catride tinta kering sudah habis. Jika Anda menggunakan tinta infus maka akan lebih mudah untuk memeriksa, cukup dengan melihat isi kartrid tinta printer Anda. Anda harus mengisi ulang tinta sebelum habis, saat konten tinta sekitar 20% membuat catridge lebih awet.

Baca juga: Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar

5. Catridge tidak terpasang dengan benar
Catridge yang terpasang dengan benar akan menyebabkan printer macet dan tidak berfungsi. Untuk memperbaiki ini, Anda harus membuka catridge dan memasangnya kembali, pastikan kartrid terpasang dengan benar.

6. Kawat kotor - pembersih kepala
Printer kotor akan menyebabkan garis-garis cetak (baca: cara mengatasi garis cetak) atau putus, untuk memperbaikinya Anda bisa mencoba melakukan pembersihan kepala terlebih dahulu.

Cara menjalankan aplikasi perawatan printer di komputer, lalu klik kepala pembersih. Lakukan pembersihan dua atau tiga kepala, lalu periksa hasilnya.

Jika masih belum terselesaikan, coba lepaskan catridge dari printer, dan lakukan pembersihan kepala catridge secara manual dengan menyekanya dengan tisu bersih.

7. Kering tinta
Tinta kering akan membuat penyumbatan semprotan tinta di kepala catridge. sehingga printer macet atau gagal mencetak dokumen. Untuk mrngatasinya anda coba melakukan deep cleaning terlebih dahulu, atau menanganinya secara manual.

Untuk memperbaiki ini secara manual, lepaskan catridge dari printer. Berhati-hatilah untuk tidak memegang chip pada catridge (lihat juga: penyebab dari printer bergaris).

Siapkan air hangat dalam mangkuk, lalu celupkan ujung catridge ke dalamnya. Jangan sampai air menyentuh chip. Kemudian kocok catridge sampai tinta di atas catridge meleleh.

Lakukan ini beberapa kali menggunakan air baru (ganti airnya). Setelah itu angkat dan keringkan catridge dengan tissue bersih atau kain. Pastikan kartrid benar-benar kering sebelum memasangnya kembali di printer.

8. Catridge tidak terdeteksi (rusak)
Jika catridge tidak terdeteksi bahkan setelah mencoba membersihkan seperti yang dijelaskan di atas, kemungkinan catridge rusak. Untuk mengatasinya sebaiknya ganti dengan catridge baru (baca juga: cara memperbaiki cartridge).

9. Printer melebihi batas cetak (harus di reset)
Printer memiliki batas jumlah pencetakan, batas ini diatur oleh produsen printer karena beberapa alasan. Jika sudah melampaui batas yang ditentukan, printer akan macet dan tidak akan tercetak lagi. Untuk mengatasinya Anda bisa mencoba mereset printer dengan menggunakan software resetter yang banyak tersedia di internet.

Baca juga: cara mengatasi printer offline

10. Paper Jam
Paper jam disebabkan oleh kertas atau benda lain yang membawa ke dalam printer. Untuk mengatasinya Anda harus mengeluarkan kertas yang macet.

Pertama matikan printer dan lepaskan kabel daya dan kabel data yang terhubung ke printer. Buka penutup atas atau penutup printer, lalu buka pemisah kerta.

Pegang kertas tersumbat dan tarik perlahan sampai semua bagian kertas keluar. Kembalikan separator kertas ke posisi semula, lalu ganti penutup atau kotak printer. Penanganan kertas biasanya terjadi bila kertas dalam keadaan curl atau menempel pada kertas lain.

11. Kertas dimuat terlalu banyak, atau tebal.
Printer memiliki batas jumlah kertas yang dimasukkan ke dalamnya. Jika kertas terlalu banyak, gulungannya akan sulit menarik kertas karena kertasnya terlalu padat.

Untuk mengatasinya sebaiknya kurangi jumlah kertas yang dimuat. Kertas yang terlalu tebal juga bisa menyebabkan gulungan atau roda penarik kertas tidak bisa menarik kertas.

Bisa jadi karena kekuatan roll kurang atau karena ruang yang tidak mencukupi pada printer. Untuk mengatasinya gunakan kertas yang lebih tipis.

12. Roll penarik kertas rusak
Kemacetan printer juga bisa disebabkan oleh pecahnya gulungan atau roda penarik kertas atau karena gangguan yang menyebabkan kemampuan rolling melemah.

Untuk memperbaiki cek pertama ini dulu apakah ada gangguan pada roll, misalnya ada objek yang terlibat dalam roda penggerak, sehingga roda tidak bisa bekerja.

Anda dapat memeriksanya dengan membuka penutup printer, dan memeriksa saluran masuk dan keluar. Perhatikan juga apakah ada kerusakan pada gulungan, misalnya hook rusak atau lainnya. Jika gulungannya rusak, mau tak mau Anda harus menggantinya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 12 Penyebab Printer Macet dan Cara Mengatasinya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar