Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Rabu, 25 Oktober 2017

5 Aplikasi Wifi Untuk Laptop dan PC

5 Aplikasi Wifi Untuk Laptop dan PC - WiFi atau Wi-Fi adalah teknologi yang digunakan untuk koneksi nirkabel pada jaringan area lokal (LAN, Local Area Network atau W-LAN, Wireless-LAN), Wi-Fi adalah nama teknologi sebenarnya diambil dari slogan yang berbunyi seluruhnya "The Standard for Wireless Fidelity".

Penggunaan teknologi nirkabel dengan WiFi di jaringan lokal lebih praktis daripada kabel, jadi layanan internet di tempat umum seperti kafe, sekolah dan bahkan taman kota umumnya menggunakan jaringan nirkabel, kita sering menyebut mereka "area hotspot", sehingga pengguna dapat dengan mudah terhubung ke jaringan dengan perangkat yang mendukungnya (misalnya laptop atau smartphone).

Untuk penggunaan pribadi, pengguna smartphone juga bisa berbagi (sharing) koneksi dari perangkat smartphone dengan laptop, di smartphone Android yang dikenal dengan "Tethering & Portable Hotspot", dengan fasilitas itulah smartphone yang terhubung ke internet (dengan mobile data seluler) bisa bertindak sebagai router nirkabel hotspot yang berbagi koneksi dengan perangkat lain seperti laptop.
5 Aplikasi Wifi Untuk Laptop dan PC
5 Aplikasi Wifi Untuk Laptop dan PC

Lantas bagaimana jika laptop tersebut terhubung ke internet dan ingin membaginya dengan perangkat lain seperti laptop atau smartphone? Sebenarnya sistem operasi Windows 10 dilengkapi dengan fasilitas untuk sharing koneksi internet secara wireless, dalam artian laptop bisa dijadikan hotspot wireless router, namun fiturnya terbatas, untuk itu saya sampaikan pembahasan tentang aplikasi WiFi untuk laptop. sebagai berikut:

1. Connectify
Connectify adalah aplikasi berbayar atau ware, namun pengembang Connectify menyediakan versi gratis dengan beberapa batasan layanan, namun meski fiturnya tidak lengkap pro versi, aplikasi ini sangat mumpuni untuk berbagi koneksi via adaptor WiFi.

Baca juga:
Pengertian Wifi dan Fungsinya
Cara Daftar Wifi Id
Cara Memblokir Pengguna Wifi
Cara Membatasi Kecepatan Wifi
Aplikasi Penangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh

2. MaryFi
MaryFi adalah aplikasi gratis (free ware), antarmuka minimalis dan sederhana agar aplikasi ini cenderung user friendly sehingga mudah dioperasikan oleh orang awam sekalipun, MaryFi juga bisa digunakan sebagai pengulang WiFi (menerima sinyal dari modem nirkabel ke kembali menyebarkan sinyal ke adaptor WiFi di komputer).

3. MyPublicWiFi
MyPublicWiFi juga merupakan aplikasi ware gratis yang mendukung komputer dengan arsitektur x86 (32-bit) dan x64 (64-bit), dengan aplikasi ini Anda dapat membuat "Jaringan WiFi" dengan keamanan atau "jaringan terbuka", namun Anda tetap dapat melihat siapapun yang terhubung ke jaringan Anda bahkan jika Anda membuat jaringan terbuka.

Yang menarik dari MyPublicWiFi adalah fitur Logging URL, jadi Anda tahu daftar situs dan rincian lainnya yang diakses oleh pengguna selama sesi Jaringan WiFi terbuka, dengan aplikasi ini Anda dapat berbagi koneksi internet di laptop Anda dengan perangkat lain.

4. mHotspot
mHotspot adalah aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk sharing koneksi internet ke perangkat lain via koneksi wireless yaitu aplikasi untuk membuat koneksi hotspot mudah digunakan, cukup pilih nama hotspot, password, sumber koneksi internet dan jumlah maksimal klien. mHotspot bekerja pada Windows 7 dan 8.

Fitur MHOTspot (dalam adaptasi situs resmi):
Sambungkan hingga 10 perangkat ke hotspot

Anda dapat mengatur nama hotspot Anda sendiri tanpa batasan (aplikasi lain seperti versi Connectify gratis hanya memungkinkan Anda menyetel nama hotspot dengan Connectify- prefix)
Berbagi berbagai jenis koneksi internet (seperti LAN, Ethernet, 3G / 4G, WiFi, dll.)

Bisa diakses oleh smartphone Android, iPad, PDA, Tablet PC dan berbagai perangkat lainnya.

Melihat rincian perangkat yang terhubung (Nama, Alamat IP dan MAC Address, aplikasi lain seperti aplikasi Windows 10 default hanya menampilkan MAC Address dari perangkat yang terhubung ke hotspot)

Baca juga: Pengertian MAC Address dan Fungsinya

Melihat penggunaan data (Kecepatan Upload dan Download, serta Kecepatan Transfer Rata-rata)
Dilengkapi dengan fitur keamanan password WPA2 PSK untuk mengamankan hotspot nirkabel Anda.

Tetapkan jumlah perangkat yang dapat terhubung ke hotspot nirkabel Anda (hingga 10 perangkat)
Perluas cakupan / cakupan area WiFi (dengan bertindak sebagai pengulang)
Bekerja pada Windows 7, 8 / 8.1 dan 10

5. My WIFI Router
WIFI Router saya adalah aplikasi gratis (free ware) yang bisa digunakan untuk membuat laptop sebagai router nirkabel, mirip dengan aplikasi sejenis lainnya, aplikasi ini berjalan dengan baik pada laptop dengan sistem operasi Windows XP, Vista, 7 dan 8 / 8.1 baik Dengan arsitektur x86 (32 bit) atau x64 (64 bit), sayangnya aplikasi ini tidak mendukung sistem operasi Windows 10.

Fitur menarik yang bisa Anda temukan di My WiFi Router meliputi:

Batasi kecepatan perangkat yang terhubung.
Mem - blok (daftar hitam, daftar hitam)
Ganti nama panggilan untuk setiap perangkat yang terhubung.
Batasi jumlah perangkat yang bisa terhubung.

Selain itu, WIFI Router saya memiliki fitur untuk berbagi video lokal (yang ada di hard drive laptop) melalui koneksi nirkabel, sehingga video pada hard drive laptop dapat dialirkan dari perangkat lain yang terhubung, sangat mudah dan sederhana.  sementara mengaktifkan fitur Share Video, Anda akan diberi IP Address, masukkan (ketik) IP Address pada web browser pada perangkat client (yang akan mengalirkan video dari hard drive laptop), dan video akan diputar. Di web browser seperti Youtube, yang menarik kan?
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Aplikasi Wifi Untuk Laptop dan PC

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar