Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kamis, 26 Oktober 2017

5 Jenis SSL Website (Security Sockets Layer)

5 Jenis SSL Website (Security Sockets Layer) - Setiap pengguna internet menginginkan jaminan keamanan yang terkait dengan data penting atau informasi sensitif lainnya. Kita tahu bahwa internet bukan hanya sarana untuk bertukar informasi tapi juga bertransaksi jual beli untuk menyimpan uang pundi-pundi uang di dalamnya.

Apalagi, saat ini tidak sedikit tangan yang tidak bertanggung jawab, seperti hacker, yang menyalahgunakan keterampilan IT mereka untuk menyakiti orang lain dengan mencuri data penting sehingga merugikan pemiliknya.

Untuk itu penting untuk memperhatikan fitur keamanan sebuah web yang salah satunya berupa SSL. Jika Anda tidak terbiasa dengan apa itu SSL dan seluk beluknya, artikel ini akan mengambil poin penting yang dapat menambahkan wawasan tentang SSL dan juga jenisnya.

5 Jenis SSL Website (Security Sockets Layer)
5 Jenis SSL Website (Security Sockets Layer)


Sekilas tentang SSL
Dilihat dari definisinya, SSL adalah protokol jaringan yang digunakan untuk semua jenis transaksi melalui media internet. SSL dapat mengubah protokol transport seperti TCP menjadi saluran komunikasi yang aman dan nyaman dalam bertransaksi dengan memanfaatkan Internet Banking, Paypal, dan lain-lain.

Keamanan dalam transaksi dapat dibuat dengan kombinasi kiptografi, baik kunci simetri atau kunci publik beserta infrastruktur sertifikat.

Sertifikat yang dimaksud disini adalah satu set data identifikasi dengan format standar. Data diperlukan dalam verifikasi identitas suatu entitas (misal web server) di internet.

Di SSL ada otentikasi, di antaranya untuk sisi client dan juga untuk sisi server, ditujukan pada pihak-pihak yang saling berkomunikasi satu sama lain.

Disini SSL berfungsi untuk mengamankan koneksi dua titik dan tidak ada yang bisa melakukan sesuatu yang merusak seperti mengakses informasi sensitif (Paypal, rekening bank, penggunaan internet banking dan lain-lain).

Ada juga saluran komunikasi yang aman yang tidak memerlukan pertemuan antara kedua pihak saling berkomunikasi untuk saling bertukar kunci.

Fungsi SSL yang terkait dengan komunikasi aman sebenarnya serupa dengan fungsi TCP yang berlaku untuk komunikasi normal, dengan menyediakan fitur komunikasi standar di mana aplikasi dapat dengan mudah menggunakannya dan hampir tidak terlihat.

Dalam hal ini SSL menyediakan komponen vital dari sebuah sistem dengan jaminan keamanan. Infrastruktur otentikasi dasar seperti Telnet atau HTTP dasar akan sangat hebat jika dijalankan dengan menggunakan SSL daripada TCP, yang di SSL tidak ada kata sandi dalam format plaintext.

Dienkripsi oleh SSL adalah koneksi, bukan data kedua belah pihak saling berkomunikasi dan tidak mengandung otentikasi mekanisme otentikasi pengguna dan proteksi password.

Jenis SSL untuk Keamanan Situs Anda
Keamanan situs web adalah suatu keharusan bagi setiap pengguna situs dan blog. Salah satu cara untuk mengamankan situs Anda adalah dengan menggunakan SSL sebagai keamanan berlapis untuk situs web Anda.

Apalagi bagi anda yang suka mengakses email dengan menggunakan koneksi internet tidak aman seperti wifi atau jaringan yang tidak dienkripsi tentunya account anda lebih rentan dibajak. Oleh karena itu, jenis SSL yang perlu Anda kenali sehingga beberapa tipe berikut ini familiar bagi Anda:

1. Sertifikat SSL Bersama
Jenis SSL pertama adalah Shared SSL Certifikate yang disediakan gratis untuk beberapa web hosting.  (baca juga: pengertian hosting dan contohnya) Karena itu adalah sejenis sertifikat bersama, tentu jenis ini tidak spesifik ke website anda. Dengan demikian, Anda tidak bisa menggunakan nama domain sendiri tapi nama domainnya adalah Shared Certificates yang akan Anda gunakan.

2. Domain Sertifikat SSL yang telah divalidasi
Jenis SSL berikutnya adalah Domain Sertifikat SSL yang Tervalidasi. Jenis ini banyak digunakan dalam memvalidasi status kepemilikan domain pengguna internet sehingga sangat populer bagi para blogger.

Yang perlu diperhatikan disini bahwa data yang digunakan harus sesuai dengan data domain yang tercantum di WHOIS agar keamanan pengunjung bisa terjamin. Sertifikat satu ini adalah untuk siapa saja yang ingin membuat website terlihat bonafide dan profesional.

Untuk bisa memilikinya Anda tidak perlu lagi berkorban karena harganya yang murah dan sangat terjangkau ditambah setup yang sangat mudah. Belum lagi jika Anda memanfaatkan hosting di Host IDCloud, dijamin urusan Anda akan difasilitasi berkat tersedianya pengelola SSL / TLS di cPanel usernya.

3. Validasi Organisasi Sertifikat SSL
Jenis SSL berikutnya adalah Sertifikat SSL Validasi Organisasi atau disingkat OV. Jenis ini sering digunakan dalam verifikasi organisasi / badan usaha dari nama domain yang sertifikatnya didaftarkan.

Untuk memperlancar prosesnya, dokumen legalitas yang diperlukan untuk organisasi / bisnis harus tersedia dalam format pemindaian asli dan juga harus terdaftar di badan hukum negara kami, Indonesia. Dalam hal ini penerbit sertifikat harus mendaftar di sisminbakum.go.id.

Jadi, jika perusahaan Anda berbentuk CV dan perorarngan yang hanya dipersenjatai SIUP / SITU, ini belum cukup. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan tagihan telepon dengan nama bisnis Anda saat rekening bank Anda atas nama bisnis.

Cara ini memang agak sedikit rumit, namun ini merupakan jaminan keamanan dari pengunjung situs Anda sehingga kerugian akibat kecurangan oleh perusahaan ilegal bisa dikurangi serendah mungkin. Jenis SSL sering ditemukan di E-Commerce dan E-Business sebagai jaminan keamanan.

Baca juga: Pengertian E-commerce dan Manfaatnya

4. Extended Validation Sertifikat SSL
Tipe berikutnya adalah Extended Validation SSL Certificate atau disingkat dengan EV. Bila Anda memerlukan sertifikat keamanan yang menyoroti kepercayaan dan keamanan perusahaan yang tinggi, berikut adalah fungsi dari sertikat EV dengan catatan pemenuhan persyaratan pada OV.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh sertifikat EV adalah hijau di Address Bar yang ditampilkan oleh browser pengunjung situs Anda.

Tidak hanya itu, Site Seal atau logo akan melengkapi situs resmi EV Anda. Di sinilah link yang mengarahkan pengunjung ke halaman yang berisi validasi perusahaan dan menjelaskan bahwa keamanan perusahaan Anda dijamin melakukan transaksi, terutama bagi yang menggunakan kartu kredit.

5. Multi Domain Sertifikat SSL
Dari beberapa jenis yang telah dijelaskan di atas, masih ada satu lagi jenis SSL yang terakhir adalah Multi Domain SSL Certificate. Di dalam seritifikat ini terdapat unsur Multi Domain yang berarti hanya dengan satu serfikat, penggunaannya termasuk banyak domain.

Sebagai contoh, SSL Multi Domain Comodo Positive dapat diterapkan pada 100 domain yang Anda miliki. Secara default, diperbolehkan agar Anda menggunakannya di 3 domain sedangkan maksimum 97 domain tambahan (Domain Addons) memerlukan biaya tambahan.

Baca juga: Nama nama domain negara

Jumlah maksimum domain bergantung pada penerbit, beberapa di antaranya bersifat default sedangkan beberapa lainnya dapat ditambahkan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Jenis SSL Website (Security Sockets Layer)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar