Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Senin, 30 Oktober 2017

7 Tips Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama

7 Tips Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama - Memiliki kesibukan atau pekerjaan yang berkaitan dengan dokumen pencetakan harus menggunakan Printer. Tapi terkadang ada masalah atau kerusakan yang terjadi pada Printer, entah karena usia printernya atau karena minimnya perawatan pada printer. Lalu bagaimana cara membiarkan printer awet dan awet?

Berikut adalah beberapa Tips merawat printer atau Cara Merawat Printer Tahan Lama dan Tahan Lama yang bisa dilakukan teman saya sendiri:


Tips Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama

7 Tips Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama
7 Tips Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama

1. Gunakan Printer Secara Teratur
Cobalah untuk menggunakan printer secara teratur dan teratur. Karena dengan merawat printer secara teratur dapat menjaga tinta printer tetap mengalir dan membasahi nosel tinta dimana tinta.

Diameter nosel yang sangat kecil cenderung mengalami kebuntuan karena tinta tidak mengalir karena kering dan menyumbat, sehingga mengakibatkan head cartridge rusak (harganya hampir sama dengan membeli printer baru).

Baca juga: Tips Memilih Printer yang Bagus dan Murah
Cara Memperbaiki Printer Epson dengan Mudah

Jaga printer secara teratur dan seminggu sekali untuk menguji printer dengan mencetak gambar yang memiliki banyak warna.

2. Menjaga Kebersihan Printer
Selain menjaga performa Printer, bersihkan printer secara berkala juga, setidaknya setiap dua minggu atau sesuaikan seberapa sering menggunakan Printer.

Jauhkan printer dari debu, gunakan perisai printer dengan plastik atau kain atau debu atau serangga yang tidak mudah masuk.

3. Ganti / Reffil Printer Ink
Segera isi / isi ulang tinta printer kalo udah sudah mau kehabisan, jangan sampai kekurangan tinta yang terkadang membuat Printer menyukai kesalahan. Saat mengganti cat tinta bagian catridge karena sangat sensitif, jangan menyentuh bagian listrik catridge dengan jari, bersihkan dengan tissue halus. Cara ini akan tahan lama dan tahan lama terhadap catridge head printer.

4. Matikan Printer bila Tidak Digunakan
Setelah menggunakan printer, jangan lupa mematikannya. Matikan printer dengan benar dengan menekan tombol daya (on / off) yang telah tersedia. Jangan matikan printer dengan mencabut kabel listrik langsung dari stopkontak.

Karena dengan menekan tombol power, maka printer secara otomatis akan melakukan permukaan pembersihan kepala sebelum parkir di tempat.

5. Gunakan Kertas Bersih
Coba gunakan kertas bersih saat mencetak rendah pada Printer. Karena jika menggunakan kertas kotor dan berdebu akan mencemari gulungan penarik kertas, dan seiring waktu akan menyebabkan keausan cepat yang akhirnya bisa rusak. Efeknya adalah printer tidak bisa menarik kertas.

6. Cara Mencetak
Selain harus menggunakan kertas yang mengeluh, bila Anda ingin mencetak dokumen / foto dan menjalankan printer, pastikan untuk menggunakan kertas halus dan masukkan kertas dengan rapi. Karena kertas yang rapi atau dilipat kertas bisa merusak roller pada printer.

7. Matikan Komputer Apabila Gagal Mencetak
Jika misalnya mengalami kegagalan saat mencetak, segera matikan printer, kemudian lakukan proses pembersihan pada menu printer yang terpasang di komputer atau laptop.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Tips Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar