Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Rabu, 25 Oktober 2017

Cara Mengatur Bandwidth Paling Mudah

Cara Mengatur Bandwidth Paling Mudah - Wifi adalah infrastruktur nirkabel yang memungkinkan berbagai perangkat terhubung tanpa menggunakan kabel (wireless). Perangkat yang terhubung sendiri Berbagai jenis, mulai dari ponsel cerdas, tablet, laptop, modem, dan PC desktop (melalui adaptor nirkabel).

Untuk media nirkabel itu sendiri memerlukan perangkat nirkabel yang menghubungkan berbagai perangkat nirkabel agar dihubungkan.

Memanfaatkan wifi itu sendiri Dapat kita lihat kebanyakan ada di modem broadband yang digunakan di rumah, yaitu router nirkabel yang disematkan untuk berbagi koneksi internet ke berbagai perangkat yang ada, alat yang digunakan untuk berbagi akses internet ke perangkat lain biasa disebut Hotspot.

Penggunaan WIFI sendiri jika tidak terkontrol akan mengakibatkan penggunaan bandwidth yang tidak stabil, bandwidth akan tersedot ke PC tertentu yang cenderung menggunakan lebih banyak sumber daya, akhirnya PC baru "mendapatkan" akses WIFI akan mendapatkan kapasitas bandwidth yang lebih kecil, sehingga bandwidth bisa dibagi ke semua klien atau PC yang menggunakan akses internet via WIFI, perlu ada aplikasi yang mengatur manajemen bandwidth. Pada artikel ini akan dibahas Tutorial membagi akses wifi.

Cara Mengatur Bandwidth Paling Mudah
Cara Mengatur Bandwidth Paling Mudah


Baca juga:
Cara daftar Wifi Id
Pengertian Wifi dan Fungsinya
Pengertian Bandwidth dan Fungsinya
Fungsi Bandwith dalam Jaringan Komputer


1. Tanpa Bantuan Perangkat Lunak
Panduan berikut untuk mengelola bandwidth tanpa menggunakan bantuan perangkat lunak, dengan menggunakan alat konfigurasi di Windows.

Persiapan :
1. Windows OS 7
2. Akses Wifi
3. Akses panel kontrol (login sebagai Administrator)

Tahapan:
1. Bukan kotak dialog dengan menekan tombol Windows + tombol R dan ketik gpedit.msc, lalu Enter

2. Di kotak dialog Editor Kebijakan Grup Lokal, di panel kiri, buka folder berikut: Konfigurasi Komputer> Template Administratif> Jaringan> Penjadwal Paket QoS

3. Di panel sebelah kanan, klik dua kali pada bagian bandwidth reservoir Limit, lalu pilih Enable radio dan setel berapa kecepatan yang ingin dilimit dengan memberikan nilai pada bagian Bandwidth dalam persentase persen (%), maka persentase yang tersisa akan digunakan oleh PC Anda dan persentase yang ditetapkan adalah persentase yang akan dibagi dengan klien.

4. Setelah selesai tutup semua kotak dialog, kemudian restart PC, dan coba restart aktivitas Internet baik di PC dan PC yang padat bandwidth.

2. Dengan Bantuan Perangkat Lunak
Panduan berikut untuk mengelola penggunaan bandwidth dari perangkat lunak P2POver pihak ketiga, aplikasi pihak ketiga yang berfungsi seperti router yang mengendalikan bandwidth in-out dari PC kliennya.

Persiapan :
1. Windows OS 7
2. Akses Wifi
3. Akses panel kontrol (login sebagai Administrator)
4. Software P2Pover (bisa didownload disini)

Tahapan:
1. Instal dan jalankan perangkat lunak P2Pover

2. Saat pertama kali dijalankan, akan muncul wizard startud, pilih jaringan aktif saat ini

3. Tunggu sampai proses inisialisasi dan permintaan ip selesai

4. Masih di bagian "Settings", pilih tab Schedule Settings. Isi nama konfigurasinya gratis, setelah nama konfigurasi terisi, misal "ConfigureWIFI" (tanpa tanda kutip), maka pada bagan blok yang ada, kita bisa mengatur kapan jam settingnya diterapkan, bagaimana cara klik kanan pada blok kecil sampai biru, hari jam yang diinginkan, atau pilih Select All untuk memilih semua.

5. Kembali ke bagian "Settings", klik tab Rule Settings, klik New untuk membuat aturan baru, isi nama aturan yang sama dengan nama konfigurasi jadwal, misalnya ConfigurationWIFI.

6. Kemudian di combobox di bawah, pilih jadwal yang telah dibuat, lalu klik Next

7. Di dalam masukan batas bandwidth:

Masuk: Bandwidth untuk data yang masuk
Outgoing: Bandwidth untuk data outbound
Dalam contoh ini, kita isi masing-masing: 100 KB / s

5. Di bagian P2P, cek aplikasi P2P yang ingin anda blokir, pada contoh ini tidak ada yang dicek, jadi klik saja Next

6. Di bagian Download HTTP / FTP, atur setiap ekstensi yang ingin memblokir koneksi HTTP dan FTP, format ekstensi hanya 3 karakter, misalnya: exe, iso, rar, zip, avi, mkv.

7. Di bagian WWW, klik saja Next

8. Untuk ACL, klik Finish

9. Pergi ke tampilan utama, klik tombol Scan pada toolbar, sehingga muncul daftar client yang terhubung dengan WIFI kita, daftar teratas dengan hostname Localhost adalah PC kita. Untuk membatasi akses host tertentu, cukup klik kanan pada nama host, lalu klik submenu menu Terapkan Rule to Host Selected, juga dapat memilih semua host dengan memilih semua host.

10. Setelah selesai, klik tombol Start untuk memulai proses pengaturan Bandwidth, untuk mengembalikan ke mode normal, klik tombol Stop di sampingnya. Selesai

3. Menggunakan Softperfect Bandwidth Manager Software
Panduan berikut untuk mengelola bandwidth dengan menggunakan perangkat lunak pendukung Thirdparty Softperfect Bandwidth Manager, aplikasi pihak ketiga bekerja di latar belakang untuk mengatur bandwidth pada PC tempat aplikasi diinstal. Aplikasi ini bersifat resistent di latar belakang dan bekerja pada PC dimana dipasang, sehingga perlu dipasang untuk setiap PC yang akan diset bandwdithnya.

Persiapan :
1. Sistem Operasi Windows 7
2. Akses Wifi
3. Akses panel kontrol (login sebagai Administrator)
4. SoftPerfect Bandwidth Manager Software

Tahapan:
1. Instal dan jalankan perangkat lunak SoftPerfect Bandwidth Manager (sebelum dijalankan, pastikan untuk menutup program firewall terlebih dahulu)

2. Pada first run time, kita diharuskan mengisi IP Host dan password. Silahkan isi dengan PC IP dan password

3. Terus proses pengelolaan manajemen bandwidth, sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya, kita perlu membuat aturan baru dengan mengklik tombol Add Rule.

4. Kita perlu mengatur bandwidth untuk aktivitas LAN yang berhubungan dengan operasi lokal seperti pencetakan, pengiriman tagihan pada sistem LAN ke tab 5. Dalam isi aturan baru, isian sebagai berikut:
Rulename: koneksi jaringan
Arah: Keduanya
Jalur Tingkat Transfer: Tidak Terbatas
Protokol: TCP dan UDP
Terapkan Aturan pada Antarmuka: Diisi dengan nama koneksi yang akan ditetapkan atau dibatasi, misalnya WIFI dengan nama saya

5. Beralih ke tab Sumber:
Alamat Sumber: Setiap Alamat IP
Sumber: Ada

6. Beralih ke tab Destionation:
Alamat Tujuan: Setiap Alamat IP
Pelabuhan Peredupan: Ada

7. Setelah semua selesai, klik OK

8. Proses konfigurasi template sudah selesai, sekarang hasil konfigurasinya perlu diekspor, saya klik Export Icons yang ada di toolbar, dan tentukan dimana untuk menyimpan file hasil export.

9. jika semuanya selesai dengan benar, maka bandwidth secara otomatis disesuaikan. Sekarang semua yang perlu dilakukan adalah menginstal aplikasi manajer bandwidth yang sangat bagus di semua aplikasi klien, dan mengimpor konfigurasi, ikuti panduan di bawah ini untuk menyelesaikannya.

10. Instal aplikasi manajer bandwidth yang lumayan bagus dalam aplikasi klien, lalu sata pertama akan menjalankan kotak dialog startup, isi alamat IP dengan alamat IP klien yang saat ini digunakan.

11. Klik tombol import yang terletak di sebelah kiri Export, lalu cari file yang diimpor yang telah tersimpan tadi, maka konfigurasinya akan dipanggil, dan pada layar utama akan muncul konfigurasi yang telah dimasukkan tadi.

12. Lakukan langkah 10-11 ke PC lain yang akan diatur bandwidth. Selesai
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatur Bandwidth Paling Mudah

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar