Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Selasa, 24 Oktober 2017

Cara Menghapus Virus Trojan di Android

Cara Menghapus Virus Trojan di Android - Perangkat OS Android seperti smartphone juga rentan terhadap virus. Virus bisa datang dari mana saja, dan paling sering penyebarannya dilakukan via internet.

Untuk itu kita harus berusaha mencegah agar virus tidak menyerang perangkat yang kita miliki dan mencuri data kerusakan perangkat.

Virus Trojan
Trojans sering disebut virus, namun sebenarnya Trojan adalah bagian terpisah dari malware; Sama seperti virus yang juga bagian dari malware.

Cara Menghapus Virus Trojan di Android
Cara Menghapus Virus Trojan di Android

Perangkat lunak jahat adalah program jahat, seperti merusak dan menyusun file, memata-matai untuk mencuri data dari perangkat yang diserangnya. Anda bisa membaca jenis malware sebagai informasi tambahan.

Perangkat lunak perusak terdiri dari tiga kelompok. Kelompok pertama bertujuan untuk menginfeksi, misalnya virus dan worm. Kelompok kedua bertujuan untuk memata-matai mencuri data, misalnya spyware.

Dan kelompok ketiga, adalah program yang 'menyembunyikan' dalam arti sebuah program yang terlihat penting dan bermanfaat, namun sebenarnya mengandung virus atau malware jahat lainnya; misalnya Trojan.

Trojan di Android
Trojan juga dikenal sebagai 'trojan horse', namanya mengacu pada kisah perang di Yunani kuno. Pada waktu itu tentara elit Yunani berpikir untuk menyerah dalam perang, bersembunyi di patung seekor kuda trojan yang megah.

Lawan mengambil patung kuda trojan sebagai rampasan perang dan memasukkannya ke dalam benteng. Dengan cara itu elit Yunani bisa dengan mudah masuk benteng, lalu keluar dari tempat persembunyian di malam hari dan menyerang.

Bagaimana Trojan bekerja seperti taktik Trojan horse. Trojans tampaknya merupakan perangkat lunak atau aplikasi yang berguna, sedangkan program berbahaya seperti virus atau malware lainnya tidak hanya dapat merusak perangkat namun juga mencatat data penggunaan perangkat untuk mencuri data penting Anda, seperti pin atau kata sandi. Trojans juga sangat piawai bersembunyi sampai sulit dilacak oleh antivirus biasa.

Cara Hapus
Jika Trojan sudah terkena dan menyerang smartphone Anda, maka sesegera mungkin Anda harus melakukan penghapusan, sebelum smartphone Anda semakin parah. Berikut adalah beberapa cara untuk menghapus trojan dari smarphone anda.

1. Kosongkan cache
Cache adalah file penyimpanan data sementara untuk aplikasi atau browser yang sedang berjalan. Dengan memanfaatkan data yang tersimpan di cahce, seperti data website yang pernah kita kunjungi, akan membuat proses loading menjadi lebih cepat karena browser tidak perlu lagi mendownload data dari website.

Sayangnya cache sering menajadi tempat virus nesting. Untuk itu cache harus dibersihkan agar bibit virus juga dihapus. Jika virus belum menginfeksi OS Anda, itu bisa bekerja. Untuk menghapus cache Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

Bersihkan semua aplikasi
Buka menu Settings> Storage & USB
Jika Anda juga menggunakan SDCard, maka akan muncul dua pilihan penyimpanan, pilih Internal Storage
Kemudian klik pada opsi Cached Data
Data tembolok popup yang jelas untuk semua aplikasi akan muncul Ok untuk menghapus cache
Membersihkan cache pada satu aplikasi saja

Buka menu Setelan> Aplikasi
Klik Aplikasi untuk membersihkan cachenya Anda, seperti Chrome
Jendela aplikasi APP Info Chrome akan muncul. Klik pada menu Storage
Klik tombol Clear Cache yang terletak di bawah cache.

2. Scanning with Stubborn Trojan Killer
Jika Trojan sudah mulai menginfeksi perangkat Anda apalagi telah masuk ke sistem dan mengendalikan smartphone Anda, seperti membuat smartphone tiba-tiba mati sendiri saat tidak digunakan; Menghapus cache saja tidak akan banyak berguna.

Menscannya dengan antivirus biasa juga tidak bisa menghapus Trojan sama sekali, karena sifat Trojan yang sangat pintar bersembunyi menjadi sulit dideteksi oleh antivirus biasa.

Stubborn Trojan Killer adalah aplikasi khusus yang dibuat untuk menghapus Trojans yang menginfeksi perangkat smartphone. Aplikasi ini cukup tangguh untuk bisa mendeteksi Trojan dan menghapusnya sepenuhnya, bahkan di ponsel yang telah diserang oleh sistem sekalipun.

Baca juga:
Cara Menghilangkan Virus Shortcut
Cara Menghapus Virus Sality
Cara Menghapus Virus Autorun
Ciri Ciri Komputer Terkena Virus
Cara Menghapus Virus Ransomeware

Cara Menggunakan Pembunuh Trojan yang Stubborn

Download Pembunuh Trojan Stubborn dari Google Play Store
Instal dan jalankan aplikasi
Tekan tombol Pindai untuk memindai
Tunggu sampai Stubborn Trojan Killer selesai scanning
Klik tombol Bunuh untuk menghapus semua virus yang terdeteksi
Aktifkan perlindungan Pembunuh Trojan yang Stubborn, untuk mencegah serangan balik Trojan.

3. Pabrik Reset
Jika Anda tidak dapat memindai perangkat dengan aplikasi Pembunuh Trojan yang Stubborn, misalnya karena tidak dapat menginstal; Anda dapat mencoba factory reset atau mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik. Tapi semua data Anda di perangkat juga akan terhapus, karena pertama-tama harus membuat cadangan semua data penting Anda (baca juga: browser terbaik).

Bagi pengguna smartphone android 5 ke atas, pastikan Anda mengingat akun google yang Anda gunakan sebelum mereset, karena ponsel akan meminta Anda masuk ke akun google agar bisa mengaktifkan perangkat. Jika Anda lupa, perangkat tidak akan bekerja.

Ada dua cara untuk melakukan factory reset, yaitu saat perangkat berada pada posisi light / soft reset dan melalui save mode, yaitu hard reset. Langkah-langkah berikut untuk melakukan factory reset pada perangkat android anda:

Melakukan Soft reset
Buka menu Settings> Backup and Reset> Factory data reset
Klik Reset Phone untuk menjalankan factory reset
Ponsel akan restart, tunggu sampai proses selesai
Saat telepon dinyalakan lagi, telepon Anda akan kembali seperti saat Anda membelinya.

Melakukan hard reset
Matikan Smartphone
Tekan power + volume up
Pilih bahasa yang anda kuasai, tekan tombol power untuk melanjutkan
Anda akan masuk ke menu Recovery
Pilih opsi Wipe Cahce / Factory Reset. Untuk mengarahkan ulang gunakan tombol volume atas / bawah, untuk memilih tekan tombol daya.
Pilih Ya - menghapus semua data pengguna
Tunggu sampai proses penghapusan selesai
Reboot

4. Instal ulang OS
Instal ulang sistem operasi android pada perangkat Anda perlu dilakukan, jika Trojan menginfeksi perangkat lunak default ponsel dan menghancurkannya. Untuk ini Anda harus melakukan flashing, baik melalui komputer atau langsung pada perangkat Anda.

Tapi untuk melakukan kilatan ini harus diserahkan kepada para ahli, jika Anda tidak yakin bisa melakukannya sendiri. Untuk menghindari kesalahan berkedip yang bahkan bisa membuat telepon tidak dapat digunakan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghapus Virus Trojan di Android

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar