Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Selasa, 24 Oktober 2017

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Cara Menghilangkan Virus Shortcut - Pada dasarnya, shortcut virus bisa mudah diberantas, terutama jika kita sebagai pengguna jeli terhadap gangguan virus. Ada beberapa langkah yang harus Anda ambil untuk menghilangkan virus ini. Berikut adalah beberapa cara, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda gunakan.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut
Cara Menghilangkan Virus Shortcut


1. Mulai dengan Unhidden Files Process
folder - unhide folderProses file unhidden bisa dilakukan dengan menggunakan menu dari windows. Ini bertujuan untuk memastikan, apakah perangkat penyimpanan Anda benar-benar terinfeksi virus.

Begini caranya:
Buka Contol Panel di jendela Anda. Menu Contol Panel bisa anda akses dari menu Start.
Setelah itu pilih folder pilihan, lalu masuk ke tab View.
Pada tab View, cari bagian Hidden Files and folders, lalu pastikan pilihan yang dipilih adalah "Show Hidden files, your folder drives".
Kemudian klik OK.

Dengan menggunakan metode ini, maka file yang disembunyikan akan muncul. Tapi jika masih tidak nampak juga, bisa dipastikan perangkat penyimpanan Anda telah diserang oleh shortcut virus.

2. Lakukan Remove Attribute Process pada Storage Device
selanjutnya adalah kita harus membuat semua file yang terhidden bisa tampil seperti biasa. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pilih Command Prompt dari start menu.
Setelah jendela command prompt muncul, ketikkan huruf drive Anda dari drive penyimpanan bermasalah Anda. Contohnya adalah drive D, lalu ketik saja D: lalu tekan enter.

Setelah command prompt menampilkan drive F, maka Anda bisa melakukan penghapusan atribut.
Cara menghapus atribut adalah dengan menuliskan perintah ini pada jendela command prompt:

Attrib -s -h -r / s / d
Kemudian tekan Enter
Informasi tambahan:

-s; adalah perintah untuk menghapus atribut file shortcut.
-h; untuk mengecualikan atribut file tersembunyi.
-r; untuk menghapus atribut read-only.

Setelah melakukan ini, seharusnya file Anda dan juga data tersembunyi Anda dan juga menjadi jalan pintas karena virus telah muncul kembali dan bisa digunakan dengan normal. Namun, perlu diingat bahwa langkah ini hanya berfungsi untuk menghapus atribut alih-alih menghilangkan gangguan penyebab virus pada perangkat penyimpanan Anda.

3. Waktu untuk Menghapus Virus dari Storage Device
Setelah masalah file dan data disembunyikan dan diubah menjadi shortcut, maka sudah saatnya kita menghapus virus dari perangkat penyimpanan Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Menggunakan Antivirus
Menghapus file secara manual
Biasanya antivirus bisa melakukan pendeteksian, sehingga Anda bisa melakukan proses scanning biasa pada drive penyimpanan Anda. Bila virus terdeteksi, maka akan otomatis dibersihkan oleh antivirus anda.

Cara Mencegah Shortcut Virus Tidak Datang Kembali?
Setelah perangkat penyimpanan Anda berhasil dibersihkan dari shortcut virus, maka ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan agar virus tidak kembali lagi. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah shortcut virus tidak menyerang drive penyimpanan Anda kembali:

Selalu lakukan pemindaian saat menghubungkan perangkat penyimpan perangkat ke komputer.
Pemindaian juga harus dilakukan bila ada perangkat penyimpanan yang belum pernah terhubung ke komputer kita.
Selalu perbarui perangkat lunak antivirus Anda.

Baca juga:
Ciri Ciri Komputer Terkena Virus
Cara Mengahapus Virus Trojan

Lakukan proses backup data dan juga file penting dari perangkat penyimpanan anda.
Anda juga bisa menggunakan fitur penyimpanan cluod, yaitu penyimpanan data di situs web dan aplikasi online, seperti dropbox, google drive, dan juga satu cloud.

Selalu berhati-hati saat menghubungkan penyimpanan devier Anda, terutama yang portabel, seperti flash drive dan hard drive eksternal ke komputer asing, dan multi pengguna, seperti komputer di kafe dan rental komputer.

Pada dasarnya, virus ini tidak berbahaya dan tidak akan menyebabkan data rusak, hilang secara permanen, atau bahkan menyebabkan kerusakan pada perangkat keras komputer Anda. Namun, virus shortcut ini sangat menyebalkan dan sering membuat banyak pengguna panik, karena mereka merasakan data dan juga file-nya hilang di bumi.

Intinya, bila perangkat penyimpanan Anda mengalami gangguan tersebut, sebaiknya Anda tidak gegabaj untuk langsung melakukan pemformatan atau mengganti perangkat penyimpanan Anda. Lakukan saja langkah pertama yang disebutkan di atas. Untuk membasmi virus.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar