Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Senin, 30 Oktober 2017

Cara Mengisi Tinta Printer dengan Benar

Cara Mengisi Tinta Printer dengan Benar - Printer adalah salah satu alat penting untuk dunia cetak. Printer ini adalah alat yang bisa mencetak gambar atau teks menggunakan kertas atau media lainnya. Printer ini dibagi menjadi beberapa jenis termasuk printer Ink Jet, printer Laserjet, dan juga printer Dot Matrix

Sebagai pengguna printer Anda harus tahu cara mengisi tinta printer Anda. Ketahuilah bahwa pengisian yang salah dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat ini. Itu sebabnya pengisian tinta printer juga harus dipelajari agar perangkat ini bisa bekerja dengan baik.

Lebih presis harus diterapkan saat Anda mengisi ulang tinta printer menggunakan tinta refil di pasaran. Apalagi jika Anda belum pernah membuka cartridge printer.

Jadi, ekstra hati-hati jika Anda tidak ingin merusak perangkat printer Anda. Untuk mencegah kerusakan Anda juga perlu membeli tinta printer berkualitas agar hasil cetak tetap memuaskan dan mesin cetak tidak terganggu dalam jangka panjang. Agar tepat sasaran tahu cara berikut untuk mengisi ulang printer tinta dengan benar.

Persediaan yang harus disediakan
Refill tinta untuk dimasukkan
Jarum untuk melubagi cartridge printer
Tisu atau kain untuk membersihkan cartridge sudah ada di isi.


Cara Mengisi Tinta Printer dengan Benar

Cara Mengisi Tinta Printer dengan Benar
Cara Mengisi Tinta Printer dengan Benar

Hidupkan printer dan tunggu sampai indikator lampu tidak berkedip.

Buka penutup kotak dan lepaskan kartrid printer dengan menekan perlahan.

Buang kertas label yang menempel di bagian atas kartrid, pertimbangkan titik ketiga untuk warna 1 untuk warna hitam.

Gunakan jarum yang sudah disiapkan untuk melubangi cartridge, sehingga tidak tumpah karena lubangnya terlalu besar coba gunakan jarum yang tepat.

Suntikkan tinta perlahan, jangan terburu-buru karena tinta bisa tumpah dan bisa menyebabkan kerusakan pada cartridge. Dalam hal ini Anda tidak perlu menyuntikkan tinta sampai selesai jadi paskan saja.

Baca juga: Jenis Jenis Tinta Printer dan Fungsinya
Tips Merawat Printer agar Awet dan Tahan Lama

Setelah selesai, tutup kembali titik injeksi yang berubah dengan menggunakan isolasi atau lakban.

Masukkan kembali kartrid ke printer dengan menekannya perlahan ke atas.

Tutup kotak printer dan tunggu beberapa saat sampai kartrid yang baru diisi mulai berjalan dan dapat melakukan proses seperti biasa.

Pada proses pendeteksian biasanya printer akan menjelaskan jika cartridge kosong. Jika ini terjadi, tinggalkan sebentar sekitar 5 menit.

Setel ulang printer agar kembali normal. Jadi ini adalah masalah normal dan tidak membahayakan printer Anda.

Untuk menjaga kestabilan fungsi printer Anda harus terus memperhatikan jumlah tinta pada printer yang melakukan pengisian pada waktu yang tepat.

Jangan biarkan tinta ini mengering sehingga printer menjadi rusak. Untuk mencegahnya gunakan mesin printer anda setiap hari. Tujuannya, agar cartridge terus bergerak sehingga tidak akan mengalami kemacetan kecuali bila ada masalah pada mesin.

Untuk mendapatkan cetakan yang memuaskan, Anda harus menggunakan tinta printer berkualitas. Karena kualitas tinta printer ini akan menentukan printout. Setelah digunakan jangan lupa matikan printer.

Ingatlah bahwa printer akan tetap awet saat Anda mematikan tombol power saja tanpa langsung mencabut stopkontak. Jadi, cukup matikan tombol on / off biarkan saja mati. Namun, keesokan harinya harus dihidupkan kembali agar tidak vakum dengan sistem operasinya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengisi Tinta Printer dengan Benar

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar