Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Selasa, 24 Oktober 2017

Fungsi Web Hosting Bagi Pengguna

Fungsi Web Hosting Bagi Pengguna - Bagi yang sudah aktif di dunia jaringan, tentunya sudah familiar dengan sesuatu yang disebut web hosting. Blogger, atau pemilik situs pribadi sudah terbiasa dengan istilah tersebut.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, web hosting menjadi salah satu teknologi yang paling umum dan bahkan menjadi prasyarat bagi perusahaan, media, atau bahkan pribadi untuk memudahkan orang lain melalui situs mereka sendiri.

Dari segi definisi, web hosting atau yang lebih sering disebut hosting adalah layanan yang digunakan untuk menyimpan data dari sebuah situs (yang berisi halaman web, kode CSS, skrip PHP) dan sebagainya yang bisa digunakan secara online untuk akses via internet oleh yang lain saat mengunjungi situs atau aplikasi semacam itu.

Fungsi Web Hosting Bagi Pengguna
Fungsi Web Hosting Bagi Pengguna


Baca juga: Pengertian CSS dan Fungsinya

Hosting memiliki perang yang tidak bisa diragukan, sangat penting dalam pengembangan web karena semua data yang dibutuhkan untuk mengakses situs tersebut tersimpan di web hosting sehingga bisa diakses dimana saja via internet.

Perusahaan yang menyediakan layanan web hosting akan menyediakan server yang bisa disewakan kepada pengguna yang ingin atau ingin menggunakan layanan hosting sehingga setiap orang bisa menaruh datanya di web hosting.

Baca lebih lengkap: Pengertian Hosting dan Contohnya

Ukuran kapasitas penyimpanan yang berbeda biasanya disediakan oleh penyedia layanan web hosting karena pengguna membayar dengan tarif yang berbeda, atau jika tidak mereka melakukannya sebagai bentuk kesesuaian layanan dengan filosofi yang mereka percaya.

Bagi kita yang ingin belajar tentang dunia networking, mengembangkan jaringan internet, memahami atau memahami tentang web hosting adalah salah satu hal penting karena kita bisa mengerti apa yang diperlukan untuk membuat website yang bisa berjalan, apa bedanya? antara hosting dengan domain,.

Pada artikel ini kita akan mengetahui fungsi web hosting di dunia internet sehingga kita bisa mengerti dengan pasti posisinya di sistem jaringan internet.

Fungsi Web Hosting Bagi Pengguna


1. Penyimpanan data
Fungsi utama dari web hosting sebenarnya adalah untuk penyimpanan semua file yang dibutuhkan untuk sebuah situs atau aplikasi online yang dimiliki oleh pengguna dapat dijalankan oleh pengguna lain.

Web hosting bisa disamakan dengan perpustakaan, dengan situs atau data web sebagai buku. Perpustakaan menyediakan tempat, seperti rak, fasilitas seperti meja baca, dan akses seperti kunjungan jam yang memungkinkan seseorang mengakses berbagai buku di perpustakaan.

Web hosting, kurang lebih juga bekerja seperti itu. Dengan adanya penyimpanan data ini pengguna atau pemilik website bisa memberikan data data yang dibutuhkan oleh pengunjung situs mereka.

Baca juga: Media Penyimpanan Data

2. Alamat akses data situs
Web hosting juga berfungsi sebagai redirection akses situs dari DNS tertentu. Ini berarti, misalkan situs Anda memiliki alamat "abcd.com". Situs abcd memiliki alamat domain yang terdaftar ke DNS tertentu.

Saat Anda mencoba mengakses situs ini, server atau penyedia domain situs Anda akan mengakses alamat hosting yang Anda gunakan untuk menjalankan situs Anda.

Tanpa web hosting, walaupun alamat situs Anda ada dalam daftar DNS yang Anda gunakan, apakah web atau situs Anda tidak dapat diakses. Mungkin tidak akan menimbulkan kesalahan karena tidak ada alamat yang tertaut dan sepertinya saat Anda mencoba mengakses web.

Baca juga: Pengertian DNS dan Fungsinya

3. Menjaga situs online aktif
Fungsi ini fungsinya sangat penting dan hanya dimiliki oleh web hosting saja. Dengan mengaktifkan web hosting, maka situs yang Anda miliki akan tetap online asalkan penyedia layanan hosting yang Anda bawa selalu terpelihara dengan baik.

Dengan demikian situs anda bisa diakses oleh siapapun dan kapanpun tanpa harus khawatir situs anda akan mati mendadak. Dalam beberapa kasus, situs Anda benar-benar akan mati, mungkinkah Anda menggunakan layanan berbayar dan memiliki jaminan uptime yang sangat tinggi.

Jika ingin memiliki situs untuk kepentingan profesi, atau bisnis, sangat disarankan agar Anda menggunakan situs web yang tangguh, dalam artian selalu bisa online banyak pengguna yang mengakses dan sebagainya.

Jenis Web Hosting

Itulah beberapa fungsi web hosting yang bisa anda ketahui. Selain fungsi di atas, Anda juga memiliki beberapa jenis hosting sebagai berikut:

Hosting virtual
Virtual (shared) hosting adalah jenis web hosting yang paling banyak digunakan oleh kebanyakan orang. Di satu server ada banyak hosting dan salah satu hosting itu milik kita dan ada juga banyak hosting lainnya.

Biaya sewa hosting relatif murah dan oleh karena itu banyak orang menggunakan jenis hosting ini untuk kepentingan sehari-hari mereka.

Hosting gratis
Hosting gratis atau hosting gratisan, seperti namanya, adalah hosting yang tidak memerlukan biaya layanan sewa untuk menjalankan hosting ini, hosting gratis adalah salah satu jenis hosting yang paling banyak digunakan pemula karena tidak banyak resiko yang perlu dibawa ke cukup buat layanan website yang mereka inginkan.

Namun, sebagian besar layanan seperti ini menampilkan banyak iklan dan juga memiliki keterbatasan tertentu seperti jumlah bandwidth, dan sebagainya.

Bac juga:
Pengertian Bandwidth dan Fungsinya
Fungsi Bandwidth dalam Jaringan Komputer

Selain dua jenis hosting diatas, ada lagi hosting dengan nama collocated dan dedicated hosting. Bagi anda yang ingin membeli hosting, perhatikan kapasitas, backbone atau teknologi yang digunakan, layanan pendukung, backup, database, serta bandwidth karena semuanya mempengaruhi kenyamanan Anda dalam mengelola situs Anda dan mempengaruhi kenyamanan pengguna yang ingin akses web yang anda miliki

Tanpa dukungan yang baik, situs Anda akan sangat sulit dikendalikan dan sangat tidak bersahabat bagi pengunjung karena sering down, batas bandwidth sering terlampaui, akses lama, dan sebagainya.

Tentunya jika itu terjadi pasti sangat berbahaya bukan? Sudah jelas bayarnya ternyata ternyata fitur ini tidak terlalu mendukung.

Itulah beberapa pembahasan tentang fungsi web hosting yang bisa kita pelajari disini. Semoga dengan membaca artikel ini pengetahuan anda tentang dunia jaringan semakin iya. Selamat belajar!
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Fungsi Web Hosting Bagi Pengguna

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar