Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Senin, 23 Oktober 2017

Inilah Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar

Inilah Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar - Printer merupakan salah satu peripheral komputer yang keberadaannya sangat berguna untuk mencetak berbagai jenis dokumen, gambar, atau foto. Dengan printer, proses pencetakan jadi lebih mudah dan cepat. Namun seringkali printer mengalami berbagai masalah yang mrnyebabkan printer gagal cetak.

Banyak hal yang menjadi penyebab printer tidak bisa mencetak. Bisa jadi karena kesalahan pada perangkat sehingga printer tidak bekerja atau tidak merespons, bisa juga karena tinta printer tidak keluar, atau karena kerusakan pada perangkat. (baca juga: Cara Memperbaiki Printer Epson)

Biasanya jika terjadi kesalahan pada perangkat kita bisa menemukan penyebabnya melalui berkedip yang disediakan oleh lampu indikator. Namun sayangnya tidak semua masalah terdeteksi dan juga tidak semua printer dilengkapi dengan lampu indikator (baca juga: tips memilih printer yang bagus dan tahan lama, tips memilih printer yang bagus dan murah)

Salah satu masalah yang merepotkan adalah saat tinta printer tidak keluar saat mencetak. Jadi biarpun printernya berjalan normal, kertas yang keluar dari printer tetap kosong, alias gagal dicetak. Disini akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi printer tinta tidak keluar, untuk membantu anda mengatasinya.

Inilah Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar
Inilah Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar


1. Refill Printer Ink
Jika tuna printer Anda habis, tentu saja catridge tidak akan bisa mengeluarkan tinta untuk dicetak. Indikasi bahwa tinta sudah habis bisa Anda lihat dari cetakan cetak bergaris, lalu secara bertahap semakin memudar sampai benar-benar tak terlihat. Anda bisa membaca penyebab dari printer bergaris dan cara mengatasi cetakan bergaris sebagai referensi tambahan.

Jika Anda menggunakan tinta suntik, Anda bisa mengetahui isi tinta dari berat kartrid. Catridge yang sudah ringan, kemungkinan tinta sudah habis, Anda juga bisa mengingat kapan terakhir kali mengisi tinta, dan penggunaan tinta yang Anda lakukan. Jika tinta sudah habis, segera lakukan pengisian.

Sesuaikan pengisian tinta dengan ukuran catridge. Jangan terlalu banyak sehingga nantinya tidak luber dan merusak catridge. (baca: cara kerja printer inkjet)

Jika Anda menggunakan tinta infus, akan jauh lebih mudah. Biasanya infus tabung cukup transparan, sehingga isi tinta di tabung bisa terlihat dengan mudah. Jika sudah kehabisan, tentunya Anda harus mengisinya kembali. Anda tidak perlu menunggu tinta untuk mengisinya.

2. Lakukan Cleaning and Deep Cleaning
Setiap printer biasanya dilengkapi dengan fitur maintenance pada driver bawaan. Salah satu fitur perawatan penting adalah pembersihan dan pembersihan dalam, yang berfungsi untuk membersihkan catridge dari penyumbatan yang mungkin terjadi pada saluran atau pada kepala catridge.

Namun, metode ini hanya akan bekerja jika penyumbatannya tidak terlalu parah. (Baca juga: Cara mengatasi laptop lemot)

Berikut cara membersihkan / membersihkan dalam-dalam:

Klik Start> Devices and Printer
Klik kanan pada printer bermasalah yang terinstal di komputer Anda
Pilih opsi Printing preferences
Di Maintenance Tab, akan muncul banyak pilihan perawatan printer yang bisa Anda lakukan. Klik opsi Cleaning / Deep Clean.
Tunggu sampai proses selesai. Lakukan 2 sampai 3 kali untuk hasil yang lebih memuaskan.

3. Bersihkan penyumbatan pada cat kepala
Adanya penyumbatan pada catridge kepala, akan menyebabkan tinta tidak bisa keluar, sehingga printer tidak bisa melakukan printing. Jika penyumbatan tidak terlalu parah, Anda bisa mengatasinya dengan pembersihan yang dalam.

Tapi jika dalam pembersihan tidak bisa membantu, Anda bisa mencoba merendam catridge kepala dengan air hangat untuk membersihkan penyumbatan. (Baca juga: Cara Menambahkan RAM)

Ini biasanya terjadi pada printer yang belum lama digunakan, jadi tinta di kepala mengering. Berikut adalah langkah-langkah untuk membersihkan penyumbatan pada kepala catridge:

Siapkan air hangat dalam wadah yang cukup besar untuk merendam catride. Sebaiknya jangan terlalu tinngi, dan gunakan bahan kaca agar bisa mengeluarkan tanda tinta dengan mudah.
Siapkan tisu / bor
Keluarkan dan lepaskan catridge dari printer
Rendam kepala korosi di dalam air selama beberapa menit. Hanya rendam kepala catridge, bukan seluruh catridge.
Setelah cukup, ambil kembali catridgenya. Sebagai indikator bahwa catridge tidak lagi tersumbat, airnya akan diwarnai - campuran tinta kelaur dari catridge.
Usap kepala catridge dengan hati-hati berhenti dan gunakan bor.
Angin kencang sampai kepala benar-benar kering. Anda bisa mengoleskan alkohol untuk hasil yang lebih baik.
Pasang kembali catridge ke printer dengan hati-hati.

4. Hilangkan Air Cavity pada Selang Tinta Infus
Jika Anda menggunakan infus kasar, Anda mungkin sering mendapati ada rongga udara di selang infus yang tidak terisi. Hal ini dapat menyebabkan pelepasan tinta yang tidak efisien dari catridge, bahkan tidak menyebabkan tinta habis.

Jika rongga hanya kecil, Anda bisa mengatasinya dengan pembersihan dalam. Tapi jika rongga udara terlalu panjang, sampai lebih dari 5 cm, pembersihan dalam tidak akan banyak membantu. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan semprit (tanpa jarum) untuk melakukan langkah-langkah berikut:

Siapkan jarum suntik, gunakan tanpa jarum.
Masukkan ujung semprit ke tempat pengisian tinta pada tabung. Sebaiknya klem pertama selang tinta.
Lepaskan catridge, dan lepaskan dari printer dengan hati-hati.
Lepaskan selang bermasalah dari kartrid. Juga lepaskan penjepit selang.
Tekan sempritnya, sehingga udara masuk melalui tabung dan memasukkan tinta ke dalam selang. Lakukan sampai seluruh rongga udara di selang tinta hilang dan mengisi tinta sepenuhnya.
Setelah seluruh rongga udara di selang hilang, pasang kembali selang di atas catridge.
Ganti catrige pada printer. Sebaiknya bersih dulu catridge head.
Jika selang bermasalah lebih dari satu (misalnya selang tinta hitam, merah atau kuning juga), lakukan langkah-langkah di atas pada semua kartrid tinta.

Baca juga:
Fungsi LAN
Prinsip Kerja Jaringan Area Lokal
Masalah Umum yang Terjadi pada Jaringan LAN

5. Perbaiki / Ganti Catride
Jika keempat langkah di atas tidak dapat membantu mengatasi masalah tinta yang tidak muncul pada printer Anda, kemungkinan besar penyebab kerusakan kartrid printer Anda. Anda dapat mencoba memperbaikinya ke layanan printer, mencoba membongkar sendiri atau membeli catridge baru. (Juga baca: Cara Melacak Orang dengan GPS)

Sebenarnya jika head catride rusak, mau tak mau Anda harus membeli catridge baru. Tapi terkadang penyebab kerusakan catridge yang disebabkan oleh umur catridge sudah tua, atau tidak digunakan dalam jangka panjang; sehingga di bagian dalam catridge menjadi kotor dan banyak tinta kering. (Baca juga: Bagaimana Mengaktifkan Alamat IP Dinamis menjadi Statis, Kelebihan dan Kekurangan Linux)

Jika Anda merasa cukup siap untuk bereksperimen (dengan risiko Anda sendiri), Anda dapat mencoba melakukan hal berikut pada catridge Anda sebelum membeli kartrid baru. Selain referensi Anda juga bisa membaca cara memperbaiki cartridge.

Lepaskan catridge dan lepaskan dari printer
Membongkar tutup atas catridge. Lakukan dengan sangat hati-hati
Ambil busa dari dalam catridge, rendam dengan air hangat
Bersihkan busa, sampai tidak ada lagi tinta yang mengering pada busa
Setelah bersih, keringkan busa.
Selanjutnya bersihkan penyumbatan pada kepala catridge dengan penghisap tinta (ink cleaner).
Masukkan kembali busa ke dalam catridge, lalu pasang tutup catridge dengan lem. Pastikan untuk tetap sempurna tanpa rongga.
Masukkan kembali catridge ke printer. Anda bisa mengisi tinta lagi dan mencoba mencetak.

Jadi artikel tentang cara mengatasi tinta printer tidak keluar. Untuk mengatasinya Anda bisa mencoba mengisi tinta, melakukan pembersihan dalam, membersihkan catridge.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar