Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Senin, 23 Oktober 2017

Inilah Ciri-Ciri Komputer Terkena Virus

Inilah Ciri-Ciri Komputer Terkena Virus - Untuk mengetahui apakah komputer biasa Anda digunakan virus setiap hari atau tidak, maka ada beberapa ciri yang akan muncul, dan biasanya Anda bisa merasakannya saat mengoperasikan komputer Anda. Berikut adalah beberapa Ciri Komputer Terkena Virus:

Inilah Ciri-Ciri Komputer Terkena Virus
Inilah Ciri-Ciri Komputer Terkena Virus


1. Memori pada drive Anda menyusut dengan tiba-tiba
Karakteristik komputer Anda yang terpapar virus pertama adalah menyusutnya memori Anda secara tiba-tiba, saat Anda tidak menyalin atau menginstal aplikasi baru.

Ini bisa jadi karena virus sudah terinstal sendiri sehingga bisa memakan banyak RAM di komputer Anda. Hal ini akan menyebabkan memori pada disk drive Anda menyusut dan berkurang sangat banyak.

2. File anda rusak
File yang rusak adalah beberapa gejala yang mengkarakterisasi satu atau lebih virus yang terinfeksi di komputer Anda. Biasanya virus sengaja menghapus atau mengganti file bawaan Anda, jadi ini akan menyebabkan file Anda rusak atau mengalami gejala file yang hilang.

Biasanya saat file hilang, maka semua yang bisa dilakukan adalah melakukan restore total, sehingga file bisa dikembalikan, dengan catatan kerusakan memang terjadi karena virus, dan bukan kerusakan dari hardware.

3. Harddisk rusak
Hard drive Anda bisa rusak dan menunjukkan gejala yang tidak biasa. Salah satu yang mungkin terjadi adalah format hard disk yang berubah, atau harrdisk atau portable storage, karena flash drive menjadi terkunci dan tidak bisa digunakan.

Baca juga: Cara Memperbaiki Hard disk Yang Rusak

4. File hilang / disembunyikan
Ini adalah salah satu sifat yang mungkin dimiliki banyak da juga sering Anda alami. Virus bisa membuat file yang ada di harddisk Anda hilang atau disembunyikan.

Saat pemindaian selesai, file dan folder akan terdeteksi, namun Anda tidak dapat mengaksesnya. Untuk mengakses file lagi Anda harus menggunakan command prompt untuk menghapus atribut Hidden dan Archive yang sengaja dilakukan oleh komputer virus tesebut.

Baca juga: Cara Mengembalikan File yang Terhapus

5. Kinerja komputer melambat
Fitur lain dari virus yang sudah mulai meningkatkan komputer Anda adalah penurunan kinerja komputer secara drastis. Ini karena virus memakan banyak memori dan juga RAM di komputer Anda, jadi sisa ruang yang tersedia pada RAM dan hard drive menjadi semakin berkurang.

Ini adalah dalam pendengaran memperlambat kinerja komputer Anda. Selain itu, virus juga bisa menyebabkan CPU menajadi panas, karena bekerja secara berlebihan dan tidak terkendali Baca: Bagaimana cara menjaga laptop tidak lambat.

Baca juga: 17 Cara Mengatasi Laptop Lemot

6. Komputer memiliki self restart atau sudden death
Self restart dan sudden death juga salah satu karakteristik komputer yang terkena virus di sistem komputer Anda. Bahkan efek lainnya adalah komputer yang sering hang.

Biasanya, ini sering terjadi saat virus sudah mulai menginfeksi banyak komputer Anda. Komputer Anda akan sering mengalami self-restarting, atau tiba-tiba mendadak mati.

Ada beberapa program yang mungkin tidak bekerja seperti biasa
Terkadang, virus yang menginfeksi komputer Anda juga bisa menyebabkan aplikasi yang Anda miliki tidak bisa berjalan sempurna dan telah rusak.

Ini terkait erat dengan file yang hilang di dalam direktori software, jadi ini bisa menyebabkan software tidak bisa berjalan seperti biasa, dan mengalami korup.

7. Antivirus mendadak mati
Biasanya, virus ini juga memiliki kemampuan cerdas, karena bisa melakukan non-aktivasi antivirus. Dengan kemampuan ini, virus bisa membuat antivirus sudah terinstall di komputer anda mati mendadak.

Yang lebih serius lagi, Anda juga mungkin tidak bisa menyalakan dan mengkatifkan perlindungan dari antivirus Anda.

8. Pesan atau nota aneh muncul seperti bahasa asing
Terkadang hal terjadi di situs web atau email, dimana virus yang masuk ke jaringan berhasil menginfeksi komputer Anda, lalu secara otomatis menampilkan pesan tak dikenal tertentu, seperti tulisan asing yang sangat menyebalkan, karena bisa tiba-tiba muncul saat menggunakan komputer kita.

9. Munculnya file aneh di komputer Anda
Fitur umum lainnya yang terjadi saat komputer Anda terinfeksi virus adalah munculnya file aneh di komputer Anda. Biasanya, file-file ini akan muncul tanpa anda ketahui, dan bisa jadi file berextensi. EXE. CONDF.DLL dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara mencegah dan juga mengatasi infeksi virus komputer?
Untuk mencegah masuknya virus ke komputer Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, seperti pencegahan dan perlindungan.

Berikut beberapa tip untuk mencegah masuknya virus ke dalam sistem komputer Anda:

Menggunakan perangkat lunak antivirus
Lakukan update antivirus secara berkala
Selalu lakukan scan virus bila ingin menggunakan perangkat portable
Hindari mendownload file dari internet asing
Gunakan fitur keamanan internet.

Itulah beberapa tip sederhana yang bisa Anda lakukan dengan mudah sehingga komputer Anda bisa terhindar dari ancaman virus. Namun, jika komputer Anda telah terinfeksi oleh virus, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, yaitu:

Deteksi keberadaan virus dengan antivirus anda
Lakukan pembersihan terhadap direktori yang terdeteksi yang terinfeksi oleh virus dengan menggunakan BIOS (Harus dilakukan oleh mereka yang sudah berpengalaman, karena jika seseorang melakukan pembersihan, sistem operasi Anda bisa rusak karena kesalahan kesalahan manusia).

Gunakan MsConfig untuk melihat file mana yang akan dijalankan saat komputer melakukan booting.
Itu adalah beberapa cara teraman yang bisa Anda gunakan untuk membantu membersihkan virus dari direktori Anda.

Tapi jika Anda mengalami kesulitan, tidak ada salahnya meminta pertolongan kepada mereka yang lebih berpengalaman, karena terkadang kemampuan virus dalam kerusakan sulit dipahami oleh orang yang masih terbaring dengan sistem komputer.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda dan juga bermanfaat bagi anda semua
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Ciri-Ciri Komputer Terkena Virus

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar