Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Senin, 30 Oktober 2017

Jenis Jenis Tinta Printer dan Fungsinya

Jenis Jenis Tinta Printer dan Fungsinya - Penggunaan mesin Printer atau Copy belum tentu mengetahui jenis tinta printer yang digunakan, mulai dari yang normal, tahan air atau lainnya. Nahm jika anda belum tahu, Tinta Printer ternayata memiliki beberapa jenis yang memiliki hasil dan kualitas yang berbeda pula.

Buat yang sudah tau silahkan nyimak aja, ini khusus untuk teman saya atau anda masih bingung dan tidak tahu tentang Jenis Tinta Printer.

Jenis Tinta Printer dan Fungsinya
Berdasarkan rumus dasar dan Fungsi, Tinta Printer terdiri dari beberapa jenis, diantaranya:

1. Tinta Printer Dye Based
Jenis Jenis Tinta Printer dan Fungsinya
Printer Dye Based

Dye Base Ink adalah jenis tinta dominan yang terbuat dari air (H2O) dan dicampur dengan bahan pewarna (Colourant) yang bisa berbaur dengan baik, sehingga kemungkinan presipitasi dan kompresi pada 'Printhead Cartridge' semakin kecil.

Tinta jenis tinta air berbasis DYE paling banyak digunakan untuk printer standar karena merupakan hasil cetak yang bagus, hasil cetak pada kertas foto sangat bagus dan warna-warna cerah.

Untuk harga tinta tipe Dye Base juga lebih murah dari pada pewarna untuk jenis tinta lainnya, namun cetakan dari tinta Dye Base kurang tajam, padat, tidak tahan air atau pudar pada kertas HVS terhadap air dan cahaya dari tinta Pigmen.

2. Tinta Printer Pigment / Durabrite
Jenis Jenis Tinta Printer dan Fungsinya
Ink Pigment

Tinta pigmen memiliki kualitas cetak yang lebih tajam, lebih padat, dan tahan air daripada pewarna tinta dasar karena formula tintanya terdiri dari Air (H2O), Diluent, Pigmen Colorant, dan lain-lain.

Jenis tinta printer pigmen memiliki kualitas cetak yang lebih baik, tahan lama, tajam dan tahan air di semua jenis kertas seperti kertas HVS, Kertas Inkjet dan kertas foto.

Kekurangan Tinta Pigmen ini jika Printer tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu, maka 'Printhead Cartridge' akan tersumbat oleh bahan tinta yang mengendap dan mengering di kepala nosel.

Tinta Pigmen Printer biasanya digunakan oleh beberapa produsen Printer Asli untuk kartrid warna hitamnya, namun tinta pigmen non-ori juga dijual di pasaran.

3. Tinta Printer Sublimation Ink
Sublimation Ink
Sublimation Ink

Jenis tinta Sublimasi Berbasis Air ini sering digunakan oleh sebagian besar pengguna printer infus untuk mentransfer gambar tercetak ke media lain, printer standar yang digunakan untuk mencetak bahan cetak layar, seperti T-shirt, Pin, mug, keramik, dll. Karena sublim Karakteristik Tinta yang jauh lebih tahan terhadap air dan degradasi warna yang lebih kuat.

Formula Tinta Sublime Ink yang dominan mengandung minyak, pewarna, pengencer, dan zat lainnya, oleh karena itu tinta sublim memiliki ketahanan jauh lebih baik daripada Tinta Pigmen, namun risiko Printhead tersumbat lebih besar daripada Pigment Inks. Metode transfer yang digunakan adalah kertas cetak ke kertas hvs atau inkjet dan kemudian di tekan panas ke t-shirt, mug, keramik, dll.

4. Tinta Printer Pigment Art Paper Ink
Jenis Jenis Tinta Printer dan Fungsinya
Pigment Art Paper Ink

Jenis Tinta Kertas Seni Tinta sangat cocok untuk digunakan dalam cetakan skala kecil dan besar yang sering dicetak pada kertas kertas seni gading dengan jumlah kecil untuk gambar berwarna penuh.

Tinta pigmen ini juga bisa digunakan untuk mencetak pada kertas seni / kertas gading menggunakan printer desktop Epson biasa seperti: Epson R230, Epson T11, Epson T20, Epson C90, Epson C79, Epson T1100, Epson 1390, Epson 1290.

Baca juga: Penyebab Printer Macet dan Cara Mengatasinya

5. Tinta Solvent Printer Ink
Jenis Jenis Tinta Printer dan Fungsinya
solvent printer ink

Tinta Pelarut jenis ini memiliki ketahanan terbaik terhadap Air dan UV, karena tinta pelarut terbuat dari bahan penutup seperti cat duco ditambah bahan yang disesuaikan untuk jenis Printer Luar Ruangan.

Tinta pelarut banyak digunakan untuk mencetak Spanduk, Spanduk, papan reklame, neonbox, dan lainnya untuk outdoor printing karena cetakannya lebih tahan lama pada Air dan UV, namun tinta pelarutnya berbau menyengat.

6. Tinta Printer Eco Solvent

Jenis Jenis Tinta Printer dan Fungsinya
Eco Solvent Ink

Eco Solvent ink sama dengan Solvent Inks, hanya karakteristik tinta eco pelarut yang sedikit kurang tahan terhadap UV, namun tidak berbau kuat dari Solvent Inks, oleh karena itu Eco Solvent Ink banyak digunakan untuk Indoor Printing.

Setiap printer (lihat Jenis Jenis Printer) memiliki atau menggunakan Jenis Tinta Printer tertentu juga, menyesuaikan dengan kebutuhan. Pengetahuan tentang jenis tinta printer di atas mungkin berguna.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jenis Jenis Tinta Printer dan Fungsinya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar