Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Rabu, 04 Oktober 2017

Pengertian DNS dan Fungsinya

Pengertian DNS dan Fungsinya - Sistem Penamaan Domain atau Domain Name System; DNS adalah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host atau nama domain dalam bentuk database terdistribusi di jaringan komputer, misalnya Internet.

DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama hosting dan mencatat setiap server pengiriman surat yang menerima email untuk setiap domain.

Menurut browser Google Chrome, DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.

Pengertian DNS dan Fungsinya
Pengertian DNS dan Fungsinya

DNS menyediakan layanan penting ke Internet, ketika komputer dan perangkat jaringan bekerja dengan alamat IP untuk melakukan tugas seperti pengalamatan dan perutean, manusia umumnya lebih suka menggunakan nama host dan nama domain, misalnya alamat sumber universal (URL) dan alamat email.

Analogi yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah bahwa DNS dapat dianggap sebagai buku telepon internet dimana pengguna ketik www.indosat.net.id di pengguna browser web akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144 (IPv4) dan 2001: e00 : d: 10: 3: 140 :: 83 (IPv6).

Jenis catatan DNS
Beberapa kelompok data penting yang tersimpan di DNS adalah sebagai berikut:

Rekaman catatan atau alamat memetakan nama host ke alamat IP 32-bit (untuk IPv4).

Catatan AAAA atau catatan alamat IPv6 memetakan nama host ke alamat IP 128-bit (untuk IPv6).

Catatan CNAME atau catatan nama kanonik membuat alias untuk nama domain. Domain alias memiliki semua subdomain DNS dan catatan sebagai aslinya.

Catatan MX atau catatan pertukaran pos memetakan nama domain menjadi daftar server pertukaran email untuk domain tersebut.

Catatan PTR atau catatan pointer memetakan nama host menjadi nama kanonis untuk host tersebut. Catatan PTR untuk nama host di domain in-addr.arpa yang mewakili alamat IP menerapkan pencarian reverse DNS untuk alamat itu.

Misalnya (saat menulis / menerjemahkan artikel ini), www.icann.net memiliki alamat IP 192.0.34.164, namun peta rekam PTR, 164.34.0.192.in-addr.arpa ke nama kanonisnya: referrals.icann.org .

Catatan NS atau catatan server nama memetakan nama domain ke daftar server DNS untuk domain tersebut. Representasi tergantung pada catatan NS.

Catatan SOA atau catatan otoritas awal mengacu pada server DNS yang memberikan informasi otorisasi tentang domain Internet.

Catatan SRV adalah catatan lokasi pada umumnya.

Data TXT memungkinkan administrator memasukkan data acak ke dalam catatan DNS; Catatan ini juga digunakan dalam spesifikasi.

Jenis catatan lainnya semata-mata untuk penyediaan informasi (misalnya, catatan LOC menyediakan lokasi lokasi fisik hosting, atau data uji (misalnya, catatan WKS menyediakan daftar server yang menyediakan layanan terkenal seperti HTTP atau POP3 untuk domain.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian DNS dan Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar