Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kamis, 19 Oktober 2017

Pengertian HTML dan Fungsinya

Pengertian HTML dan Fungsinya - Hypertext Markup Language (HTML) adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman web, menampilkan berbagai informasi dalam browser Internet dan memformat hypertext sederhana yang ditulis dalam format file ASCII untuk menghasilkan tampilan formulir yang terintegrasi.

Dengan kata lain, file dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah HTML.

Mulai dari bahasa yang banyak digunakan di dunia penerbitan dan cetak yang disebut SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah standar yang banyak digunakan untuk menampilkan halaman web.

Pengertian HTML dan Fungsinya
HTML


HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan untuk digunakan oleh World Wide Web Consortium (W3C).

HTML diciptakan oleh kolaborasi Tim Caillau dengan Berners-lee Robert saat mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah sebuah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).

Dokumen HTML serupa dengan dokumen biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah pos dapat berisi instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu.

Misalnya jika ingin membuat tulisan yang ditampilkan menjadi tebal seperti: Sejarah Perkembangan Internet, maka tulisannya selesai dengan: <b>Sejarah Perkembangan Internet</ b>.

Tanda <b> digunakan untuk mengaktifkan petunjuk cetak tebal, diikuti oleh tulisan yang ingin dicetak tebal, dan diakhiri dengan tanda </ b> untuk menonaktifkan cetak tebal.

HTML lebih menekankan pada penggambaran struktur dan komponen format di dalam halaman web daripada menentukan tampilannya.

Sedangkan browser web digunakan untuk menafsirkan tata letak halaman dengan gaya penjelajah web built-in dengan menggunakan jenis teks, tab, warna, garis, dan alignment teks yang diinginkan ke komputer yang menampilkan halaman web.

Salah satu hal penting tentang keberadaan HTML adalah tersedianya Lingua franca (bahasa komunikasi) antar komputer dengan kemampuan yang berbeda.

Pengguna Macintosh tidak bisa melihat tampilan yang sama seperti tampilan yang terlihat pada komputer berbasis Windows. Pengguna Microsoft Windows tidak akan dapat melihat tampilan yang sama dengan tampilan yang terlihat pada pengguna yang menggunakan Sun Microsystems Products.

Namun pengguna tersebut dapat melihat semua halaman web yang diformat dan berisi Graphics and Links.

Kegunaan lainnya
Mengintegrasikan gambar dengan teks.
Buat Link.
Mengintegrasikan live sound dan image recording.
Buat formulir interaktif.
Edit format posting

HTML memungkinkan seseorang untuk mengedit tampilan atau format file yang akan dikirim melalui media online. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan dalam menentukan format file adalah:

Menampilkan sekelompok kata dalam beberapa ukuran yang bisa digunakan untuk judul, judul dan sebagainya.
Menampilkan teks dengan huruf tebal
Menampilkan sekelompok kata dalam huruf miring
Menampilkan naskah dalam bentuk huruf yang mirip dengan hasil mengetik mesin tik
Ubah ukuran pos untuk karakter tertentu.


Jenis Jenis HTML
Secara umum, ada 4 jenis elemen HTML: Struktural. Bendera yang menentukan tingkat atau tingkat pos (misalnya, <h1> Perangkat Keras Komputer </ h1> akan menginstruksikan peramban untuk menampilkan "perangkat keras komputer" sebagai pos tebal besar yang menunjukkan sebagai Judul Presentasi 1.

Tanda yang menentukan tampilan sebuah pos tidak terkait dengan tingkat teks (misalnya, <b> boldface </ b> akan ditampilkan tebal.

Tanda sekarang sekarang digantikan oleh CSS dan tidak disarankan untuk menyesuaikan tampilan teks, Hypertext.

Tanda yang menunjukkan tautan ke bagian dokumen atau tautan ke dokumen lain (misalnya <a href="http://www.kangmuizz.com/"> kangmuizz </a> akan menampilkan kangmuizz sebagai hyperlink ke URL tertentu),
Elemen widget yang membuat objek lain seperti tombol (<button>), daftar (<li>), dan garis horisontal (<hr>).

Baca Juga: Pengertian URL dan Fungsinya

Konsep hypertext dalam HTML memungkinkan generasi link ke sekelompok kata atau frasa untuk sampai ke bagian manapun dari World Wide Web.

Ada tiga macam link yang bisa digunakan:

Tautan ke bagian lain halaman.
Tautan ke halaman lain dalam satu situs web.
Tautan ke sumber daya atau situs web yang berbeda.

Selain markup presentasi, markup lainnya tidak menentukan bagaimana tampilan sebuah pos. Tapi untuk saat ini, penggunaan tag HTML untuk menentukan pandangan telah disarankan untuk mulai ditinggalkan, dan alih-alih menggunakan Cascading Style Sheets.

Contoh dokumen HTML sederhana
Untuk HTML 4

<! DOCTYPE HTML PUBLIC "- // W3C // DTD HTML 4.01 // EN"
"http://www.w3.org/TR/html4/strict.dtd">
<html>
<head bgcolor = teks hitam = putih>
<title> Selamat Datang HTML </ title>
</ head>
<body>
<p> Halo dunia! </ p>
</ body>
</ html>

Untuk HTML 5

<! DOCTYPE HTML>
<html>
<head style = "background-color: black; color: white;">
<title> Selamat Datang HTML </ title>
</ head>
<body>
<p> Halo dunia! </ p>
</ body>
</ html>

Head
Dokumen HTML diapit tag <HEAD> </ HEAD>. Di bagian ini biasanya dimuat tag TITLE yang menampilkan judul halaman pada judul browser. Selain itu Bookmark juga menggunakan tag TITLE untuk menandai sebuah situs web.

Browser menyimpan "title" sebagai bookmark dan juga untuk keperluan pencarian (searching) biasanya judulnya digunakan sebagai kata kunci.

Header juga berisi tag META yang biasanya dapat digunakan untuk menentukan informasi spesifik tentang dokumen HTML. Anda dapat menentukan nama penulis, kata kunci, dan yang lainnya pada tag META.

Contoh:
<meta name = "author" content = "ubuntu-online">

Body
Bagian BODY, yang ditunjukkan oleh tag <BODY> ... </ BODY>, adalah badan atau isi dokumen HTML tempat Anda menempatkan informasi yang akan ditampilkan di browser.

Tag
HTML tidak membedakan antara huruf besar dan huruf kecil dari sebuah elemen. Elemen HTML terdiri dari tag dan teks yang ada di tag tersebut. Tag ini dinyatakan dengan tanda yang lebih kecil (<) dan lebih besar (>).

Tag biasanya sepasang yang disebut oleh:

Start tag, dinyatakan dalam bentuk <tag name>
Tag akhir, dinyatakan dalam bentuk tag </ name>
Format: <tag name> teks yang ditampilkan </ name tag>.

Contoh: untuk menampilkan teks dalam format teks miring Teks ini tampak miring pada browser Anda dengan perintah HTML <i> Teks ini terlihat miring pada browser Anda </ i>

Atribut
Tag awal dapat memiliki beberapa atribut yang menyatakan karakteristik tag. Misalnya, <P STYLE = "text-align: left"> digunakan untuk membuat perataan paragraf kiri.

Tag yang digunakan adalah <P> dan atribut yang melekat padanya adalah nilai STYLE dengan "text-align: left". Nilai atribut STYLE ditulis dalam bahasa CSS.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian HTML dan Fungsinya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar