Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kamis, 19 Oktober 2017

Pengertian HTTP dan Fungsinya

Pengertian HTTP dan Fungsinya - Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah aplikasi lapisan jaringan protokol yang digunakan untuk sistem informasi didistribusikan, kolaboratif, dan hypermedia.

Penggunaannya adalah banyak pengambilan sumberdaya yang saling berhubungan oleh hyperlink, disebut hypertext dokumen, yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris Tim Berners-Lee.

Sampai saat ini, ada dua versi utama protokol HTTP, yaitu HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi yang terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 dapat menggunakan sambungan yang sama untuk melakukan transaksi.

Pengertian HTTP dan Fungsinya


Dengan demikian, HTTP/1.1 dapat lebih cepat karena itu tidak perlu membuang waktu untuk menyambung kembali.

Pengembangan standar HTTP telah dilaksanakan oleh konsorsium World Wide Web Consortium (W3C) dan Internet Engineering Task Force (IETF), yang menyebabkan publikasi beberapa dokumen permintaan untuk komentar (RFC), dan paling banyak disebut RFC 2616 (diterbitkan dalam Juni 1999), yang mendefinisikan HTTP/1.1.

Dukungan untuk HTTP/1.1 tidak disetujui, yang pada saat itu RFC 2068 cepat diadopsi oleh banyak pengembang Web pada awal 1996. Sampai Maret 1996, HTTP/1.1 tidak disetujui didukung oleh Netscape 2.0, Netscape Navigator emas 2,01, mosaik 2.7 Lynx 2,5, dan di Microsoft Internet Explorer 3.0. Adopsi oleh browser Web pengguna akhir terlalu cepat.

Pada Maret 2006, perusahaan web hosting melaporkan bahwa lebih dari 40% dari Web browser yang digunakan di Internet adalah Web browser yang mendukung HTTP/1.1.

perusahaan yang sama juga melaporkan bahwa pada Juni 1996, 65% dari semua browser yang mengakses server mereka adalah sebuah browser Web yang mendukung HTTP/1.1. HTTP/1.1 standar didefinisikan dalam RFC 2068 diluncurkan secara resmi pada Januari 1997. Upgrade dan update ke HTTP/1.1 standar yang dirilis dengan dokumen RFC 2616 pada Juni 1999.

Http adalah permintaan jawaban protokol antara klien dan server. Klien HTTP (seperti web browser atau robot dan seterusnya), biasanya mulai permintaan oleh membuat koneksi ke port tertentu pada server Webhosting tertentu (biasanya port 80).

Klien mengirimkan permintaan HTTP ini juga dikenal sebagai agen pengguna. Server yang merespons, yang menyimpan sumber daya seperti HTML file dan gambar, juga dikenal sebagai server asal.

Di antara pengguna agen dan asal server juga, bisa ada link, serta proxy, Gateway dan terowongan.

HTTP ini tidak terbatas untuk menggunakan dengan TCP/IP, meskipun HTTP adalah salah satu protokol TCP/IP aplikasi yang paling populer di Internet. Memang HTTP dapat dilaksanakan di atas berbagai protokol lain di Internet atau jaringan lain.

Seperti disebutkan dalam "dilaksanakan di atas berbagai protokol lain di Internet, atau pada jaringan lain.", namun protokol lapisan transport HTTP membutuhkan yang handal.

Protokol lain yang menyediakan layanan dan Jaminan semacam itu juga dapat digunakan.

Sumber daya yang diakses menggunakan HTTP diidentifikasi menggunakan Uniform Resource Identifier (URI), atau lebih khusus melalui Uniform Resource Locator (URL), http: skema menggunakan http: atau https:.

Baca juga: Pengertian URL dan Fungsinya

Sesuai dengan perkembangan internet infrastruktur kemudian di tahun 1999 dikeluarkan HTTP versi 1.1 untuk proxy, cache dan koneksi terus-menerus.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian HTTP dan Fungsinya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar