Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Jumat, 20 Oktober 2017

Pengertian Microsoft Excel dan Fungsinya

Pengertian Microsoft Excel dan Fungsinya - Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah program aplikasi spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat berjalan di Microsoft Windows dan Mac OS.

Aplikasi ini memiliki fitur perhitungan dan grafis yang, dengan menggunakan strategi pemasaran Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer populer yang digunakan pada mikrokomputer hingga saat ini.

Sebenarnya, program ini saat ini merupakan program spreadsheet yang paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik pada platform PC berbasis Windows dan platform Macintosh berbasis Mac OS, sejak versi 5.0 terbit pada tahun 1993.

Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan Versi terbaru adalah versi Microsoft Office Excel 2013 yang terintegrasi dalam paket Microsoft Office System 2013.

Sejarah Microsoft Excel
Pada tahun 1982, Microsoft membuat program spreadsheet bernama Multiplan, yang sangat populer di sistem CP / M, namun tidak dalam sistem operasi MS-DOS karena sudah berdiri untuk saingannya Lotus 1-2-3.

Hal ini membuat Microsoft mulai mengembangkan program spreadsheet baru yang disebut Excel, dengan tujuannya, seperti yang dikatakan Doug Klunder, "lakukan 1-2-3 dan lakukan dengan lebih baik / lakukan apa yang mereka lakukan 1-2-3 dan lebih baik lagi".

Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya diikuti (diberi nomor versi 2.0) pada bulan November 1987.

Lotus terlambat memasuki pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun itu Lotus 1-2-3 masih MS - DOS Pada tahun 1988, Excel mulai menggeser 1-2-3 di pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu pengembang aplikasi perangkat lunak terdepan untuk komputer pribadi yang handal.

Prestasi ini menegaskan Microsoft sebagai pesaing yang sangat kuat untuk 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya dengan lebih baik.

Microsoft, dengan menggunakan kelebihannya, merilis versi baru Excel setiap dua tahun, dan versi terbaru Excel untuk Windows adalah Microsoft Office Excel 2010 (Excel 14), sedangkan untuk Macintosh (Mac OS X), versi terbaru adalah Excel untuk Mac.

Pada hari-hari awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lain yang berkecimpung dalam industri keuangan yang telah menjual perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel.

Pengertian Microsoft Excel dan Fungsinya
Excel

Akhirnya, Microsoft mengakhiri tuntutannya dengan kekalahan dan Microsoft harus mengganti nama Excel menjadi "Microsoft Excel" di semua siaran pers dan dokumen Microsoft.

Namun, dalam praktiknya, ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya meminta mereka, jadi penggunaan nama Excel saja tidak akan menimbulkan masalah lagi.

Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program yang walaupun tidak umum, icon yang digunakan oleh program ini masih terdiri dari dua huruf (meski diberi beberapa gaya penulisan).

Selain itu, ekstensi default spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel ke versi 11.0 (Excel 2003) adalah * .xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi defaultnya adalah * .xlsx yang mendukung format HTML namun dengan konten yang sama telah Ukuran file yang lebih kecil bila dibandingkan dengan versi Excel sebelumnya.

Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka dibandingkan dengan program spreadsheet sebelumnya, namun intinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal untuk pertama kalinya): Sel disusun dalam barisan dan kolom, dan berisi data atau formula dengan referensi atau referensi absolut relatif. ke sel lainnya

Excel adalah program spreadsheet pertama yang memungkinkan pengguna menentukan bagaimana tampilan spreadsheet yang mereka edit: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel.

Excel juga menawarkan kalkulasi ulang sel yang cerdas, di mana hanya sel-sel terkait yang akan diperbarui (di mana program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah tertentu dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pemrosesan grafis yang sangat baik.

Saat pertama kali digabungkan ke Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft mendesain ulang tampilan antarmuka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint agar sesuai dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada saat itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai.

Sejak tahun 1993 Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk mengotomatisasi Excel dan juga menambahkan fungsi yang ditetapkan pengguna (UDF) untuk digunakan dalam lembar kerja.

Di versi yang lebih baru, Microsoft bahkan menambahkan lingkungan pengembangan terpadu (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan pemrogram untuk membuat program mereka sendiri.

Selain itu, Excel juga bisa merekam semua yang dilakukan oleh pengguna menjadi makro, sehingga mampu mengotomatisasi beberapa tugas.

VBA juga memungkinkan terciptanya bentuk dan kontrol yang terdapat dalam worksheet untuk berkomunikasi dengan penggunanya.

Bahasa VBA juga mendukung penggunaan ActiveX / COM DLL, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA lebih lanjut menambahkan dukungan ke modul kelas sehingga memungkinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek di VBA

Fungsi otomasi yang diberikan oleh VBA membuat Excel menjadi sasaran virus makro. Ini adalah masalah yang sangat serius di dunia usaha sampai pembuat antivirus mulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan virus makro dari file Excel.

Akhirnya, meskipun terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan makro dengan menonaktifkan makro secara keseluruhan, atau menonaktifkan makro saat mengaktifkan buku kerja, atau mempercayai makro terenkripsi dengan menggunakan sertifikat digital tepercaya.

Dari rilis pertama, Excel menggunakan format file biner yang disebut Binary Interchange File Format (BIFF) sebagai format file utamanya. Ini berubah saat Microsoft merilis Office System 2007 yang memperkenalkan Office Open XML sebagai format file utamanya.

Office Open XML adalah file wadah berbasis XML yang mirip dengan XML Spreadsheet (XMLSS), yang diperkenalkan di Excel 2002. Berkas versi XML tidak dapat menyimpan makro VBA.

Meskipun mendukung format XML yang baru, Excel 2007 masih mendukung format tradisional BIFF tradisional. Selain itu, sebagian besar versi Microsoft Excel juga mendukung format Comma Separated Values ​​(CSV), DBase (DBF), format SYMPbolic LinK (SYLK), Format Data Interchange Format (DIF) dan banyak format lainnya, termasuk format lembar kerja Lotus 1-2. -3 (WKS, WK1, WK2, dan lainnya) dan Quattro Pro.

Excel 2007 tidak mendukung untuk menyimpan semua format tersebut. Beberapa format yang tidak bisa dibuka di Excel 2007 namun bisa dibuka di versi sebelumnya yaitu:

WK1 (1-2-3)
WK4 (1-2-3)
WJ3 (1-2-3 bahasa Jepang) (.wj3)
WKS (1-2-3)
WK3 (1-2-3)
WK1 FMT (1-2-3)
WJ2 (1-2-3 bahasa Jepang) (.wj2)
WJ3, FJ3 (1-2-3 bahasa Jepang) (.wj3)
DBF 2 (dBASE II)
WQ1 (Quattro Pro / DOS)
WK3, FM3 (1-2-3)
Microsoft Excel Chart (.xlc)
WK1, SEMUA (1-2-3)
WJ1 (1-2-3 bahasa Jepang) (.wj1)
WKS (Karya Jepang) (.wks)
Sedangkan beberapa format yang bisa dibuka, namun tidak bisa disimpan di Excel 2007 antara lain:

Lembar kerja Microsoft Excel 2.1
Microsoft Excel 2.1 Makro
Lembar kerja Microsoft Excel 3.0
Microsoft Excel 3.0 Makro
Lembar kerja Microsoft Excel 4.0
Microsoft Excel 4.0 Makro
Buku kerja Microsoft Excel 97 - Excel 2003 & 5.0 / 95
Buku Kerja Microsoft Excel 4.0
DBF 3 (dBASE III)
DBF 4 (dBASE IV)

Berikut adalah beberapa ekstensi Microsoft Excel:

* .xls, adalah format default Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan bisa menyimpan makro VBA.

* .xlt, adalah format untuk template lembar kerja Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan makro VBA.

* .XML, atau dikenal sebagai XML Spreadsheet. Tidak dapat mengakomodasi makro VBA.

* .xla, adalah format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Ini masih berdasarkan format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya adalah untuk menambahkan kemampuan Microsoft Excel.

* .xlsx, adalah format default dari lembar kerja Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML. Tidak dapat menyimpan makro VBA, untuk alasan keamanan. Ini sebenarnya adalah arsip terkompresi format ZIP dengan struktur dokumen yang terdiri dari dokumen teks XML. Merupakan pengganti dari format .xls kuno.

* .xlsm, adalah format lembar kerja Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, namun dapat menyimpan makro VBA.

* .xlsb, adalah format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, namun dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki keuntungan menjadi lebih terbuka dan lebih efisien, mengingat tujuan pembuatan format ini adalah untuk menangani lembar kerja yang sangat besar yang terdiri dari puluhan ribu baris atau ratusan kolom.

* .xltm, adalah format untuk template lembar kerja Microsoft Excel 12, yang berbasis XML namun mampu menyimpan makro VBA. Ini adalah pengganti format * .xlt.

* .xlam, adalah format untuk Add-in Excel untuk menambahkan kemampuan Excel 12. Secara default mampu menangani macro VBA, mengingat tujuannya adalah untuk menambahkan kemampuan Excel

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Microsoft Excel dan Fungsinya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar